jenis umpan mancing


Umpan

Umpan adalah bagian dari alat pancing. Umpan berfungsi untuk menarik perhatian ikan sasaran sehingga ikan tersebut tertarik untuk memakan atau mengigitnya.

Jenis-jenis umpan mancing

Umpan dapat dibagi dalam 2 kategori besar, yaitu umpan alami dan umpan tiruan.

  1. Umpan alami (bait) adalah umpan yang sama atau secara kimiawi mirip dengan makanan ikan tersebut di habitat aslinya. Umpan alami dapat berupa cacing, udang, ikan, cumi, pelet, umpan esence dan sebagainya.
  2. Umpan tiruan (lure) adalah umpan khusus untuk ikan-ikan predator baik air tawar maupun air laut yang dibuat sedemikian rupa sehingga bentuk dan gerakannya menyerupai makanan alami ikan tersebut di habitat aslinya. Beberapa tipe umpan tiruan meliputi  :  minnow, popper, metal jig, konahead, spoon, crankbait, stckbait, spinner, jig head, soft plastic lure, sabiki (kotrekan), feather jig,dll.

dari : fishyforum.com/wiki

217 thoughts on “jenis umpan mancing

    • klo cara yang pernah aku coba dan berhasil sngt memuaskan……untuk ikan nila merah lebih baik pke cacing merah,yang bisa kita dapetin di dalam gedebok pohon pisang yang sudah membusuk.Kmudian untuk nila biasa;coba pake lumut aja…..tp jangan lumut yang dijual di jalan tapi cari sendiri di sungai,cari lumut yang baunya agak wangi jangan yang kecing,atau bau agak busuk……dijamin mancing anda akan terasa mengasyikan…selamat mencoba……..tq mancing mania.

    • Untuk mamancing ikan nila coba pake Pur Pakan Ayam di campur Biji sawit yang gerus halus, pake sedikit Vanili makanan, di adon sampe seperti kue…,
      Nah kalo untuk kaper mudah pake aja ulat bambu…., bisa di pastikan hasil tangkapan nya besar2…, selamat mencoba

  1. kalo mancing kerapu coba aja pake udang (hidup/mati) mas wendy……udah pernah saya coba hasilnya memuaskan…tinggal tergantung sama arus bawah lautnya aja…biasanya kalo arus bawahnya kuat kerapu kurang bergairah nyamber umpan………..
    Kalo ada info yang suka mancing di laut bisa ikut gabung …….? sekedar info saya tinggal di sby….kalo ada temen2 yang berminat mau mancing di laut bisa kontak2 ok………..?

    • wah seru ni kyaknya dunia permancingan…. ni aku da mo nambain sikit mank kl kerapu, tokak, mentimun de el el kyaknya pake udang udah mujarab bnget, tp mungkin kalo da yg minat kakap merah lebih dominan suka cumi yg ukurannya agak kecil, nah skrang kan dah mo dekat bulan 7 nah pada musim ini tu si ikan tarap dah sgede +/- 4 kiloanlah trus tuk umpan yg top margotop pake kepiting yg pantai ukuran sedang, tp ingat tali ma mata kail hrs gede…. oiya hari minggu ney 7/6/09 kami nak turun ke laut da yg minat..? kalo ada silahkan datang trus gabung, lumayan sey dapetnya 1 hari dari pagi jam 9an hingga kira” jam 7 malem perorang bisa bawa plg min 12 kiloan ikan laut campur…. tao mgkin da yg mao tukar pengalaman mancing boleh juga lewat hp 0778 – 9102686 matur suwooooon

      • klau ditempat saya kerapu atau kakap merah,biasanya sih pakai tongkol’ dipotong2 kecil2 tapi nanti aku mau coba,pakai cumi dan udang ,semuga berhasil,makasih infonya karna aku mau macing tanggal tiga bulan tuju ini ……

    • Opik saya dah ngerasain sendiri….pada dasarnya ikan kerapu itu jenis ikan predator…jadi yg paling baik umpan itu harus bergerak…..hanya begitu di samber harus cepat di gentak…kalau tidak umpan bisa di lepas lagi….nah kalau untuk sembilang gak ada yg lebih baik yaitu keong sawah kupas ( keong mas ) yg di simpan dalam botol tertutup dan di busukan 3 hari…..cuma baunya gak tahan…..pilih bau apa dapet ikan…..anda yg mutusin.

