Magma Ikut Lelehkan Es Greenland


Getty Images/Uriel Sinai

Selasa, 8 Januari 2008 | 08:09 WIB

SAN FRANCISCO, JUMAT – Pemanasan global mungkin bukan satu-satunya penyebab lelehnya es di Greenland. Para peneliti menemukan sumber panas lain berupa jalur magma di bawah Pulau Arctic yang ikut berperan dalam pelelehan es.

Dalam beberapa tahun terakhir, es di Greenland meleleh lebih banyak dan mengalir ke laut lebih cepat. Kenaikan temperatur Bumi disebut-sebut sebagai satu-satunya penyebab.

Namun petunjuk adanya penyebab alami pelelehan es itu terungkap saat para peneliti menemukan sumber panas di lapisan Bumi di ujung timur laut Greenland. “Kondisi lapisan es adalah barometer penting untuk mengukur perubahan iklim global,” kata pimpinan peneliti, Ralph von Frese dari Ohio State University. “Namun untuk mengukur seberapa besar dampak yang ditimbulkan karena ulah manusia, kita juga harus memperhitungkan penyebab dari alam.”

Ujung Greenland dimana titik panas itu ditemukan dulunya tidak memiliki aliran sungai es, hingga satu ditemukan tahun 1991. Apa yang menyebabkan kemunculan aliran itu sempat menjadi misteri. “Aliran es semestinya terbentuk karena alasan-alasan tertentu,” kata von Frese. “Sehingga sangat mengherankan bila kita tiba-tiba melihatnya di tengah-tengah hamparan es.”

Titik panas yang ditemukan itu berada di tempat yang memiliki lapisan Bumi lebih tipis, sehingga aliran magma panas dari kerak Bumi berada lebih dekat dengan permukaan. Panas itulah yang mungkin menyebabkan terjadinya aliran es.
WSN

dari : kompas.com

Categories AIR

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s