Usaha Budidaya Ikan Lele


Reporter : Fella Sumendap, Asep Syaifullah
Juru Kamera : Damar Galih, Sugeng Riyadi
Penyunting Gambar : Yogya Harmoko
Lokasi : Kampung Cibodas, Cibadak, Lebak, Banten

Budidaya ikan lele merupakan salah satu usaha yang dapat ditekuni. Permintaannya selalu ada, karena ikan ini banyak diminati. Terutama untuk dijadikan lauk makanan.

Salah satu tempat budidaya ikan lele terletak di Kampung Cibodas, Desa Kadu Agung Barat, Kecamatan Cibadak, Banten. Pemiliknya Haji Aip Suhendri. Letak kolam budidaya lele ini tidak jauh dari pusat kota Kabupaten Lebak, Banten.

Disini terdapat 15 kolam dengan ukuran 5 kali 10, yang berisi ribuan ekor ikan lele. Budidaya ikan lele di tempat ini dilakukan mulai dari pembenihan. Untuk proses pembenihan disini terdapat 150 ekor induk lele yang berat per ekornya bisa mencapai 4 kilogram.

Benih ikan lele yang dihasilkan, berukuran antara 5 sampai 15 centimeter telah dapat dipasarkan. Harganya berkisar 200 hingga 500 rupiah per ekor. Pembesaran ikan lele di tempat ini, tidak membutuhkan waktu lama, hanya sekitar 2 bulan.

Memelihara ikan lele tergolong mudah. Karena tidak memerlukan air yang banyak dan tidak memerlukan air yang selalu bersih. Selain itu, ikan lele juga tahan terhadap penyakit, asalkan makanannya cukup.

Setiap hari sekitar satu ton ikan lele dihasilkan dari tempat ini. Ikan lele ukuran besar dijual antara 8 ribu hingga 10 ribu rupiah per kilogram. Setiap kilogramnya terdiri dari 10 ekor ikan. Usaha budidaya lele ini memiliki prospek yang baik. Keuntungan yang diperoleh setiap bulan paling sedikit 3 juta rupiah.(Helmi Azahari/Ijs)

dari : indosiar.com

About these ads

64 thoughts on “Usaha Budidaya Ikan Lele

  1. Artikelnya bagus sekali, tapi kalau boleh nanya dimana alamat penjual indukan lele atau bibit lele untuk kota ponorogo / madiun ? tulung agung ?

    • saya sedang membutuhkan bibit ikan lele bisa nggak saudara menyediakannya dan lele jenis apa serta harga per ekornya berapa serta bisa diantar kagak saya berada di gresik,pengambilan minimal brapa

  2. yupz.aku pengen belajar usaha ternak ikan lele tapi aku 0%pengetahuan dan pengalaman..jadi tolongin aku dong kasih tau sara merawat dan ngasih ikan lele makannya…?

  3. mas/mbak..sy sdh punya kolam,minta saran, apa langkah berikutnya yang sy harus lakukan utk memulai usaha lele…thx mhn infonya

  4. buat indosiar, tolong informasi, dimana saya bisa menghubungi untuk bisa mendapatkan informasi lebih tentang berternak ikan lele.
    terimakasih

  5. mas,,,penjual pakan lele yang paling murah di mana mass,,, di tempat kami..harga pakan lele sangat mahall kisar harga 60 ribuan,,pekarung,,
    bila ada pakan lele yang bisa buat sendiri,,cara nyah gimana mas,,dan buat nyah pakek bahan apa ajah,,

  6. aku sbnrnya da dr dlu sering liat kolam lele,tp klou blh tau sbnrnya kolam lele yg pas & amn tuh ukurannya brp &isinya lele tuch brp….?

  7. aku butuh ikan lele yang beratnya 1 sampai 4kg, sebanyak 1-2 kwintal per minggu, ada yang bisa bantu nggak? harga per kg-nya brp? aku di karanganyar solo

      • maaf pak agus mungkin bpak tau pengepul ikan lele disekitar bpak atau solo ni saya disragen susah menjual ikan lele di daerah saya,,tlong info dan nmer hp bpk klo tau,,,mkch

  8. salam kenal pak
    saya mau tanya tentang budidaya lele, mengapa diusia 15 s/d 20 hari ikan lele saya pada mati ya pak? mohon pencerahan bapak . trimakasih

  9. Sy sangat butuh tehnik/cara berternak ikaln lele.kebetulan sy punya kolam yg cukup besar dirumah dimakassar.tp ikan sy selalu gagal.tlng dong infonya mulai dr bibit,pakan dan contac person yg bs berbagi/kerjasama.tq

  10. tolong beritahu saya tentang vitamin atau suplemen untuk ikan lele untuk mempercepat pertumbuhan ikan lele dan sebagai penambah nafsu makan serta mempertahan daya tahan tahn tubuh lele sewaktu suhu dingin sekali dan kirim ke email saya : W12K_86@yahoo.co.id

  11. Gw mo tanya, boleh ya….
    1. Bibit yang ukuran atau umur berapa yang baik untuk pembesaran?
    2. Berapa ukuran kolam ideal, kamsudnya ukuran kolam dg jmlah ikan?
    saya punya 1X3x tinggi 1 m.
    Trims ya

  12. Mau tanya gmn caranya bs dpt keuntungan 3 jt per bln dr usaha lele? Krn setau saya lele itu termasuk hewan yg rakus jd butuh pakan yg tidak sedikit. Sementara harga pelet sangat mahal. Udah gitu lele kanibal. Selain itu banyak tengkulak yg hanya mau membeli dgn harga murah.kalo kt mau jual ke konsumen langsung jd tdk mungkin krn pasar biasanya dikuasai para jurangan lele.