  2. umpan apa sih yg bagus jitu untuk mancing ikan gabus di danau?????
    soalnya gw bingung uda memakai berbagai umpan tetep aja susah dapetinnya….
    tolong dong kasih tau jg dong trik yg bagus untuk mancing ikan gabus???
    thank’s ya

    • Coba aja pake umpan kodok/katak hidup tapi yg ukurannya kecil atau sedang kalo ga pake udang yg sudah dikupas kulitnya juga ikan gabus masih suka menyambar.

    • mancing ikan danau atau ikan yang saudara maksud yaitu gabus, mudah caranya

      1. cari umpan di danau itu, biasanya udang yang paling gampang.
      2. tancapkan udang di punggung dan jangan tembus ( biarkan hidup )
      3. mancing gosor aja
      4. bikin pancing di benang sebanyak 3 kail aja dan kasih umpan udang yang hidup 33nya, biar milih ikannya.

      di jamin ikan pada nyamber, jangankan gabus ikan yang ada disitu pasti kena.

      selamat mencoba

    • Kalu pengalaman saya mancing ikan gabus di rawa/ di danau umpanya ikan kecil (ikan sepat) yang masih hidup sangkutin aja di punggungnya, selamat mencoba….

    • biasanya ikan gabus mencari makan dengan mengejar makanan yg ada di permukaan air…coba pake katak hijau yang seukuran dengan kail, pake senar yg pendek ( cukup 1 mtr ) jangan mancing dasar …posisi umpan usahakan tepat menempel di permukaan air, sehingga katak bisa bergerak dan menimbulkan riak di air….selamat mencoba……

    • waktu mancingnya harus pagi atau sore jangan siang,& pakai umpan jangkrik/anak katak, setelah pancing dilempar ke spot yg diinginkan lalu gulung agak pelan.

    • eh.. enak aja.. gini2 kami ikan predator lho. mana mungkin mancing kami gampang. sekarang kami ndak mau pake kodok, ndak mau pake tipu daya lainya. kami mau di pancing pake duit!!!

      itulah setidaknya komunikasi yang pernah saya lakukan dengan salah satu ikan gabus di sungai deket rumah.

      tapi kemudian ada yang bisikin saya lagi.

      “boong tuh ikan, coba pake entung gedhang (kepompong yg ada di pohon pisang)” dan kemudian aku coba deh.

      dan ternyata, entung gedhang lah jawabanya!!!

      selamat mencoba!

      nb: tergantung niat dan keseriusan anda bukan hanya skil dan alat pancing bagus.

    • kalo aku mancing gabus pake umpan kodok yg ukuran sedang.bagi yg gak ke buru nyari kodok,,enaknya pesan dulu dipasar 1 hari sebelum memancing.dan kalo gak ada kodok….mancing gabus bisa jg pake umpan cicak yg ukuran gede..cara pasang umpannya:(1)kail masuk ke mulut cicak hingga tembus (2)setelah tembus,kail dikaitkan di punggung cicak (diatas kaki belakang cicak) (3)usahkan ekor cicak jgn sampe lepas.(4)selamat mencoba broo…………

    • mancing gabus pake kodok sudah biasa….coba deh pake anak ikan Mas hidup yg ukuran 2 sampai 4 cm ..kailnya di ekor supaya hidup,..kalau untuk gabus kecil..bisa pakai keong Mas ..tapi ug dipakai bagian yg lunaknya saja…..nah selamat menikmati tarikannya. ma nyussss

    • umpan popping sebenarnya bisa juga, hanya biasanya ikan gabus mencari makan pada malam hari. soo kyknya yang paten harus di teger ( bahasa sunda )….

