UPAYA DKP MENANGANI TRAWL


19/03/08 – Siaran Pers: Utama
dkp.go.id

No. 16/PDSI/III/2008

Perkembangan teknologi penangkapan ikan didunia menunjukan bahwa alat tangkap trawl merupakan alat penangkap ikan yang paling efektif dalam peningkatan produksi dan produktifitas hasil tangkapan. Alat tangkap trawl mulai dikembangkan di Indonesia sejak tahun 1960-an, baik pada nelayan skala kecil maupun skala industri. Akibat belum adanya sistem pengelolaan trawl yang baik, alat tangkap tersebut telah memberikan tekanan besar terhadap kelestarian sumberdaya ikan. Disamping itu keberadaan trawl juga di Indonesia ternyata menganggu keadaan nelayan tradisional yang merasa dirugikan sehingga menyulut protes yang keras pada masa itu. Pemerintah selanjutnya menerbitkan Keppres RI No. 39 tahun 1980 tentang Pelarangan Alat Tangkap Trawl di Perairan Indonesia. Demikian disampaikan menteri Kelautan dan Perikanan, Freddy Numberi saat membuka workshop “Pengurangan Dampak Lingkungan melalui Introduksi Teknologi Alat Pereduksi Hasil Tangkapan Sampingan dan Perubahan Pengelolaan Trawl di Indonesia” di Hotel Mercuri, Ancol Jakarta (18/3).

Namun demikian, pelaksanaan Keppres tersebut tidak berjalan secara efektif, dan keberadaan trawl tetap eksis dan justru berkembang dengan cepat, baik pada skala kecil maupun industri. perkembangan selanjutnya cenderung memanipulasi nomen-klatur nama alat tangkap yang secara teknis termasuk dalam kategori trawl misalnya dengan menggunakan istilah “ pukat ikan”, “ pukat hela”’ dan sebagainya. Hal ini dilakukan sebagai salah satu upaya untuk memperoleh legalitas formal. Tidak jelasnya pelaksanaan peraturan mengakibatkan terjadinya illegal fishing, dan bila terus dibiarkan diyakini dapat merusak kelestarian sumberdaya ikan dan menimbulakan konflik horizontal di tingkat nelayan.

Berdasakan kondisi tersebut, Departemen Kelautan dan Perikanan (DKP) melalui Direktorat Jenderal Perikanan Tangkap telah berupaya untuk mengatasi masaalah tersebut. Salah satunya adalah melakukan kerjasama dengan lembaga dunia seperti Food Agricultural Organization (FAO) melalui kegiatan workshop ini untuk dapat memecahkan isu-isu lokal maupun internasional tentang perikanan, yaitu: keberlanjutan aktivitas penangkapan, kompleksitas aktivitas penangkapan, kesejahteraan nelayan, pemanfaatan yang berkeadilan, dan pengelolan bersama dengan memberdayakan kearifian lokal dalam pengelolaan SDI. Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan No.Per.06/MEN/2008 tentang Penggunaan Alat Penangkapan Ikan Pukat Hela di Perairan Kalimantan Timur Bagian Utara. telah dalam rangka optimalisasi pemanfaatan sumberdaya ikan secara lestari, meningkatkan kesejahteraan nelayan, dan memperkuat keberadaan masyarakat nelayan di Perairan Kalimantan Timur bagian utara pertimbangan utamanya adalah untuk pemanfaatan SDI dan penggunaan alat penangkapan ikan di wilayah perbatasan.

Beberapa hal yang diusulkan sebagai alat pengelolaan perikanan trawl antara lain meliputi : skema insentif dan disinsentif, ijin pengangkapan ikan , musim terbuka dan musim tertutup, sistem perwilayahan, rasionalisasi upaya penangkapan ikan, penegakan pengurangan by catch, pengkayaan stok dari spesies target, kawasan perlindungan untuk asuhan ikan muda, pengaturan ukuran mata jaring, pengelolaan konflik, pelaporan hasil data tangkapan, penempatan observer di kapal, praktek penangkapan ikan yang berorientasi pada kualitas, penanganan dan pengolahan hasil tangkapan sampingan, peraturan lokal dan nasional, perjanjian internasional dengan negara tetangga, pemantauan pengawasan dan pengamatan lapangan sertamengelola nelayan skala kecil.

Jakarta, 18 Maret 2008

Kepala Pusat Data, Statistik dan Informasi

ttd

Dr. Soen’an H. Poernomo, M.Ed.

One thought on “UPAYA DKP MENANGANI TRAWL

  1. Hii..

    Thank you for giving me some information about trawl.Trawl is fisheries equipment of not be operation again but it is good net as could be used for kindness of environment and also useless to fishermen.Why don’t us made the trawl net a new discovered in kindness of environment??

    By the way,i wished found out about trawl net (fishnet) journal as my literature.Please,contact me to my email m_pangihutan@yahoo.com self.I said thanks gratefully for helped and attention…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s