Ikan Hias di Wakatobi dan Buton Terancam Perburuan Ilegal


Ikan Behn’s Damsel dengan seekor ikan pembersih di antara terumbu karang di perairan Wakatobi, Sulawesi Tenggara.
Kamis, 17 Januari 2008 | 17:54 WIB

KENDARI, KAMIS – Aksi perburuan ilegal mengancam populasi ikan hias di perairan Kabupaten Buton Utara dan Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara (Sultra).

Kadis Kelautan dan Perikanan Buton Utara, Laode Ramlan di Kendari, Kamis (17/1), mengatakan, pelaku adalah warga setempat yang sehari-hari hidup sebagai nelayan. Namun, aktivitas ilegal mereka kungkin ulah oknum yang memperalatnya dengan iming-iming.

“Perburuan ikan hias bukan hanya di perairan Saponda tetapi di seluruh wilayah pesisir Sultra dengan memperalat nelayan,” kata Ramlan.

Nelayan nekad karena harga ikan hias ditingkat nelayan bervariasi mulai belasan ribu hingga ratusan ribu per ekor.

“Tidak mungkin nelayan mencari ikan hias tanpa dukungan pemodal dan pembeli. Nelayan hanya suruhan,” kata Ramlan.

Ia mengingatkan agar nelayan tidak tergiur iming-iming sesuatu dari oknum yang tidak bertanggungjawab karena kalau terbukti melanggar hukum  akan ditindak tegas.

“Seseorang yang terbukti memperdagangkan sumber daya alam perairan tanpa izin resmi terancam hukuman lima tahun penjara,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Wakatobi, Laode Kajifu mengatakan, ikan hias banyak ditangkap dari wilayah Kabupaten Wakatobi dan Buton.

“Harus diperketat pengawasan terhadap aktifitas penangkapan ikan hias karena tidak tertutup kemungkinan nelayan diperalat oleh oknum tertentu,” kata Kajifu.

Kendala yang dihadapi dalam meningkatkan pengawasan adalah minimnya dana operasional untuk belanja bahan bakar dan insentif personil yang ditugaskan.

“Sarana kapal untuk melakukan pengawasan tidak memadai kalau menghadapi cuaca buruk di perairan Wakatobi dan Buton,” katanya.(ANT)
WAH

dari : kompas.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s