DKP Tangkap Lagi 29 Kapal Ikan di Perairan Papua


01/04/08 – Info Aktual: IUU Fishing

Kapal Pengawas Perikanan Hiu Macan 004 milik Departemen Kelautan dan Perikanan (DKP) baru-baru ini berhasil menangkap 24 Kapal Penangkap Ikan di sekitar perairan laut Timika, Papua. Dari jumlah tersebut, sebanyak 22 buah kapal penangkap ikan berbobot rata-rata 100 – 300 GT. Dua lainnya merupakan kapal pengangkut ikan, masing-masing berbobot 900 GT dan 2600 GT. Dari seluruh kapal yang tertangkap, berhasil diidentifikasi sejumlah ABK asing masing-masing sebanyak 209 ABK berkewarganegaraan Taiwan, China dan Vietnam. Selebihnya yang 309 ABK berkewarganegaraan Indonesia. Dari data yang diperoleh, dari 24 kapal ikan yang tertangkap, berhasil ditemukan sebanyak kurang lebih 1200 ton ikan dari berbagai jenis. Dari jumlah tersebut, diperkirakan Negara dirugikan sekitar 1,5 milyar rupiah

Masih di seputar perairan Papua, tepatnya di Merauke, Kapal Pengawas Hiu Macan 001 juga berhasil menangkap 5 Kapal Ikan berbendera asing dan berbendera Indonesia denga rata-rata berbobot 116 GT hingga 330 GT. Dari kelima kapal yang tertangkap, 2(dua) kapal berbendera Indonesia tertangkap di wilayah ZEEI, dengan pelanggaran alat tangkap yang tidak sesuai dengan ijin. Sedangkan 3 kapal ikan lainnya merupakan kapal asing (China) tetapi tidak dilengkapi dokumen resmi, tertangkap di perairan pedalaman Yos Sudarso, dengan pelanggaran tidak memiliki SIPI dan SIUP. Dari 5(lima) kapal tangkapan ini berhasil ditemukan sebanyak 235 ton ikan dari berbagai jenis. Kelima kapal perikanan tersdebut kini telah di ad-hock di pelabuhan perikanan setempat. Dengan demikian, pada akhir Maret 2008 saja, DKP berhasil menangkap 29 Kapal Ikan di perairan Papua.

Berdasarkan catatan Ditjen P2SDKP, dari 24 Kapal Penangkap Ikan yang tertangkap di perairan Timika, ada beberapa pelanggaran yang dilakukan. Pertama, sebanyak 17 kapal melakukan kegiatan transhipment (bongkar muat) di tengah laut ke kapal pengangkut. Kedua, terdapat 1(satu) kapal lainnya melakukan pelanggaran SIPI. Dalam surat tertera kapal tersebut terbuat dari kayu, tetapi faktanya kapal tersebut terbuat dari besi. Ketiga, sejumlah 15 kapal pengangkut dan penangkap ikan juga melakukan pelanggaran karena tidak memiliki izin pendaratan di pelabuhan perikananTimika. Keempat, satu kapal lainnya melakukan pelanggaran pada izin alat tangkap, dimana pada surat ijinnya hanya satu alat tangkap ikan, faktanya terdapat lebih dari satu alat tangkap.

Ditjen P2SDKP juga mencatat bahwa operasi pengawasan yang dilakukan DKP hingga akhir Maret 2008 oleh kapal pengawas DKP, telah berhasil menghentikan dan memeriksa sebanyak 333 kapal, dimana 98 diantaranya diduga melakukan tindak pidana perikanan dan telah di ad-hock ke pelabuhan/pangkalan perikanan. Kapal-kapal tersebut diantaranya terdiri dari 60 buah kapal ikan Indonesia dan 38 buah kapal ikan asing. Kini ke 98 kapal tersebut telah diperiksa lebih lanjut. Dari data di atas kerugian ekonomi Negara dapat terselamatkan mencapai Rp.234,0436 milyar, yang terdiri dari penyelematan PHP sebesar Rp.18,424 milyar, penghematan BBM senilai Rp.12,6812 milyar serta penyelamatan terhadap sumberdaya perikanan sebesar Rp.202,9384 miliar.

Perlu diketahui, bahwa pada awal Januari 2008, Ditjen P2SDKP juga telah memprakarsasi dan menyusun Standard Operasional Prosedure (SOP) penyidikan tindak pidana perikanan yang ditandatangani oleh Ditjen P2SDKP, POLRI dan TNI-AL. SOP tersebut kini digunakan oleh aparat penyidik PPNS Perikanan, POLRI dan TNI-AL) guna menyeragamkan penanganan tindak pidana perikanan.

Dalam rangka meningkatkan penanganan pelaku IUU Fishing, khususnya ABK asing yang ditangkap, hingga tahun 2008 Ditjen P2SDKP bekerjasama dengan kantor Imigrasi dan Deplu telah mendeportasi sebanyak 256 orang ABK asing non-justisia terdiri dari : ABK Vietnam sebanyak 132 orang, Kamboja sebanyak 103 ABK, dan Thailand sebanyak 21 orang ABK. (mh)

Sumber: Humas Ditjen P2SDKP

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s