  3. mo umpan bagus ada tuh. gini terserah mo percaya pa ngga soalnya ini resep dari karuhun saya, ” Kalo ada Anjing Hitam yang mo kawin diintip dulu diperhatikan, anjingnya kawin harus tengah hari bolong pas jam 12:00 pas udah menyatu kan biasanya kalo lagi berhubungan suami istri nggak bisa copot, dekati anjingnya belai kepalanya dua2nya harus dibelai, kemudian bilang sambil berkata ” Maap mbah saya minta ujung ekornya boleh nggak..? Kalau anjingnya diam berarti dia nggak keberatan. “, ambil pisau langsung potong ujung ekornya. Ujung ekornya harus dibawa waktu mancing, dioleskan ke umpan ikan yang mau dipancing. Selamat mencoba

      • Kampreeettttt…..jadi mancing ngga….Digigit anjing iyeeeee……….aya aya wae eta barudak….ada lagi yg lebih bagus…cari pengantin baru…ikutin sampai ke rumah…nah pas malam pertama jam 24.00….(udah jam nya asik asik )….ketok pintu rumahnya…..tanya sama si mempelai pria….mas..mas…nanti kalau ML…..tolong dunk kalau crot….crot yg pertama buat saya….buat umpan mancing neh….bole ya mas…….mudah mudahan di kasih….ya kalau ngga….mudah mudahan sih ngga di teriakin maling…………

      • pengen umpan manjur…..bangenan? cari jembut ( maaf bulunkemaluan wanita nakal,tnp kt hrs berhubungan,ambil bulu jembut 7 lembar.masukan ke pahul/tangkai joran pas malam selasa.dijamiiiiiiiinnnnnnn…..bukan lelucon mas.ingat jgn sampai berhubungan dgn psk tsb,bayar bulu jembut nya aja.cara merayu tergantung kalian…

  4. Saya pemancing air tawar(kolam/empang)..tolong dikasi tahu cara membuat umpan untuk ikan mas pada daerah dataran rendah air keruh.umpan di pakai pada sore hari…trima kasih

    • lam kenal..kl aq mancing di air tawar pk umpan udah jd aja mas beli di tukang pakan burung tp di olah lagi,pk campuran ikan mujair yg di rebus di ambil dagingnya,telor bebek,susu dancow,terigu secukupnya,pindang tongkol,santen atau kara semuanya di aduk jd satu br di kukus….. mudah2han mujarab by ape….

    • kalo mancing ikan mas resepnya
      1 jagung muda 200gr
      2 ketela madu 150gr
      3 keju 100gr
      4 pakan ayam(pokpan/sentrat) 100gr
      5 1 butir kuning telur asin yang suda matang
      6 kroto secukupnya
      cara pengolahan yaitu biji jagung muda dikukus dengan ketela madu setelah setengah matang dikasi keju trus dikukus lagi hinga matang terus haluskan pakan ayam. kalo suda campur semuanya dengan kuning telur asin yang suda matang. trus bentuk butiran-butiran buat umpan sedangkan untuk krotonya buat lapisi permukaan butiran-butiran tadi yang suda dibentuk

  5. slm knl…saya rencana besok mau ikut lomba mancing ikan mas tapi bukan lomba galatama, untuk para senior tolong dong kasih resep umpan yang jitu dan kalau bisa jenis umpan yang tidak pake bahan yang aneh2 (bahan yang mudah dicari) sekaligus cara membuatnya,thanks untuk semua informasinya..

  6. hai tolong dong… kasih saran buat aku klo mancing di tambak.
    di tambak ada 2 jenis ikan yaitu mujaer dan bandeng.supaya aku bisa dapat ikan dua 2 nya
    apa yang harus aku lakuin:
    * umpan apa?
    * pancing harus gimana?
    thanks ya sebelumnya

    • untuk memencing mujaer ato ikan bandeng pakai cacing merah kemudian pakai pancing yang berukuran 7 jangan terlalu besar, uat rangkaian pemberat di bawah dan pancing direnteng minimal 3 . usahakan umpan menutupi sumua bagian kail. gunakan senar yang sangat kecil dan bening

  7. Salam utk Teman-Teman Hoby Mancing,….
    Saya pemula baru dibidang pancing-memancing (ikan).
    Tolong dong, saran Anda utk mancing “Baronang” pakai umpan apa yg tepat ?
    Ukuran mata pancing nomor berapa ?
    Utk Anda ketahui, rumah saya sekitar 50 meter dari pantai (Teluk Kendari)

    • soryy gue orang baru, minta penjelasan sedikit..
      pake lumut gimana nyampurnya? kalo pas masuk air lumutnya
      bisa bertahan ndak barang 5 menit apa ndak larut ke air

    • klo utk mancing ikan lele coba aja pake telurnya ikan lele, caranya cari ikan lele yg bertelur trus ambil telurnya jgn sampe kena air kemudian masukkan telur itu d plastik dan d ikat yg erat. masukkan telur yg d plastik itu ke dlm air yg sudah mendidih dan jgn sampai terlalu matang, klo mau d pake mancing telur ikan tsb d potong2.

