Diserang Hiu? Colok Matanya!


getty images

Senin, 12 Mei 2008 | 12:28 WIB

SYDNEY, SENIN – Seorang perenang berkebangsaan Australia selamat dari serangan hiu putih kerena mencolok mata hewan itu. Saat itu hiu menyeret tubuhnya melalui perairan setelah membuat kaki kirinya luka parah.

Jason Cull sedang berenang di pantai di wilayah Australia barat-daya, Minggu, ketika hiu sepanjang empat meter menyerangnya. “Mulanya saya kira itu adalah ikan lumba-lumba,” kata Cull kepada harian The Australian, Senin (12/5). “Saya hanya ingat diseret ke belakang. Saya berusaha menemukan insangnya tapi saya mendapatkan matanya dan saya mencolokkan jari saya ke dalamnya dan saat itulah hewan tersebut meninggalkan saya,” katanya.

Hiu itu mengoyak dua bongkahan daging dari kaki kiri Cull, mengoyak separuh betisnya dan membuat kakinya robek di lutut dan paha. Seorang petugas penjaga pantai mendengar teriakan Cull (37) dan bergegas menembus ombak untuk menyelamatkan dia.

April lalu, seorang peselancar remaja berkewarganegaraan Australia tewas dalam serangan hiu. Hiu dilindungi di Australia dan serangan terhadap manusia relatif jarang terjadi kendati negara tersebut memiliki garis pantai yang sangat panjang.

Sebanyak 42 persen serangan melibatkan peselancar atau peselancar angin, demikian data dari International Shark Attack File yang berpusat di AS.

Pada 2007 terjadi 12 serangan hiu di Australia, tak satu pun yang merenggut jiwa, dari 71 serangan hiu di seluruh dunia pada tahun itu. (ant/rtr)

Sumber : ANT

dari : kompas.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s