Hiu pun Sekarang Dipelihara di Rumah


Hiu Air Tawar berumur empat bulan ditawar dengan harga Rp 185.000 per ekor.

Senin, 18 Agustus 2008 | 18:59 WIB

JAKARTA,SENIN – Kesan hiu sebagai binatang buas telah lekang. Kini, ikan dengan postur lancip itu dapat menjadi pilihan tua muda untuk menghiasi akuarium di rumah. Namanya Hiu Air Tawar. Jenis ini tidak kanibal, makanannya hanya cacing beku.

Amir, karyawan stand Chika’tirroo Lobster di Pameran Flora Fauna 2008 di Lapangan Banteng Jakarta mengatakan jenis hiu ini berasal dari Sungai Amazon yang terkenar liar. Panjangnya bisa mencapai 4 meter. “Tapi itu setelah bertahun-tahun dipelihara,” ujar Amir sambil memegang bayi Hiu Air Tawar yang berusia 4 bulan, Senin (18/8).

Bayi-bayi hiu yang ditaruh di etalase akuarium di pameran tersebut panjangnya sekitar 10 cm. Geraknya ligat tapi tak pernah mengganggu jenis lain sekalipun digabung bersama ikan salamander dan bayi lumba-lumba dalam satu akuarium.

Menurut Amir, tidak sulit memelihara ikan yang dijualnya dengan harga Rp 185.000 per ekor ini. Seseorang cuma perlu menyediakan akuarium, airator untuk menimbulkan gelembung oksigen serta filter air. Total pengeluaran awal di stand Amir jika seseorang ingin memelihara Hiu Air Tawar cuma sekitar Rp 235.000 di luar akuarium, terdiri dari bayi ikan Hiu tersebut, airator Rp 25.000, filter Rp 20.000 dan cacing beku secukupnya seharga Rp 5.000.

Perawatannya pun tak sulit. Seperti memelihara ikan hias lain, hiu cukup diberi makan sekali sehari sementara akuariumnya harus dikuras dalam jangka waktu seminggu sekali. Jika mati lampu, keluarkan air di dalam akuarium hingga setengahnya agar mempermudah si hiu untuk ‘mengambil nafas’ ke permukaan air.

“Satu lagi, air yang dipakai hendaknya air suling yang biasa dijual Rp 3.000 per galon. Kalau mau pakai air keran, harus diendapkan dulu satu harian,” ujar Amir. Amir mengaku hiu peliharaannya makin besar. Kini sudah memiliki panjang 90 cm. Jika makin besar? “Tinggal taruh di bak besar atau di kolam khusus,” katanya.
LIN

dari : kompas.com

2 thoughts on “Hiu pun Sekarang Dipelihara di Rumah

  1. Wah Bagus kalau ada saya mau beli untuk hiburan dirumah dan dipelihara
    tapi jangan ada yang berfikir mau dimakan aja ya kasihan dan sayang sekali barang ini sulit bududayakannya.

  2. saya mau beli cuman tolong di antar kerumah saya ya Bekasi Barat,Pekayon,Taman century 2,Blok c-27 kalau bingung tanya pada ORANG .KOMPLEK RUMAH SAYA DI BELAKANG BEKASI SQUARE.HARI SABTU ATAU MINGGU YA KALO BISA.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s