Pesisir Selatan Kembangkan Bandeng


Jumat, 23 Mei 2008 | 20:06 WIB

PADANG, JUMAT- Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, mengembangkan ikan bandeng di tambak-tambak milik rakyat untuk kebutuhan umpan ikan tuna. Tahun 2008 ini, ditargetkan produksi bandeng 200.000 ekor.

Bupati Pesisir Selatan Nasrul Abit mengungkapkan, Pemkab Pesisir Selatan akan berusaha memenuhi kebutuhan umpan tuna yang berupa ikan bandeng. Bulan September mendatang, Pesisir Selatan akan menyumbangkan 40.000 ekor ikan bandeng untuk umpan. “Sebanyak 40.000 ekor bandeng itu hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan sekali berlayar. Kebutuhan bandeng untuk umpan ikan tuna sangat banyak, kata Nasrul.

Provinsi Sumatera Barat sudah dicanangkan sebagai sentra ikan tuna wilayah barat Indonesia.

Sumbar Ekspor Perdana 22 Ton Tuna

PTDempo Andalas Samudera, Padang, mengekspor perdana 22 ton loin fillet dan steak ikan tuna, Jumat (23/5). Ekspor perdana ini ditujukan untuk memenuhi pesanan dari Miami, Florida, Amerika Serikat.

Plan Manager PTAndalas Samudera, Desira Bayu Aji, mengatakan, perusahaan mampu mengekspor 5-8 kali dalam sebulan, atau 100-160 ton barang jadi. Namun, saat ini baru 10 persen dari target itu yang bisa terpenuhi oleh nelayan.

“Saat ini, kami bisa menerima 50-60 persen hasil tangkapan nelayan untuk bahan baku kebutuhan ekspor tuna. Angka ini meningkat dibandingkan masa lalu yang hanya 20 persen bahan baku,” kata Bayu.

Dia menambahkan, perusahaan akan berupaya menambah kemampuan nelayan memasok bahan baku berstandar ekspor.

dari : kompas.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s