  8. Sy lg pnya hoby br mancing di sungai neh…
    ikan kecil2…bader, wader dll tapi sekarang air dah bening. ikan gabus banyak tapi susah mancingnya. umpan yang oke apa ya? trus kalo kondisi air bening ap mau nyambar?
    saya suka kasian kalo pake umpan hidup…..kalo di jogya yang jual umpan tiruan dimana ya?

    • Buat mancing gabus pake cangcilung aja mas gampang, murah ( Rp. 1.500 / bumbung bambu) dan banyak dijual ditukang2 pakan burung. Pake kail yang rangkap 3, pelampung dan pemberat kecil, kail jangan terlalu besar. kalo siang hari gabus galak pada jam 7-10 kalo malam 3 jam setelah gelap, diluar jam2 itu sih tetap potensial tapi seringnya jam2 segitu. dijamin gak bakal boncoss……..goodluck !

      Fishing: makes u patient when wait, fight when strike and grateful when u catch a fish.

  9. kalo angin di pelabuhan lumayan gde,,bgus ga wat mancing??
    setting pancingan yg bagus buat di pelabuhan/di tepi laut tuh gmn sich??

    • Kalo ditempatku biasanya pake mbes,apatuh??
      kepiting sungai yang masih muda( istlah surabaya “gembuk)kepiting yang kulitnya lunak ,biasanya lagi mo bertelur ato apalh
      biasanya adanya dilubang kepiting yang ketutup tanah yang udah lama (kering) tapi ati2 kao ambil soalnya di dalem lubang ada 2 ekor kepiting,yang jantan keras ..bisa ” nyapi” nah yang diambil yang betina.

      • atau bisa juga pake anak katak yang masih kecil ( precil)..bisa juga pake orong – orong atau ikan sepat yang masih kecil

    • caranya kasih umpan katak kecil yg msh idup trus tancapkan pancing anda n umpan diatas air -+ 3-5 cm diatas permukaan,kl memang gabusnya ada di daerah itu n pas laper pasti disambar.ini pengalaman sy di papua.mat mencoba.

  10. Salam buat semua pemancing seindonesia,oh iya bro… Kebetulan sy ada pengalaman mancing baronang.U/umpan sy gunakan tepung beras ketan yg dikukus hingga padat dan kenyal and u/ukuran kailnya sy pki no.2.Okey bro slamat mencoba

  11. Salam bwt sluruh para pemancing mania di indonesia.

    Aq dl pernah nyoba pake umpan belut bakar/rebus bwt mancing lele.. Dan akhirnya aq dpt juara 1 di lomba itu dg berat ikan 2,9 kilo.

  12. saran nila mania. . sebelum buang bom lumut lebih dulu tebar npk pupuk tanaman. berikut baru bom lumut. campuran u lumut sedikit garam dan panili untuk lumut jenis rambut, u jenis lumut halus sama aja. cuman bila cuaca terik berlah essen pandan atau melon. bila ikan sudah kumpul besar atau kecil. lemparkan satu gayung cuka yg biasa buat bakso di area pancing. dijamin yang kecil minggir tinggal super jumbo semua. semoga bermanfaat. salam strike.. TERBUKTI

    • coba pake mentimun dipotong kotak…jangan terlalu besar seukuran dadu agak besar dikit…jangan bagian tengahnya tapi bagian tepi yang berwarna putih……..dijamin langsung disamber….selamat mencoba.

  13. @ mancing mania semua

    lam kenal, aq pendatang baru disini. tinggal di sidoarjo; untuk pemancing mania(surabaya+sidoarjo+pasuruan dsk) yg suka kelaut, boleh dong sekali waktu kita tukar pengalaman lewat darat ? thanks

  14. Tips buat para mancinger yg sdh beristeri.
    Jika hendak pergi mancing lihat dulu posisi tidur istri ;
    Jika miring ke kiri berarti anda hrs menggunakan tangan kanan melempar pancing.
    Jika miring ke kanan berarti anda hrs menggunakan tangan kiri.
    Tips ini berdasarkan pengalaman dan testimoni dari beberapa mancinger, hasilnya bisa diandalkan.
    Semoga Tips ini juga bermanfaat buat anda.

