TNI AL Awasi Pergerakan Ikan


Jumat, 18 April 2008 | 20:32 WIB

MAGETAN, JUMAT –  Untuk menekan tingginya pencurian ikan, Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana TNI Soemardjono mengintensifkan kegiatan patroli di daerah-daerah yang sering terjadi pencurian ikan.

“Pencurian ikan melihat musim pergerakan ikan, pergerakan ikan ke Laut Arafuru, Natuna, dan sebagainya, di situlah pencurian terjadi. Oleh karena itu, patroli diintensifkan di daerah tempat ikan bergerak, ” katanya usai acara penyerahan wing kehormatan TNI AU dari KSAU Marsekal TNI Subandrio ke Soemardjono di Pangkalan Udara Iswahjudi, Magetan, Jumat (18/4).

Pergerakan ikan telah diketahui oleh Komando Armada TNI Kawasan Barat (Koarmabar) dan Komando Armada TNI Kawasan Timur (Koarmatim), sehingga saat ikan bergerak ke satu titik, di titik-titik itulah, patroli TNI AL diintensifkan . Titik-titik pergerakan ikan adalah ke arah Laut Arafuru, Natuna, Sulawesi Utara, Maluku Utara, dan perairan Aru.

Dengan mengawasi titik-titik pergerakan ikan ditambah operasi kegiatan TNI AL tidak bocor, dia yakin pencurian ikan yang dilakukan kapal-kapal asing di perairan Indonesia bisa dicegah.

Selain upaya itu, TNI AL juga merencanakan untuk kembali menambah armada kapalnya. Tahun ini, TNI AL merencanakan pengadaan tiga sampai empat kapal patroli berjenis PC 40 yang sudah bisa dibuat oleh fasilitas perbaikan TNI AL sendiri.

Kapal ini kecepatannya tinggi dan daya tahannya luar biasa, katanya. Namun penambahan kapal patroli ini masih tergantung dari anggaran yang ada dan persetujuan dari Departemen Pertahanan.

dari : kompas.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s