Tips Me milih Ikan Tanpa Formalin


Pemberitaan tentang ikan berformalin akhir tahun lalu membuat omzet para pedagang di Pasar Rebo, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, menurun hingga 50 persen.

Jumat, 12 September 2008 | 16:55 WIB

PADANG, JUMAT- Masih adanya pemakaian bahan pengawet berbahaya seperti formalin dan boraks tidak perlu disikapi berlebihan oleh konsumen. Sebagai konsumen yang cerdas, penampilan ikan berpengawet formalin atau boraks bisa dilihat dengan kasat mata.

Dekan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Bung Hatta, Yempita Efendi, Jumat (12/9), menularkan cara memilih ikan yang bebas formalin dan boraks:

– Ikan segara biasanya justru dikerbuti lalat. Jika tidak, Anda malah boleh curiga.

– Perhatikan kondisi daging dan insangnya. Bila daging masih segar, sementara insangnya sudah merah kecoklatan, Anda harus curiga. Daging yang segar alami biasanya diikuti insang ikan yang juga merah segar.

Bagaimana kalau ikan berformalin terlanjur terbeli? Apakah tidak boleh dikonsumsi? Menurut Yempita, formalin atau boraks yang melekat pada tubuh ikan bisa dihilangkan dengan cara mencucinya sampai bersih sebanyak enam kali. Dari penelitian laboratorium, cara ini bisa amengurangi signifikan kandungan formalin di tubuh ikan.
ART

dari : kompas.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s