  15. tgl 11 oct 2009 ne aq ikut lomba mancing jenis ikan lele,kl bro bro semua tau jenis umpan yg paling jitu apaan ya??ks tau ya pls

  16. aku mancing ikan nila tapi umpan pakai lumut batu/gombong, dan lumut air yang bagus yang bagaimana sih tolong dong, dan kondisi yang bagiman kalau terlihat bahwa di dalam air ada ikannya, dan posisi berapa meter kira2 ikan Nila berada ? terimaksih

  17. nih aku punya pengalamam , yang paling ampuh untk umpam lele galatamaan atau kolam biasa . anda bisa menggunakan umpan, namannya keleper. anda bisa cari di derah cirata atau jatiluhur atau danau yang lainnya . yang didanau tersebut ada yang memelihara ikan di kolam apung yang dibawahnya ada bantalan busa atau stropom, atau dibawah rakit busa tersebut sudah lapuk dan bolong – bolong anda tinggal potong atau belah didalamnya banyak keleper.

    caranya keleper yang hidup anda kaitkan diujung kail lalu lempar selamat mencuba, pasti puas.

  18. Mancing gabus….. Tinggal pake anak ikan mas tancap kail agak dekat dgn ekor. Ingat ikan mas jgn sampai mati. Pakai kail ukuran 5. Kalau mau tau lokasi gabus indukan lihat dan cari anak gabus yg berkumpul lempar umpan anda ke tempat kerumunan anak gabus, pasti langsung disambar. Logika : induk melindungi anaknya bila ada penyerang. Makanya ikan mas jgn sampai mati biarkan dia berenang bebas.

  19. saya paling suka mancing dan hampir tiap minggu pergi mancing ke laut belawan sama anak2 sambil melatih mereka gmana mancing yang baik tetapi saya selalu kesulitan menemukan metode umpan yg bagus untuk kerapuh selain udang,tlng bantu saya bos……..

  20. gabus termasuk ikan predoator apalagi ia punya anak yang masih kecil – kecil, dan umpannya mudah didapat Yaitu, Katak Kecil, Jangkrik, kecoa, cacing , cecak untuk gabus besar dll, umpan sebaiknya di dalam air masih hidup yang gunanya untuk memancing gabus mendekat dan memakan umpan.
    silahkan mencoba.

  21. Slm knl buat mancing mania NKRI.. Aq biasa mancing d dermaga tlk.bayur(pdg), skrg mo nyoba mancing d sungai. umpan palsu yg bagus tuk predator sungai apaan bro.. Tlng d ksh saranya d tnggu.. Tq

  22. umpan mancing ikan kakap yang ampuh apa ya..
    kmaren aku mancing pake anak ikan belanak, pake senar 40 + kail no 9…ternyata senarnya putus…

  23. ada tempat mancing bagus nih … di segitiga ranu, lumajang jawatimur. tepatnya ranu klakah . ikannya nila sama ikan gabus gede2 yg beratnya bisa mencapai 4kg. sekarang lagi makan2nya , umpan unk nila simpel : lumut, cacing,udang kecil.. tapi paling top lumut. disana udah ada yang jual. tapi untuk ikan gabus umpannya aku gk tau soalny blom pernah dapet

  24. umpan mancing bandeng menurut pengalaman :
    1. roti tawar ditambah dengan katulampa ditambah ecin sari nangka.
    2. roti coklat ditambah katulampa ditambah vanilly bubuk
    3. biskuit crispi ditambah katulampa.
    selamat mencoba . . . .
    pasti okeeee………….

  25. tips mancing ikan emas menurut pengalaman :
    1. super deho + deho kaleng + umpan kodok
    2. sarden dibuang airnya, cuci campur dengan pelet.
    3. jagung manis, keju, deho kaleng diolah menjadi satu dibungkus dalam alumunium foil, dikukus selama 1 jam.
    selamat mencoba……….
    pasti okeee………..
    ada yg punya tips lain yg lebih ampuh….????
    bagi-bagi yaaa………..

