Sukses Membudidaya Ikan Arwana


Reporter : Asep Syaifullah
Juru kamera : Ahmad Susanto
Lokasi : Munjul, Jakarta Timur

Ikan arwana memang eksotis. Bentuk tubuhnya yang gagah, dan warna sisiknya yang mempesona membuat ikan ini banyak digemari orang. Apalagi banyak juga yang meyakini, ikan arwana merupakan ikan keberuntungan. Salah satu jenis ikan arwana unggulan adalah arwana super red. Harganya bisa mencapai puluhan juta rupiah.

Salah seorang yang menggeluti usaha budidaya ikan arwana super red ini adalah Tris Tanoto, di kolam miliknya di Jalan Raya Hankam, Munjul, Jakarta Timur. Untuk mencapai lokasi kolam ikan arwana Tris Tanoto dari Jakarta, dapat melalui jalan tol Jagorawi. Keluar di pintu tol Cibubur, mengambil arah ke arah Munjul, Jakarta Timur.

Di 12 kolam seluas 3.500 meter persegi inilah, Tris Tanoto memelihara sekitar 500 ekor ikan arwana, dengan dibantu 30 orang karyawannya. Dia telah menggeluti usaha ini sejak 20 tahun lalu.

Yang terpenting diperhatikan dalam memelihara ikan arwana adalah air kolamnya. Karena ikan arwana menyukai air yang jernih dan volumenya cukup. Rata – rata kedalaman air kolam ikan arwana antara 1,5 meter hingga 2 meter.

Selain itu, yang perlu diparhatikan juga adalah pakannya. Di tempat ini, Tris Tanoto juga melakukan pengembang biakan ikan arwana. Saat bertelur, induk ikan dipisahkan agar telurnya tetap utuh.

Saat telur berkembang menjadi anakan, juga dipisahkan secara bertahap. Setiap tahapan dipindahkan ke aquarium di ruangan yang berbeda, mulai dari usianya satu minggu. Setelah usianya satu bulan, bentuk tubuh ikan arwana mulai terlihat jelas.

Ikan arwana dipasarkan ketika telah berumur lebih dari satu tahun. Ini dikarenakan, setelah umur satu tahun, tubuh ikan arwana tidak lagi mengalami banyak perubahan. Harga ikan arwana super red di pasaran ekspor dengan ukuran 60 centimeter, berkisar 3 ribu hingga 4 ribu dollar Amerika Serikat. (Helmi Azahari/Ijs)

dari : indosiar.com

48 thoughts on “Sukses Membudidaya Ikan Arwana

    • Saya sangat tertarik dan berminat untuk mempelajari budidaya ikan arwana ini., tolong dong saya minta alamat lengkap dan contac person dari tempat pembudidayaan ikan arwana ini.. Terima kasih

  1. mas semuanya
    minta infonya dong cara memelihara arwana yg baik, berapa pH airnya, makanannya dan lain sebagainya

    saya penggemar arwana, dulu arwana saya akhirnya pada mati, jadi agak trauma pelihara lagi..

    thanks

  2. hello,,,
    saya salah seorang pecinta ikan hias,,, apalagi ikan arwana,,, saya sungguh sangat menyukainya,, akantetapi saya ingin sekali,,, membudidayakannya,,,,
    saya harap bos,,, yang telah berhasil membudidayakan ikan hias arwana,,
    saya selaku formula mengharapkan bimbingan bos,,,,
    gimana cara membudidayakannya,,,
    atas berkenananya bos,,,, mengajari cara membudidayakan ikan hias arwana, saya ucapkan terimakasih,,,,
    ini alamat mail saya ( warsa_314@yahoo.co.id )

  3. Saya sangat tertarik dan berminat untuk mempelajari budidaya ikan arwana ini., tolong dong saya minta alamat lengkap dan contac person dari tempat pembudidayaan ikan arwana ini.. Terima kasih

  4. pak Tris tanoto yth
    Saya di rmh punya 2 ikan Arwana yg satu jenis golden red dan yg satu jenis super red pjg mgkn 50 cm lebih usia mgkn sudah 8 thn cuma ada keunikannya agak bongkok ,cm setelah besar di pinggir belakang mata ada benjolan tp sptnya lembek…jd kynya mengganggu pemandangan kira2 buat menghilangkan benjolan di belakang mata caranya gimana ya brgkl punya resep atau obat..demikian atas bantuannya diucapkan terimakasih dan nanti sy kirimkan gambar ikan tersebut. – tri agus satria sayekti

