Ancol Bangun Pasar Ikan


Senin, 12 Mei 2008 | 00:38 WIBJakarta, Kompas – PT Pembangunan Jaya Ancol sedang membangun pasar ikan yang baru di Pantai Karnaval. Pasar ikan itu ditujukan untuk memenuhi kebutuhan lima restoran makanan laut di Taman Impian Jaya Ancol dan masyarakat umum.

Direktur PT Pembangunan Jaya Ancol Budi Karya Sumadi, Sabtu (10/5) di Jakarta Pusat, mengatakan, saat ini bakal untuk aktivitas pasar ikan sudah ada. Beberapa nelayan sudah sering membawa hasil tangkapan mereka ke lokasi itu untuk dijual. Para pembeli ikan juga sering datang ke lokasi itu untuk membeli ikan.

”Jika sudah selesai dibangun, pasar ikan itu akan menampung semua ikan segar hasil tangkapan nelayan dari berbagai daerah. Pembeli pastinya sudah ada, yaitu para pengelola restoran makanan laut. Masyarakat juga boleh bertransaksi di pasar itu,” katanya.

Kelima restoran makanan laut yang dimaksud Budi adalah Bandar Jakarta dengan masakan betawi, Jimbaran dengan masakan bali, Segara dengan masakan ala modern, Pecinan dengan masakan china, dan satu restoran lagi dengan kekhasan masakan makassar.

Pembangunan pasar ikan itu direncanakan selesai Juni mendatang. Omzet awal penjualan ikan di pasar itu diperkirakan mencapai Rp 250 juta per hari. Omzet itu akan membesar seiring bertambahnya pembeli dari masyarakat umum.

Menurut Budi, pasar ikan yang akan dibangun dekat dengan Rumah Makan Segara di ujung Pantai Karnaval. Pasar ikan ini bakal menguntungkan para nelayan karena mereka mendapat harga yang lebih tinggi. Di sisi lain, para pembeli juga diuntungkan karena akses yang lebih dekat, harga terjangkau, dan ikan yang lebih segar. (ECA)

dari : kompas.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s