  26. halo mancing mania,,,,,,,,,,,
    anda punya pengalaman bagaimana umpan yang ampuh untuk mancing ikan patin…???
    bagi-bagi tipsnya bro………..

  27. lam kenal dan saya pengen bergabung ama maniak mancing semuanya…………..tolong donk minta saran umpan yang paling bagus buat lele galatama……sebab aku hampir gak pernah dapat yang namanya juara

  28. Saya nak pi memancing di Kelong minggu depan…

    Sapa-sapa boleh bagi tips tak, umpan apa boleh digunakan disana…

    Masa yang sesuai untuk memancing di sana..

    Trima kasih

  29. hai maniak pancing seindonesia salam kenal…..
    aq mau nanya umpan ikan kakap+ikan Karapu+ikan Baronang Selain udang apa…..

  30. Klo mau mancing ikan gabus umpannya pke kpiting kali,sawah yg baru ganti kulit dagingnya lembek tggl di potong2 dijamin tokcer,,

  31. buat mm semua silakan coba mancing ikan blida(sejenis arwana)di setu babakan Jagakarsa lumayan kalo dapat di bayarin 200ribuan lho welcome strike gosor

  32. Bro gw msh bingung dgn cerita disitus ini krg jelas!!gw tinggal ditangerang dan suka mancing dibagan pinggil tlg dibantu utk mancing sembilang dan kuro umpan yg bgs apa?dan utk kakap putih batu sering loncat,tlg di utk senar dan kail dan yg murah tq

  33. coba mancing ditanah kampung pasti suru deah ,dapat ikan gabus dg ikan betok….asyik deah…………..mau umpan yang bagus!!!!!!yaitu anak bayi yang baru lahir bener ,, ambil mpon nya ,, lalu pasang deah jadi umpan;…pasti nggak dimakan ikan,,,,!karna mpon nya busuk!!!!!!!

  34. BOLEH PERCAYA ATAU TIDAK..
    saya pemancing baru dan alat pancing yang saya gunakan adalah alat pancing termurah di toko, joran seharga 5 ribu, senarnya seribuan/50 meter dan pancingnya juga gak bermerek, tapi hasil yang saya peroleh tiap kali mancing di sungai apa waduk selalu memuaskan. yang terakhir dapat ikan jambal (sejenis patin sungai) 7 kg dengan umpan bakwan goreng. pernah juga dapat kuthuk/ikan gabus 4kg di waduk dengan umpannya pelet
    dari sini saya mikir, yang terpenting dari mancing itu adalah KEBERUNTUNGAN. hehe

    • ya emng sih ada faktor keberuntungannya,,,,,tpi coba aja mancing pake umpan kertas atau kaca…ntar gak dapet ikannyaaa hehehehehe(kidd)

      pake Umpan bakwan emang baguss kogg,pasalnya tiap hareee bapakku mancing pke bakwan juga dapet teruuss,,,!!!yg terakhir dapet Braskap -< 5kgan

  35. Salam Strike!!!!

    Saya pemancing daerah sungai Bali!
    boleh minta saran ga tentang umpan jitu untuk mancing ikan kecil sejenis melem, dan umpan untuk udang air tawar? mohon sarannya!!

    • umpannya pelet saja mas, cuman kasi pancing kecil yang warna emas no 0.5. biar bagus, pasang 2 pancing baru swipel. Nah umapn pelet dipasang di swipel, pas ikan nyamab umpan, nanti ikan lain nyambar rontokannya, buktikan saja mas.

    • @reza pakai daun pakis yang biasa tumbuh ditepi sungai atau orang bali bilang daun paku kalau udang pakai cacing tapi mata kail khusus udang

  36. hai, saya pemancing pemula dan saya ingin tahu umpan yang tepat dan benar-benar jos….. untuk ikan belidak, tapah ( ikan air tawar ) apa ya ?

  37. menurut saya umpan yang baik untuk semua jenis ikan adalah udang hitam yang di dapat dari lumpur tambak coz mengandung banyak sekali aroma udang yang bisa merangsang penciuman ikan

    • salam kenal dari pengalaman saya mancing toman paling mantap pakai umpan anak ikan yang dikait dengan kail dipunggungnya lalu ditajur/teger kakau di waduk pakai daging ayam slmt mencoba?