  5. pak…
    saya sangat tertarik untuk pembudidayaan ikan arwana, bagaimana cara&mempelajarinya mulai dr mana??mohon infonya,thanks

  6. Saya penggemar ikan hias terutama yang bagus dan mempunyai nilai yang lebih. Saya tertarik sekali dengan pembudidayaan ikan arwana, tetaoi tidak punya aquarium yang besar untuk menampungnya. Apakah ikan arwana dapat dikembang biakkan di kolam tanpa bantuan oksigen?

  7. Salam sukses selalu,
    Pak,saya suka memelihara ikan,terlebih lagi bila saya bisa mengembang biakkan nya.
    Tapi saya kurang tau tentang langkah – langkah pembudidayaan ikan arwana.
    Mohon bantuan mengenai tahap – tahap pembudidayaan ikan arwana.
    Terima kasih.

  8. saya ingin mencoba pembudidayaan arwana tolong kasih tahu perbedaan antara arwana betina dan jantan ma kasih

  9. Salam sukses
    Pak saya mau tanya harga super red yang ukuran 10 cm berapa?
    dan bagaimana cara membedakan arwana yang jantan dan betina?

  10. Pak saya penggemar brat ikan arwana sy pernah pelihara arwana dr 10 cm
    dan berkembang s.d 50 cm dan sewaktu pnda sya berikan ke teman sya akhir mati, saat ini sya ingin mencoba tuk memelihara ikan arwna lagi
    klu tuk yg anakn brp harganya dan diman bsa didaptkan mohon infrmasinya dan terimaksih.

    salam
    Z AAN A

  11. salam kenal,
    saya mo tanya, harga super red berapa sih kalo yang ukuran antara 10 s/d 15 cm,tolong dong kasih tau, kayanya saya berminat mau pelihara arwana.
    makasih ya sebelumnya.
    aris, cijantung

  12. Pak
    saya mw tanya dunk
    G mn cara pembudidayaan
    dari penyiapan kolam sampe pemasukan arwana kedalam
    trus syarat2nya ap buat kolamnya..
    tolong dung om

  13. pak saya dan teman-teman sangat ingin sekali budidaya ikan air arwana ini..tapi masih blom tahu ttg ikan arwana ini dan harus mulai darimana.
    bisa dikasih taw gag step2 nya untuk mulai usaha budidaya ikan arwana ini.tolong kirim email ke poenya_waone@yahoo.com.
    thanks,saya tunggu balesannya yaa pak..

  14. salam sejahtera untuk semuanya
    saya david pingin memelihara ikan jenis arwana super red dimana kami bisa peroleh kami di balikpapan kalimantan timur

    terimakasih
    David

  15. beli anakan arwana jenis golden,banjar red ama super red yang sangat murah dimana ya?? beri tahu informasinya ya, saya butuh banget.

  16. selamat sore.
    Saya ingin bertanya, berapa harga anakan arwana yg berusia sekitar 1-2 bln.
    saya ingin sekali memeliharanya. dan kebetulan tmpt anda tidak jauh dengan lokasi rumah saya!. mohon kiranya bisa dibls ke email saya.
    tulus_234@yahoo.com. ditunggu balasannya. thanks

  17. Pak Tris Tanoto, saya penggemar ikan arwana, tolong dong email alamat Bapak di email saya ini, karena saya akan beli beberapa ekor ikan arwana pak Tris yang bagus & yg saya suka, ok? Tks. Wass : Retno

  18. Slmt pagi Pak,,
    Sy mau tanya, ikan arwana sy sedang sakit. matanya putih seperti kena jamur, sirip ekornya juga rusak.
    Bagaimana pengobatanny ya Pak???

  19. Pak Tris Tanoto, saya penggemar ikan arwana, tolong dong email alamat Bapak di email saya ini, karena saya akan beli beberapa ekor ikan arwana pak Tris yang bagus & yg saya suka, ok? Tks.

Leave a Reply

