Danau-danau Antartika Simpan Tanda-tanda Perubahan Iklim


Kamis, 17 Januari 2008 | 20:29 WIB

BEIJING, KAMIS – Ilmuwan-ilmuwan Inggris sedang mempelajari karakteristik danau-danau yang ditemukan di bawah lapisan es Antartika untuk mencari tanda-tanda terjadinya perubahan iklim.

Sejauh ini, sudah 150 buah danau yang ditemukan di bagian paling selatan Planet Bumi ini. Danau-danau tersebut diyakini menyimpan bukti-bukti terjadinya perubahan iklim dari waktu ke waktu sehingga dapat dipakai untuk mempelajari proses perubahan iklim global saat ini.

Salah satu danau yang menarik perhatian para peneliti adalah Danau Ellsworth. Pengukuran awal menunjukkan bahwa danau tersebut berkedalaman hingga 105 meter.

“Kami tertarik secara khusus terhadap Danau Ellsworth karena danau tersebut telah terisolasi dari permukaan selama ratusan ribu tahun,” ujar Martin Siegert dari Universitas Edinburgh, Inggris.

Selain itu, hasil penelitian pendahuluan juga memperlihatkan bahwa air di danau tersebut mungkin saling berhubungan dengan perairan bebas. Pencairan es di sekitarnya mungkin mengalir ke lautan sehingga memicu kenaikan muka air laut.

“Jika survei berhasil dengan baik, tahap berikutnya adalah membuat alat ukur, mengebor ke dasar danau, dan memeplajari sampel airnya,” ujar Andy Smith, seorang pakar es kutub dari British Antartic Survey yang memimpin sejumlah ilmuwan.(XINHUA)

dari : kompas.com

Categories AIR

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s