  38. utk teman2 didaerah timur indonesia khususnya,tolong jgn pakai nama2 ikan dr daerah dong…..kita bingung ni….pakai nama nasionalnya aja karna “LAIN LADANG LAIN BELALANG BRO”…………mubara tu nama KERENNYA “J T”…..buat mas prodjo ……………hehehehehehe..aku 100% ndak percaya

  39. TIPS MANCING IKAN PATIN/JAMBAL/PANGGASIUS
    1.ROTI TAWAR
    2.ESSENSE RASA PANDAN
    3.TELUR ayam yg tdk menetas ( kemlekeren_red Bhs Jawa )
    4.SODA KUE
    CARANYA :
    *- roti tawar 5 lbr + essense 2 tutup + telur ayam 1 btr + soda 1 sdm.
    lalu ambil ikan patinnya dan masukkan adonan tsb kedlm mulutnya dan kaitkan mata kail dibibir ikan patin,lalu lepas ikannya kedlm air…………………..pasti lgsg dpt……………….hehehehehehehehehhehehe…………………….SELAMAT MENCOBA BRO……………..

  40. bagi teman2 yg hobby mancing khususnya batam, bagaimana kalo kita sama2 pergi mancing di batu putih ( lampu putih ) perbatasan….katanya disana ngk pernah mengecewakan… bagi yg berminat silakan hub saya di 081372775430….. hidup pencinta pancing

  41. slm mancing mania..
    Umpan mancing air tawar:
    bhn2_
    singkong,pwrna(kuning) dan daun pisang.
    Cr mbuat_
    haluskan singkong yg sdh dikupas kltny dgn parutan,
    stlh hls cmprkan pewarna sckpnya & aduk smpai rata..
    Kemudian bngks singkong td dgn daun psng lalu dimasak dgn cr dikukus.
    Saat memancing umpany dipotong2 dan menggunkan kail yg byk(5-10 stiap satu umpan).slmt mencoba

  42. betul..betul..betul..saya cocok dgn mas prodjo..dewi fortuna no1 dlm dunia mancing baik galatama maupun cari ikan liar

  43. Klo mau mancing ikan lele, gabus n betok pake jangkrik hidup, yg az,,,,, sama pake laba2 sawah, d jamin maknyus…. he,,he,,,

  44. Buat Abang2 di Surabaya……bagi info donk untuk mancing di Laut….n kalo ada Perkumpulan Mancing Laut baleh Gabung Nggak?????

    di tunggu Infonyaaa…….!!!!!

  45. yang gak suka mancing pasti selalu komentar “mancing cewek aja”, “mancing pakai uang”, “mancing kerusuhan”…

    woiii bosss kalau gak suka mancing ikan tuh ya jangan komen aneh²!!!!

    ndlogokkkk!

  46. salam mancing mania,..

    mau tanya kalo mancing bandeng,sebenarnya umpannya apa, ukuran kail nomor brp?dengar dari teman, katanya tarikannya asyik buangeet,..bener gak sich?soalnya selama ini sy mancing di laut terus.trims

  47. halo mancing mania,mo tanya nich, gue udah nyoba mancing ikan gabus pake jangkrik kok ga mau nyambar ya?apakah karna pengaruh air tambak?bilang orang kalo air laut masuk ikan ga mau nyambar.mohon pencerahan

  48. saya punya resep umpan untuk macing disungai terutama ikan semurup/lampam yaitu dapat dibeli di toko kue bilangaja beli kue donat tusuk bentuknya bulat tapi yang belum dikasih gula lalu dpipihkan kemudian digunting kecil -kecil persgi empat kemudian kaitkan kail pas ditengah potongan tadi hingga beberapa potong untuk umpan dasar, bahkan ikan lain pun mau umpan tersebut slmt cuba moga dapet……..ya

  49. Salam kenal smua mancing mania,saya mau tanya neh,senar yang bagus untuk mancing pake popper ukuranya berapa ya???karena kemaren saya mancing pake senar ukuran no.0.40 masih ja putus,padahal ikn sudah dipermukaan,thaks.Bagi para mancing mania yang ingin mancing di area Pulau NUSAKAMBANGAN dapat hubungi saya lewat Facebook saya atau Email saya.Dijamin hasilnya memuaskan bagi para mancing mania.

