“Ilegal Fishing”, Negara Rugi Rp30 Triliun


Senin, 15 September 2008 | 12:33 WIB

IMW: Usut Tuntas Illegal Fishing di Indonesia

JAKARTA, SENIN Illegal fishing yang dilakukan kapal asing telah merugikan Indonesia sebesar Rp30 triliun per tahun, merusak biota laut, serta menyengsarakan para nelayan. Tindakan ini juga telah menginjak-injak kedaulatan Indonesia.

Sekitar 50 orang yang tergabung dalam Indonesia Maritim Watch (IMW) melakukan aksi damai di depan Markas Besar Polri, Jakarta, Senin (15/9). Mereka menuntut Polri untuk mengusut tuntas kasus illegal fishing dan menindak tegas para pelakunya.

Menurut IMW, illegal fishing jarang sekali mendapat perhatian dari pemerintah Indonesia. Padahal, laut merupakan batas negara yang memiliki kekuatan hukum nasional dan internasional. Koordinator Harian IMW, Jimmy Matitaputy, mengatakan, salah satu negara utama yang kerap melakukan illegal fishing di Indonesia adalah Thailand.

“Kami mendesak Thailand melalui kedubesnya untuk tidak melindungi warganya yang mencuri ikan di perairan Indonesia,” tuturnya.

Menurutnya, jika desakan tersebut dihiraukan, IMW akan menggalang aksi yang lebih besar, dan akan membawa masalah ini ke International Maritime Organization, yang berkedudukan di London, Inggris. Aksi yang berlangsung sekitar 30 menit ini sempat menimbulkan kemacetan lokal di sekitar Jalan Trunojoyo.
HIN

dari : kompas.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s