Menggeluti Usaha Budidaya Ikan Koi


Reporter : Jenny Tan
Juru Kamera : Joni Suryadi, L Agung Nugroho
Penyunting Gambar : Yogya Harmoko
Lokasi : Jati Asih, Bekasi, Jawa Barat

Liukan sekelompok ikan koi yang sedang diberi makan ini terlihat sempurna dan penuh keindahan. Selaras dengan keindahan tubuhnya, ikan koi juga merupakan ikan pembawa keberuntungan. Karena itu, ikan ini tidak hanya layak dikoleksi, tetapi juga dibudidayakan. Salah satu tempat budidaya ikan koi adalah Koi Collection milik Roni, di Jati Asih, Bekasi, Jawa Barat.

Untuk mencapai Koi Collection milik Roni, dapat melalui Jalan Tol Jagorawi, keluar pintu tol Jati Asih, lalu mengambil arah ke Komsen. Letaknya di Desa Jati Asih, Kecamatan Jati Asih, Bekasi.

Tempat ini merupakan salah satu pilihan pehobi ikan koi menambah koleksinya. Disini sang pemiliknya, Roni, membudidaya ikan koi dengan konsep kembali ke alam Indonesia. Konsep versi Roni ini memberi naungan pada kolam koi dengan bangunan berbahan bambu dan beratap rumbia.

Walau sepintas tampak sederhana, namun koleksi ikan koi Roni tidak sesederhana naungan atap dan tiang bambunya. Koleksi koi disini kerap menyabet berbagai gelar bergengsi pada kontes ikan koi.

Cyprinus capriyo merupakan nama Latin ikan koi yang mempunyai kekerabatan yang sama dengan ikan mas. Konon, ikan mas merupakan nenek moyang ikan koi. Oleh karena itu, ikan koipun bisa dikonsumsi.

Di negara asalnya Jepang, ikan koi bisa mencapai panjang maksimum 120 cm. Sedangkan di Indonesia ikan koi baru bisa mencapai panjang maksimum 75 cm. Ikan koi termasuk ikan yang berumur panjang. Konon ikan koi milik Kekaisaran Jepang mencapai umur 120 tahun, dengan panjang 120 cm.

Ini adalah ikan koi terbesar disini. Jenisnya showa. Jenis showa ditandai dengan kombinasi tiga warna, hitam, putih dan merah. Showa ini panjangnya mencapai 75 cm. Ikan koi disini jumlahnya sekitar 3 ribu ekor. Panjangnya antara 15 cm sampai 75 cm. Harganya mulai dari 100 ribu hingga i25 juta rupiah per ekor. Kolam ikan koi disini sengaja dibuat lebih dalam. Rata-rata kedalamannya 1,5 m. Sedangkan ikan koi di kolam taman milik pehobi, kedalamannya berkisar setengah meter hingga satu meter.

Dengan perawatan yang cermat dan kecintaannya terhadap ikan koi, Roni mampu menghasilkan ikan koi berkualitas unggulan, yang mampu menembus pasar ekspor di luar negeri, seperti Jerman dan Belanda. (Helmi Azahari/Ijs)

dari : indosiar.com

64 thoughts on “Menggeluti Usaha Budidaya Ikan Koi

  1. saya punya koi tapi dalam beberapa hari ini badannya seperti ada virusnya, karena sebelumnya saya campur dgn ikan mas koki. tlg dong kasi tau cara penyembuhannya. agar koi saya terbebas dari virus tersebut.

  2. Wah..wah..waaahh, saya salut kepada Pak Roni yang telah mampu membudidayakan ikan koi yang cantik n mahal itu. Sayang sekali, setelah saya membaca tulisan ini, Pak Roni tidak membagikan pengalaman bagaimana cara mengembangbiakkan dan juga tentang pakan, pakan apa, berapa jumlah dan frekuensi pemberian pakan yang dilakukan. Rahasia kali ya Pak!! Tetapi satu hal saya sedikit tidak setuju tentang penulisan nama latin (nama species) ikan Koi yang Bapak tulis. Ikan Koi serumpun dengan ikan Mas, itu sebabnya nama species ikan tersebut sama dengan ikan mas yaitu : Cyprinus carpio L (Bukan capriyo! inget De caprio kali ya Pak, he..he..). Ok Pak , maju trus perikanan Indonesia…

