Pembibitan Ikan, Lebih Sederhana dan Memberi Hasil Cepat


Inspirasi Usaha
Sabtu, 22 Maret 2008 | 12:03 WIB

Oleh Erwin Edhi Prasetya

Anak-anak ikan gurami itu terlihat saling berlompatan menyelamatkan diri saat sebuah jaring mulai diangkat oleh dua orang petani ikan. Awal pekan lalu, beberapa anggota Kelompok Tani Ikan Mino Raharjo, Desa Jambidan, Banguntapan, Bantul, bersama-sama memanen bibit ikan gurami di kolam milik Wiwid.

Desa ini dikenal sebagai sentra budidaya pembibitan ikan gurami. Usaha budidaya pembibitan ikan yang mulai diseriusi sekitar 10 tahun lalu kini telah berkembang pesat dan menasional.

Sekretaris Kelompok Tani Ikan Mino Raharjo yang juga seorang petani ikan, Wiwid, menuturkan warga Desa Jambidan sebenarnya sudah mulai membudidayakan ikan sejak belasan tahun lalu. Warga memanfaatkan lahan bekas galian tanah di sawah-sawah yang digunakan untuk membuat batu bata.

Sebenarnya memelihara ikan itu sudah turun-temurun sejak orang-orang tua dulu. Namun, waktu itu belum dikelola secara serius. Hanya memelihara sebagai sambilan untuk menambah penghasilan, ujarnya. Wiwid, yang merupakan salah satu perintis berdirinya Kelompok Tani Ikan Mino Raharjo, kelompok tani ikan pertama di Jambidan, menuturkan sejak 1998/1999 beberapa warga mulai mengelola budidaya ikan gurami lebih serius.

Dengan membentuk kelompok tani ikan, diharapkan antarpembudidaya tidak perang harga atau menjatuhkan harga jual. Selain itu, dengan adanya kelompok tani, juga berfungsi sebagai wadah untuk saling bekerja sama mengelola usaha tersebut.

Setelah semakin serius digeluti, usaha budidaya pembibitan ikan memang mulai menunjukkan hasil. Bahkan, kini para petani ikan kewalahan memenuhi permintaan. Sering kali seorang petani ikan rata- rata dalam satu bulan menerima permintaan bibit ikan bisa sampai 300.000 ekor anak gurami umur 1-3 bulan. Padahal, kemampuan produksi pembibitan masih di bawah permintaan itu.

Wiwid mengungkapkan, usaha budidaya ikan itu memang menjanjikan hasil cukup menggiurkan setelah pasar tercipta, apalagi jika orang yang menggelutinya sudah menyukai dunia ikan, maka pekerjaan yang dilakukan tidak terasa berat. Permintaan bibit ikan datang dari usaha-usaha pembesaran ikan gurami, baik di dalam maupun di luar DIY.

Menguntungkan

Bambang, seorang petani ikan, menuturkan budidaya pembibitan ikan memberikan hasil lebih menguntungkan daripada bertani padi. Dicontohkan, dari pengalamannya membudidayakan bibit ikan gurami mulai dari telur hingga umur sebulan di empat kolam tembok/beton ukuran masing-masing 2,5 meter x 3 meter berisi 40.000 ekor bisa memberi keuntungan bersih sampai Rp 2,3 juta.

Untuk memulai budidaya pembibitan ikan tidak terlalu sulit. Kolam bisa dibuat dengan ukuran sesuai kebutuhan, tidak perlu dari beton, cukup kolam tanah sederhana. Wiwid memberikan gambaran, sebuah kolam berukuran 2,5 meter x 3 meter bisa diisi hingga 10.000 ekor bibit ikan dari umur 0-1 bulan. Untuk kolam ukuran 10 meter x 10 meter bisa diisi hingga 10.000 ekor umur 1-3 bulan. Tingkat kepadatan ikan harus diperhatikan karena akan berpengaruh pada pertumbuhan ikan.

Harga telur ikan gurami tergolong murah, yaitu Rp 20 per telur. Adapun harga jual bibit ikan gurami saat ini Rp 100-Rp 125 per ekor untuk umur satu bulan, Rp 350 untuk umur dua bulan, dan Rp 500 untuk umur tiga bulan.

Harus diingat, pembibitan gurami sensitif dengan perubahan suhu air atau udara. Terlalu dingin kurang baik, kalau terlalu panas juga tidak baik, katanya. Jadi, dengan membudidayakan bibit, Anda tak perlu menunggu gurami menjadi besar hingga siap disantap. Akan tetapi, cukup memelihara 1- 3 bulan, ikan sudah waktunya dipanen…. Lebih cepat dan lebih menjanjikan, bukan?

dari : kompas.com

About these ads

20 thoughts on “Pembibitan Ikan, Lebih Sederhana dan Memberi Hasil Cepat

  1. kalo boleh tau haarga jual bibit gurami yang bapak jual itu sudah termasuk ongkos kirim belum? aku sekarang di daerah Ogan Komering Ulu Timur Sematera Selatan. berapa ya pak kalo kirim sampai daerahku?

  2. Pak saya mau tanya kalau harga bibit gurame ditempat bapak berapa ya? selain ikan gurame apakah bapak main ikan yang lain? kebetulan saya seorang petani ikan lele, nila merah, gurame & bawal.

  3. saya tinggal di daerah surabaya,saya mau belajar pembibitan ikan gurami pak, klo untuk pembelian telur gurami dimana ya pak…..thx

  4. salam
    bgamana supaya induk gurame rajin nelor, meskipun musim hujan, apa ada resep yang mujarab, tolong info nya ya, terimakasih saya tunggu
    kalau ada yang mau beli bibit gurame saya bisa bantu, email aja albertloe@ymail.com.

  5. jual gurami berbagai ukuran mulai dari :

    ukuran harga

    kuku 300.-
    jempol 400,-
    korek gas 550,-
    silet 750′-
    korek box 1200,-
    3 jari 1500,-
    4jari 3000,-
    konsumsi 23000/kg

    berminat hub :sigit purwanto hp (081804041207)
    (o2748331838)

    pengiriman jarak jauh minimal order 10rb untuk ukuran kecil
    5rb untuk ukuran besar
    kualitas dijamin yang terbaik.
    terima kasih dan jayalah petani gurami indonesia.

    ket lebih lanjut bisa di lihat di :
    http://rajaguramiblog.blogspot.com/?zx=29780bb8e2585d5e

  6. Kami Pokdakan Argo Mino Arum. Bergerak dalam budidaya perikanan Unit Pembenihan Rakyat. Menawarkan bibit ikan air tawar. Bibit gurami, lele, bawal, nila, graskap, dan mas majalaya. Kami siap melayani untuk pengiriman jawa dan luar jawa.
    Hub: ARMAN
    081328263803
    argominoarum@gmail.com
    Yogyakarta.

  7. kak…,tolong krm detail nya…,
    mengenai harga jual dan juga sistem perawatannya…,
    termasuk pakan…,
    O.K. ?

  8. Kalau Bpk perlu artemia dan spirulina sebagai pakan alami bibit ikan, kami menyediakan produk-produk tsb. Juga tersedia ovaprim dan EDTA. Apabila Bpk membutuhkan produk-produk tsb silahkan hub kami di 08122841280

  9. saya mau jual bibit gurame albino ukuran 3-4 cm “ready stock” 5000 ekor,
    kami juga menyediakan bibit gurame ukuran kuaci, kuku dan jempol. keterngan lebih lanjut hub. kami 087886979744

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s