Sensus Keragaman Hayati Laut Antartika Diluncurkan


Wikipedia
Penguin Adelie

Selasa, 29 Januari 2008 | 21:02 WIB

WELLINGTON, SELASA – Para ilmuwan dari Selandia Baru dan Italia akan bergabung dalam tim sensus keragaman hayati Laut Antartika. Sensus pertama ke wilayah oantai bagian utara benua beku di kutub selatan tersebut diluncurkan dari Selandia Baru, Selasa (29/1), dan akan berlangsung selama dua bulan.

Sensus keragaman hayati Laut Antartika merupakan bagian dari proyek riset internasional yang diikuti 23 negara. Sebanyak 11 ekspedisi pelayaran ke koordinat berbeda telah disiapkan untuk menyurvai seluruh ekosistem laut dan habitat di perairan yang sangat dingin tersebut.

Sebanyak 26 ilmuwan yang ikut dalam ekspedisi pertama akan mengumpulkan sampel kehiudpan laut dan memotret hingga kedalaman 3900 meter. Data hasil survei ke wilayah yang belum terjamah akan dijadikan pedoman pengmabilan kebijakan yang terkait dengan kelangsungan ekosistem di sana.

Menteri Luar Negeri Selandia Baru, Winston Peters, mengatakan pelayaran ini akan menguak informasi penting mengenai keragaman hayati dan fungsi ekosistem Laut Ross di Antartika bagian utara. Hal tersebut akan membantu para penyelamat lingkungan menyiapkan program pelestarian lingkungan jangka panjang.

Ekspedisi ilmiah ini juga menjadi bagian dari Tahun Kutub Internasional atau IPY (International Polar Year), sebuah program ilmiah global yang didesain untuk meningktakan pemahaman mengenai daratan dan laut di wilayah Arktik dan Antartika. IPY dilakukan sejak tahun 1882.(AP/WAH)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s