  3. Pertama tama saya sangat tertarik dengan usaha yg anda geluti!
    Dan saya ingin mencoba usaha ikan koi, jujur saya sangat tertarik dan ingin mencoba usaha tersebut. Untuk itu saya ingin belajar sedikit pengalaman dari anda dengan sedikit bertanya kpada anda yaitu,
    1 Berapa modal pertama anda untuk melakukan usaha ini?
    2 Apakah anda waktu pertama kali melakukan usaha ini anda belajar dari orang lain?
    3 Sejak umur berapa anda melakukan usaha ini?
    Itu pertnyaan dari saya dan jawabannya saya tunggu, TERIMA KASIH

  4. Salam Pak Roni,
    Salut kepada Pak Roni, Jarang orang seperti Pak Roni serius budidayakan Ikan Koi dengan sabar, sekaligus untuk menjaga kelestariannya.

    saya ardika, tinggal di Dukuh Zamrud Kota Legenda Bekasi,
    Ada beberapa hal yang saya tanyakan:
    1. Alamat lengkap tempat Pak Roni ?
    2. Kenapa ikan Koi warna tidak cerah, seperti ada lapisan di permukaan kulitnya?
    Terima Kasih.

  5. kami peternak koi di malang, jawa timur sedang berupaya mencari jalur pemasaran ikan koi. sekiranya anda bisa membantu. terima kasih.

  6. saya peternak ikan koi di lombok mataram, ingin mengetahui pemasaran ikan koi tersebut atau bapak berminat?
    Mohon bantuan dari pak roni terimakasih..

  7. Saya sangat tertarik dengan budidaya ikan koi. Saya mau mencoba sekaligus menyalurkan hobby saya. Kira2 berapa modal utama yang dibutuhkan dan dimana saya mendapatkan bibit yang berkualitas untuk indukan.

    salam.

    Abdul Syukur

  8. salam da salut buat pak roni… Saya Asep tinggal di ujunk aspal pondok gede tepatnya dikranggan… Pak kira2 klo mau pesan bibit / anakan koi, berapa ya harganya? minta alamat jelas ya pak… ini email saya xev_analis@yahoo.com… no hp 085694659582. Trims

  9. Saya mau belajar dari pak roni ni.saya mau memulai usaha membudidayakan ikan koi ini.kira2 berapa modalnya ya pak? Dan bibit yang berkualitas bagus bisa di dapat dari mana?perlu halaman yang luas ga untuk budidaya ikan ini? thanx

  10. pak Rony minta tolong kasih informasi masalah mengembangbiakkan ikan koi dan cara pemasarannya. Ini No. telp. saya 08123236838

  11. Mhn informasinya pak. saya baru dalam memelihara koi, pertama x beli ikan koi banyak yang mati, gejalanya badan menjadi bercak putih seperti jamur. berdasarkan rekomendasi teman ad yang menggunakan Recal, tp malah ikan saya jadi limbung semua dan mati. apa penyebabnya?dan apa obatnya?langkah2 apa yang harus saya lakukan apabila ingin memelihara ikan koi?

  12. Saya berencana membudidayakan ikan koi karena potensi bisnisnya yang menjanjikan disamping hobi saya dalam memelihara ikan koi meski cuma koi lokal.
    Kalau perlu saya magang disana untuk belajar tentang cara budidayanya dengan biaya sendiri.
    Adakah yang bersedia memberi saya waktu atau informasi ?
    Terimakasih..

    Salam hangat

    Hery

  13. pak..
    saya mahasiswi unpad jurusan perikanan,,
    sya mw tny,,apa boleh sya melaksanakan penelitian di tempat bapak??
    dan apa t4 bpak mempunyai fasilitas bwt penelitian???

