Lou Han, Ikan Terpopuler


Jakarta – Ikan hwa lou han yang biasa disebut juga dengan lou han (Cichlasoma sp) sukses menggeser kepopuleran koi, discus, arwana, atau pun ikan cupang yang centil. Ikan ini pun sering disebut sebagai Flower Horn, Flower Louhan, dan Su Go Kong.
Banyak orang naksir karena kesengsem pada ” huruf” di tubuhnya. Biasanya angka atau kalimat, huruf Arab atau huruf Cina, gambar dolar atau angka-angka hoki atau keberuntungan, semisal tanggal kelahiran.


Selain motif, penggemarnya juga menyanjung warna dari tubuh lou han. Mereka pun percaya satwa ini adalah ikan yang mampu membalas budi, cerdas, dan kenal dengan pemiliknya. Jika jinak ia akan mengelus-elus tubuh ke tangan pemiliknya yang dicelupkan ke akuarium. Para pecintanya percaya betul bahwa ia adalah mai cai chi cong alias ”keajaiban yang terpendam.”
Sulit dijelaskan bagaimana menentukan harga seekor ikan berjidat nongnong itu. Ikan ini merupakan persilangan dari berbagai jenis siklid. Ia sebenarnya ditemukan juga di Indonesia. Keluarga siklid lainnya pun banyak ditemukan di perairan Amerika Selatan dan Sri Lanka.


Bagi penggemar ikan ini, telah hadir situs untuk komunitas pehobinya di http://www.multilouhan.com dan http://www.hercules-louhan.com.
Di sini mereka bisa mencari segala informasi tentangnya, sekaligus juga sebagai ” pasar” untuk melepas kelebihan stok atau calon penggemar yang ingin mencari jenis yang bermutu. (tot)

dari : sinarharapan.co.id

One thought on “Lou Han, Ikan Terpopuler

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s