Budidaya Ikan Patin di Jatiluhur


Reporter : Claudia Yuniar, Asep syaifullah
Juru Kamera : Ahmad Susanto – Nyoman Ifrozim
Penyunting Gambar : Yogya Harmoko
Lokasi : Purwakarta, Jawa Barat
On Air : 15 Nopember 2007 Pukul 12.30 WIB

indosiar.com, – Waduk Jatiluhur, Purwakarta, Jawa Barat, merupakan tempat yang sangat potensial, untuk membesarkan berbagai jenis ikan, salah satunya adalah ikan patin atau dalam bahasa latinnya disebut pangasius sp.

Ikan patin dibesarkan di jaring terapung. Keuntungan pembesaran dengan cara ini, ikan cepat besar dan tidak bau lumpur.

Waduk Jatiluhur dapat ditempuh sekitar setengah jam perjalanan dari Kota Purwakarta, Jawa Barat. Perjalanan kemudian dilanjutkan ke lokasi keramba terapung di tengah waduk dengan menggunakan perahu bermotor.

Di tempat ini, Alex Kusuma memiliki sekitar 100 jaring terapung. Setiap jaring berukuran 10 kali 10 meter, dan dapat menampung 15 ribu hingga 30 ribu ekor ikan.

Pembesaran ikan patin dipisahkan dalam beberapa jaring. Di jaring terapung ini berisi ikan patin yang sudah berusia 6 hingga 12 bulan, yang telah siap dipanen.

Bibit ikan patin didapat dari lokasi pengembang biakan di Cijengkol, Subang, Jawa Barat. Ditempat ini, induk ikan patin yang memiliki berat sekitar 3 kilogram dikawinkan dan dirangsang dengan disuntik hormon.

Setelah ikan bertelur, telurnya kemudian dikeluarkan dengan cara pembiusan. Agar tidak lengket, telur dipisahkan dengan menggunakan tanah.

Selanjutnya telur ikan patin dimasukan kedalam corong. Kemudian dihasilkan bibit ikan patin dengan ukuran 1 inchi, yang siap dibesarkan. Ikan patin memliki kelebihan dibanding ikan air tawar lainnya, dagingnya banyak mengandung lemak.

Ikan patin yang telah dipanen dipasarkan tidak saja di sekitar wilayah Jawa Barat, tetapi juga ke Jakarta, bahkan hingga ke Sumatera. Harganya antara 10 sampai 15 ribu rupiah per kilogram. (Helmi Azahari/Sup)

dari : indosiar.com

5 thoughts on “Budidaya Ikan Patin di Jatiluhur

  1. Bagi rekan rekan yang membutuhkan bibit ikan patin mulai dari 1 inc s/d 4 inc silahkan dapat menghubungi di 081381133324 terimakasih

  2. Pak saya tertarik untuk mewawancarai profil usaha bapak tentang ikan patin. Mohon diinfokan nomor telepon/hp dan alamat jelas bapak.Trm ksh

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s