  14. pak..
    saya mahasiswi unpad jurusan perikanan,,
    sya mw tny,,apa boleh sya melaksanakan penelitian di tempat bapak??
    dan apa t4 bpak mempunyai fasilitas bwt penelitian???
    tx b4 pak

  15. saya baru2 ini memiliki kolam ikan, & tertarik sekali ingin memelihara koi, dan tertarik ingin berburu koi ketempat pak Roni!,

    bagi yang punya info + tips menarik, silahkan kirim artikel ttg koi ke iyanhue@ovi.com

    thanks,,

  16. saya mau tau cra prawatn koi dan pkan apa yang co2k untk ikan koi?
    ada kah obat2 ataw faksinasi yang di berikan kpda ikan koi?
    kolam hrus di bersih kan brpa hri sekali?

  17. gimana cara mendapatkanx krna saya saat ini udah ternak dan jal ikan cupng dan saya juga sekarang berminat dgn ikan koi, pengen tahu cara mendapatkan indukannya dan pengiriman ikan koi yang dapat langsung dijual kekonsomen

  18. saya mau berkunjung ketempat anda, mohon emailkan alamat lengkapnya.
    dan kalau boleh saya dapat price listnya.

    Thank`s

    Benny L

  19. saya dari lampung(Metro)mau belajar memasarkan ikan koi,,dari mana saya harus mendapatkan ikan koi yang bisa dipasarkan dengan harga terjangkau.

  20. pak saya peternak ikan
    koi tapi saya masi pekula gimana
    caranya ternak ikan koi dan
    klk beli bibit ikan koi dimana
    num saya 085730124418

    • ASlamualaikm,,,…maf klo leh nanya,,tuk pmeliharaan koi dgan panjang 10cm,btuh brapa thun tuk bisa jdi bsar n berkmbang biak,,,…??mhon jwabanya……..n lagkah pa ja yag hrus d lakukn…..??

  21. pak roni,gimana cara memilih induk ikan koi yang baik untuk pembenihan ikan koi,dan gimana untuk bisa menentukan induk yang siap kawin?

  22. btuh brap lama tuk koi ukuran 10cm bisa jdi induk n beranak,,…??langkh pa ja yg hrus d lakukn….??mhon jwabanya kalo bisa d krim k no hp sya,…085852400338…trimksih..

  23. Pak saya bisa membantu segala hal perizinan tuk ekspor ikan koi ke berbagai belahan dunia.
    silahkan kontak saya ke 085294646946/022 92621456
    Trims

  24. Saya seorang pemula dalam memelihara ikan koi.Sebelumnya ada 5 ikan koi berukuran panjang kira2 20CM, saya punya kolam oval dalam25 cm merata. Di dalamnya juga hidup ikan nila berukuran 10cm kira2 berjumlah 15 ekor.

    Masalah yg saya hadapi sejak 3 hari saya beli ikan koi , satu persatu mati, sekarang tinggal 2 ekor. Filter sudah ada dan 2 lubang nya saya beri selang sehingga membuat udaha dlm air.

    Pertanyaan : idealkah habitat kolam saya untuk koi? sehingga yang tersisa 2 ekor ini lambat laun juga tetap segar.Terimakasih

  25. saya mempunyai ikan koi, setelah perutnya membesar tiba2 kecil lg, mohon di ksh tahu cara sehingga ikan koi saya dpt bertelur dan memiliki anak

    terima kasih informasinya baliknya.

  26. Salam pa’Roni
    Mas, sy buth penjelasan, ikan koi sy (jantan & betina) baru berumur 1,5 tahun, tapi sudah bertelur. Apa kualitas anakannya masih berkualitas. Tolong jawabannnya. Trmkasih. Darwis, makassar.

  27. Saya peternak baru dikalangan ikan koi, saya punya bibit ukuran 4 – 6 cm sebanyak 5000 ekor. bila ada yang berminat hub bang mada 92809875 atau asep 085694659582 Jl. Mess AL Gg sadar 2 RT 01/ 02, No 22 Jatiraden Jatisampurna, Bekasi, Jawabarat

  28. pak bolehkan , mohon info alamat jelas menuju kelokasi , saya ada di cikarang mo lihat siapa tau kepincut mo beli ha ha ha ………

Leave a Reply

