Isteri Sultan Brunei Minati Arwana Rp 100 Juta


Ikan arwana super red, keindahannya terletak pada cincin sisiknya yang berwarna merah dan emas.
Kamis, 24 April 2008 | 06:40 WIB

JAKARTA, KAMIS – Permaisuri Sultan Hassanal Bolkiah, Azrinaz Mazhar Hakim, berminat membeli ikan arowana atau arwana jenis Super Red seharga Rp 100 juta, saat mengunjungi tempat penangkaran ikan hias itu di rumah Sriyadi (42), Kompleks Perumahan  DPR Blok K No 54, Joglo. Kembangan, Jakarta Barat, Rabu (23/4).

Ny Bolkiah  tiba di  rumah  Sriyadi  pukul 09.30 WIB bersama  30 anggota rombongan, termasuk sejumlah istri menteri Kabinet Indonesia Bersatu (KIB), dan dikawal Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres). Tamu negara yang mengaku menyenangi ikan hias ini melihat-lihat sekitar 260 ekor arwana, baik yang ada di akuarium maupun di tiga kolam di belakang rumah Sriyadi. Ia mengaku sangat terkesan melihat penangkaran
ikan yang populasinya dilindungi pemerintah ini.

Kepada tamunya, Sriyadi menjelaskan proses penangkaran ikan arwana jenis Super Red atau dalam bahasa latinnya Sclerophages formosus. Penangkaran diawali dari perkawinan induk  ikan yang berusia lebih dari 10 tahun, dilanjutkan dengan pemeliharaan  telur-telur ikan yang telah dierami dalam mulut induknya,  hingga pemeliharaan arwana sampai berusia sedang. Sriyadi menyediakan arwana beragam usia, mulai dari satu hingga lima tahun, dan harga yang termahal Rp 100 juta.

Kunjungan Ny Bolkiah  ke rumah Sriyadi hanya berlangsung sekitar 20 menit. Pada akhir kunjungan, Sriyadi memberi kenang-kenangan berupa dua  foto ikan arwana seharga Rp 100 juta tersebut kepada tamunya. Foto arwana jenis Super Red tersebut berbahan kanvas, berukuran 90 cm x 120 cm. Tepampang  juga alamat website Sriyadi, http://www.citraarowana.com, dalam foto tersebut.

Permaisuri Sultan Brunei baru mengaku tertarik atas  ikan arwana jenis Super Red seharga Rp 100 juta tersebut dan belum memutuskan membeli. Menurut Sriyadi, keluarga Sultan Bolkiah akan kembali datang ke rumahnya untuk membeli salah satu ikan arwana dagangannya. “Kata staf Ratu Brunei, akan ditindaklanjuti di kemudian hari,” ujarnya.

Jika ikan milik Sriyadi yang harganya Rp 100 juta tersebut terjual, maka akan menjadi arwana termahal yang pernah dijualnya. Sebelumnya, Sriyadi hanya menjual arwana termahal seharga Rp 65 juta. “Saya nggak kasih nama ikan itu. Biasanya pedagang lain memang memberi nama untuk ikan arwana dagangannya, biar harganya naik,” katanya.

Ikan arwana berharga Rp 100 juta tersebut panjangnya sekitar 55 cm dengan berat 4 kg. Seluruh sisiknya sudah berwarna merah menyala dan tampak sangat cantik. “Memang tidak punya nama, tapi ikan tersebut maskot Citra Arwana,” ujar Sriyadi.

(SAB)

dari : kompas.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s