  13. yang saya tanyakan :

    1. dimana dapat pelatihan budidaya ikan lele ?
    2. Kemana pemasarannya terutama di Bandung ?

    terima kasih

    salam

  14. mu tanya pak, apakah usaha pembesaran ikan lele dapat di mulai dengan modal yg sangat minim, kira2 kisarannya brp ya..? saya berminat, namun saya takut merugi.. mohon informasinya pak (021-91809350)

    • untuk info hubungi sya di no 081214252470 saya dari indosco
      suplement dan vitamin serta probiotik untuk pemacu pertumbuhan ikan

  15. saya sangat tertarik untuk usaha budidaya lele tolong kirimkan informasi cara memulai usaha lele ini, terimakasih

  16. Takesu Asia Pasific
    Kami perusahaan probiotik menawarkan berbagai macam obat-obatan yang dapat mencegah dan mengatasi berbagai macam penyakit lele / ikan air tawar.
    diantara produk kami:
    1. Waterpro
    Manfaat
    1.Menciptakan lingkungan tambak yang bersih dan sehat.
    2.Menguraikan bangkai plankton, limbah pakan dan kotoran ikan.
    3.Mempercepat proses penguraian limbah.
    4.Mengendalikan perkembangan bakteri vibrio merugikan.
    5.Menciptakan keseimbangan pH pada siang dan malam hari
    6.Mengeliminasi gas-gas beracun (ammonia, nitrit, hydrogen sulfide, dll.).
    7.Aman dan menguntungkan bagi ikan dan fitoplankton.
    8.Tidak meninggalkan residu antibiotic dan kimia, serta ramah lingkungan.

    harga: Rp.150.000,-

    2. GrowVit (Multi Vitamin)
    Kandungan (per kg)
    Complex Amino Acid 250.000 mg, Yeast Extract 240.000 mg, Vitamin A 1100 IU,Vitamin B2 1700 mg, Vitamin B6 1000 mg, Vitamin B12 100 mg, Vitamin C 100.000 mg, Vitamin D 2500 IU, Niacin 2000 mg, Choline 500 mg, Methionine 1500 mg, Lysine 1500 mg, Calcium 5000 mg, Phosphor 1200 mg, Zinc 200 mg, Cobalt 01 mg, Selenium 20 mg, Iodium 100 mg, Molybdenum 10 mg, precursors 10.000 mg and other trace element 1.000 mg.

    Manfaat
    1.Melengkapi nutrisi essential untuk pertumbuhan dan kesehatan
    2.Meningkatkan kekebalan tubuh (imunitas)
    3.Mengoptimalkan daya cerna dan asupan nutrisi
    4.Meningkatkan pertumbuhan dan kesehatan
    5.Mencegah pertumbuhan terhambat karena defisiensi vitamin
    6.Mengatasi serangan penyakit dan stress

    harga : Rp. 190.000,-\

    dimana pun kota anda kami bisa mengirim sampai tujuan
    bagi yang berminat bisa menghubungikami di no layanan
    022-93549678/08124144412. email. zemi14@yahoo.com

  17. ANDA BUTUH LELE SEGAR/BUTUH MAKANAN ALTERNATIF LELE/BUTUH BIBIT LELE SEGALA UKURAN/SUSAH JUAL LELE HUBUNGI: CAK SUGENG,DESA BRINGIN WETAN RT06 RW06 TAMAN SIDOARJO TELP:031-34223327

  18. ak piara lele yg warna putih,wat taro di kamar,gmana ya cara nya supaya aquarium nya tetap bersih,krn ak mau jadikan sbg ikan hias,thx reynold

  19. Kami menjual bibi lele berkualitas berbagai ukuran dan cacing sutera dalam jumlah besar. Untuk lebih jelasnya, dapat dilihat di blog kami, lelesamaranasit.wordptress.com

  20. mas,, mau nanya nih,,,
    saya ingin memulai budidaya lele
    bagaimana pemberian pakan yang sesuai dengan umur dari lele itu mas?
    berapa ekor yang cocok di tebar dalam kolam ukuran 2 x 2,5 m?

    oh ya mas bagaimana pemeliharaan benih lele agar pada pemeliharaan tidak banyak yang mati?
    terimakasih

  21. klu di daerah medan
    bibit ikan lele yg bagus,,,,,,,,,,,,,,,,
    bisa saya dapatkan dmna aja nie
    soalnya saya mau memulai budi daya ikan lele
    tolong dibalas ya pak??????????????????????

  22. Saya sedang mencari rekanan ternak yang bisa meneyediakan lele ukuran daging 7-10 ekor/kg. seminggu 3-5 kintal rutin. yang punya informasi silahkan hub 081211670996.

  23. sedia ikan lele…mulai dari bibit sampai dengan lele siap konsumsi…..
    untuk bandung dan sekitarnya……harga bersaing….hubungi pak maman 022-61070537/pak arif 022-95520906……

  24. mau tau donk,cara budidaya ikan lele..
    saya punya tanah, dan mau saya buat kolam lele. bagaimanakah kriteria kolam untuk budidaya lele yang baik? mohon info. terimakasih

  25. aku lg butuh bibit lele sekita 400 an. saya tinggal di gombong jateng. ada yg tau ga kalo beli bibit lele yg bagus di daerah gombong di manaya.ini no hp saya 085711691905.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s