Keramba Terapung Ikan Mas


Reporter : Claudia Yuniar, Asep Syaifullah
Juru Kamera : Damar Galih
Penyunting Gambar : Yogya Harmoko
Lokasi : Ciamis, Jawa Barat
Tayang : Kamis, 20 Maret 2008 Pukul 12.30 WIB

indosiar.com, CianjurIni merupakan keramba terapung tempat pemeliharaan ikan air tawar. Lokasinya di Waduk Jangari, Cianjur, Jawa Barat. Waduk ini memang merupakan tempat pembesaran ikan air tawar. Salah satu primadona ikan air tawar yang dipelihara disini adalah ikan mas. Ikan yang dipelihara di waduk ini memiliki kelebihan tersendiri, selain ikannya cepat besar, dagingnya juga tidak berbau lumpur.

Waduk Jangari di Cianjur dapat dicapai dari Jakarta melalui jalan Tol Jagorawi. Selepas pintu Tol Ciawi mengambil arah ke puncak. Lalu menuju kota Cianjur. diteruskan ke Waduk Jangari. Setiba di waduk, perjalanan dilanjutkan dengan menggunakan perahu.

Perjalanan menuju keramba terapung yang terletak di tengah waduk terasa menyenangkan. Air waduk yang tenang dan pemandangan yang indah, membuat perjalanan tidak terasa melelahkan. Setiba di tengah waduk, pemandangan keramba terapung milik petani bertebaran di mana � mana.

Di waduk dengan kedalaman lebih dari 30 meter ini, terdapat ribuan keramba terapung tempat pemeliharaan ikan air tawar. Di keramba terapung ini Haji Hasan melakukan pembesaran ikan mas. Disini terdapat sekitar 100 jaring, dengan ukuran masing-masing jaring 10 kali 10 meter. Jaring terapung disini dapat menampung 15 ribu hingga 30 ribu ekor bibit ikan mas.

Di jaring terapung ini hanya dilakukan proses pembesaran ikan mas. Bibitnya didatangkan dari tambak pembenihan di darat. Anak ikan mas yang dibesarkan disini mulai dari usia satu minggu. Pemeliharaan ikan mas di jaring terapung semacam ini memerlukan bibit sekitar 1 kwintal.

Ikan diberi makan berupa pelet dua kali sehari, pada pagi dan sore hari. Dari anakan ikan hingga berkembang siap panen, menghabiskan pakan sekitar 2 ton. Setelah dipelihara sekitar 3 bulan, ikan mas siap dipanen. Pemasarannya ke sekitar wilayah Jawa Barat, Jakarta dan Banten.

Para pembelinya selain pedagang pasar, juga pengelola kolam pemancingan dan restoran. Setelah melihat pemeliharaan ikan mas di jaring terapung, saya ingin merasakan kelezatan daging ikan mas yang dipelihara disini. Kebetulan, pak Haji Hasan telah menggorengkan ikan mas untuk saya cicipi. Rasa daging ikan mas ini memang lezat. Selain gurih juga tidak berbau Lumpur. Wajar saja bila ikan mas yang dibesarkan di waduk jangari ini sangat laku di pasaran.(Helmi Azahari/Dv/Ijs)

dari : indosiar.com

2 thoughts on “Keramba Terapung Ikan Mas

  1. petani sering kali kesulitan melakukan penasaran ikan mas…….
    boleh tau biasanya pemasaran ikanmas kn saja?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s