Budidaya Ikan Koi


Reporter : Claudia Yuniar, Asep Syaifullah
Juru Kamera : Damar Galih
Lokasi : Sumedang, Jawa Barat
Tayang : Kamis, 24 April 2008 Pukul 12.30 WIB

indosiar.com, SumedangIkan koi memang indah. Sisiknya yang berwarna – warni dan bentuk tubuhnya yang menggemaskan, membuat ikan ini banyak dicari orang. Meskipun ikan koi ini bibitnya awalnya berasal dari Jepang, namun kini banyak dibudidayakan di dalam negeri, salah satunya oleh petani ikan koi di Sumedang, Jawa Barat.

Lokasi budidaya ikan koi di Sumedang dapat dicapai dari Jakarta melalui jalan Tol Jakarta � Bandung. Pemandangan di sepanjang jalan tol sangat asri, dengan hamparan sawah, dan jembatan kereta api. Keluar di Pintu Tol Cileunyi, lalu mengambil arah ke kota Sumedang.

Perjalanan kemudian dilanjutkan ke Desa Padasuka, Sumedang Utara. Dari kota Sumedang dapat ditempuh sekitar setengah jam perjalanan. Disinilah tempat budidaya ikan koi. Salah satunya milik Pak Taufik, yang tergabung dalam kelompok pada suka koi.

Ikan koi di kolam ini telah cukup dewasa untuk dipindahkan ke kolam air jernih. Pengambilan ikan dari kolam dilakukan dengan menggunakan jarring. Melihat ikan koi yang besar dan lucu, saya jadi tertarik untuk memegangnya. Namun menangkap ikan koi di kolam ternyata tidak mudah.

Budidaya ikan koi tidak gampang. Perlu ketelitian dan kesabaran. Induk ikan mula – mula disatukan di kolam pemijahan. Induk ikan dipilih yang sehat dan telah matang gonad.

Di kolam ini diisi satu induk betina dan dua induk jantan. Ini dikarenakan ukuran induk betina lebih besar dari induk jantan.

Anak ikan koi yang telah menetas kemudian diletakkan di kolam air keruh. Di kolam ini berisi ribuan anak ikan koi. Agar cepat besar, anak ikan diberi makan pelet khusus secara teratur. Pemberian pakan dilakukan pada pagi dan sore hari.

Di kolam inilah ikan koi dewasa dikarantina agar bersih dari penyakit dan penampilannya lebih cemerlang. Agar ikan tumbuh sehat dan tidak stress, kolam dibuat sedalam 1,7 meter. Kali ini saya juga didampingi Ibu Yati dari dinas peternakan dan perikanan Sumedang, yang kebetulan juga sedang berkunjung ke tempat ini.

Ikan koi hasil produksi petani ikan hias disini dijual ke sekitar wilayah Jawa Barat dan Jakarta. Harganya per ekor mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

Budidaya ikan koi merupakan pilihan usaha di bidang perikanan yang menguntungkan. Omset petani ikan koi disini setiap bulannya bisa mencapai 20 juta rupiah. (Helmi Azahari/Dv/Sup).

dari : indosiar.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s