  50. gw mau tanya bro.klo mancing di air payau paling bagus umpan yg paling bagus ap ya….khusus ya ikan mangrove jack/ikan kakap putih….tareng kyu

  51. kasih yau dong resep umpan racikan yang jitu tapi gak ribet buat mancing ikan mas di empang yang kondisi airnya keruh..makasih

  52. lam kenal.mohon bantuan resep umpan galatama bawal dong. baik yang berupa ongol-ongol atau yamg lainnya. terima kasih bro

  53. Mau tanya para pakar MM,..umpan jitu mancing Betok/betik apa? pake joran lempar/tegek?…lokasi mancing rawa…dengan air yg bening dan banyak teratai…..

    thanks

  54. mo nanya, klw mcing bandeng yg oke pke apa ya, soalnya aku dah pake udang,cacing tpi ga mo makn juga….tolong dunk minta ramuan yg paling mujarab….thank bro….

  55. mohon bantuannya tuk penggemar ikan kelabau air tawar ,,,,,,. kasih tahu donk apa sih umpan yang mantap… buat ikan yang satu ini…. tks

  56. klo karper yg disungai bagusnya umpan apa gan???i dah hmpir ptus asa nih gak mau dmakan umpan yg udah braneka ragam…tulong dunkzzzzz

  57. kl mancing laut dalam umpannya bagus pake apa?…. untuk arah arus gimana liatnya??? bantu dong…. kedua kl lokasinya di tempat rumput laut ikannya ikan apaan///// umpannya apa ya

  58. mau diving jg bisa cm alatnya belum secanggih dikota besar, trumbu karangnya jg banyak kl ikannya lumayan banyak

  59. ikut nimbrung n tkr pengalaman bro , saya berada di batam . klu boleh tau gimana ciri 2 ikan nila bergerombol ?. masalahnya sy heran kadang klu lagi makan pakai lumut udah basipun di mkan trus . tapi klu lagi sial pakai umpan yg macam manapun emoh .

  60. sorry nih ada yang punya pengalaman mancing lele galatama gak?
    ane besok mau mancing .
    umpan yang paling ampuh apa ya,,, tolong pencerahannya

  61. “permisi mas” abang” smua pncnta mancing d’slu”rh indonesia,, nih dri toraja sulsel asli mah jawa barat, d’sni bnyk bngt euy lauk/ikan mas/tawes tp skrang” air ny keruh bnyak hjan, pke umpan ap yg bgus tuk sungai kruh tawes dan ikan mas,, tuk yg pnya resep ny ksh tau y,, trms,, slm mancing,,

  62. hai tman2 coba deh umpan gua khususnya pemancing ikan mas 1. jagung 5 butir 2, ubi jalar yang warna merah 3 butir 3. telur bebek 5 butir (kuningnya aja dimabil) 4. keju 100 gr 5. krot 6. bubur SUN rasa pisang.
    cara meracjik jagung, ubi di parut dan ubi yng sdh di parut diperas airnya lalu dicampur kuning telur, keju dan kroto lalu di kukus +- 30 menit dan jika umpan agak lembek campurkan bubur sun dan ingat jika mancing umpan harus di taruh di satu titik saja, ok bro para pemancing, semoga sukses

  63. sobat anda bisa di katakan sang penakluk lautan jika dah mancing d perairan laut pangandaran ciamis jawa barat dan dapet dari 5 biji ikan jiti

  64. lam kenal ,ancing mania…..gimana cara bikin umpan buat lele di koam,yang dah sering kena pancing…..alias lele yang dah trauma gitu….matur nuwunnn….

  65. ah yg benar umpan nya kok pade aneh gtu,aq bngung aj,cba cari yg mudah biar ngk susah buat nya,lau aq sih gampang buat nya,yaitu bahan-bahan ny adalah.pke kueh roti yg ada srikya,kacang tanah,am tlur asin kuning nya tlur d gabung menjadi satu udah itu d belender,tapi ingat pakai pancing parabola deh yg mata pancing nya 4.selamat mencoba.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s