Budidaya Ikan Patin Paling Diminati


Reporter : Claudia Yuniar, Yadi Supyandi
Juru Kamera : Damar Galih
Penyunting Gambar : Mira Aryani
Lokasi : Cisaat, Sukabumi, Jawa Barat
Tayang : Kamis, 24-1-2008 Pukul 12.30 WIB

Ikan patin atau pangasius sp, adalah salah satu komoditas budi daya ikan air tawar yang banyak diminati oleh para petani ikan. Harganya di pasaran cukup tinggi dan cara perawatannnya tidak rumit. Sehingga bila ditekuni secara serius, sangat menguntungkan. Salah satu sentra budi daya ikan patin terdapat di kawasan Desa Sela Jambe, Kecamatan Cisaat Kabupaten Sukabumi Jawa Barat.

Desa Sela Jambe, Cisaat, Sukabumi Jawa Barat sangat cocok dijadikan lokasi budidaya ikan air tawar. Persediaan air berlimpah karena dekat dengan sejumlah sungai yang berasal dari aliran sungai dari Gunung Gede Pangrango.

Budi daya ikan patin dimulai dari seleksi indukan. Induk ikan betina dipelihara di kolam terpisah. Sebelum disatukan dengan indukan jantan, induk betina dipilih yang telah memenuhi syarat untuk dipijahkan. Ciri-cirinya dapat dilihat dari bentuk fisiknya.

Telur dari indukan betina dan indukan jantan kemudian dipijahkan dalam aquarium.Di aquarium ini, larva ikan patin akan menetas dalam waktu 24 jam. Setelah berbentuk larva, ikan patin siap di besarkan. Untuk anakan ikan ukuran satu inci biasanya di beri pakan artemia.

Setelah besar barulah ikan patin itu dipindahkan ke kolam dan bak penampungan. Berbagai tahapan umur ikan patin laku di pasaran. Untuk ikan patin umur empat puluh hari ini di pasaran harga perekornya sekitar empat ratus rupiah.

Untuk perwatan ikan patin, tidak terlalu sulit. Kunci perawatannnya terletak pada kualitas air dan cuaca, ikan patin senang hidup di air yang mengalir dengan cuaca sedang dan sedikit curah hujan.

Ikan patin tahan terhadap berbagai serangan hama penyakit. Yang perlu diwaspadai hanya serangan jamur. Ikan patin usia dua puluh hari juga banyak diminati untuk bakal benih ikan. Ikan seukuran ini sudah bisa di pelihara di tambak dengan metode jaring terapung.

Bila dikelola dengan cara yang benar, budidaya ikan patin, mulai dari pembibitan hingga pembesaran sangat menguntungkan. Ini dikarenakan, peminat ikan patin cukup banyak, karena rasanya enak untuk dimakan. (Helmi Azahari/Ijs)

dari : indosiar.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s