Napoleon – KELUARGA BESAR WRASSE


Dalam dunia ikan, napoleon merupakan salah satu jenis dari keluarga Wrasse, ikan terumbu karang dengan varietas berkelimpahan. Salah satu karakter yang berbeda dan unik dari keluarga besar Wrasse adalah aksi berenang mereka yang mirip burung, dengan mengepak-ngepakkan sirip dada, mirip burung ketika terbang. Sirip dada mereka memang memanjang.

Keluarga besar ini beragam dalam bentuk dan ukuran. Panjangnya pun bervariasi dari cuma beberapa sentimeter seperti Cleaner wrasse sampai sekitar dua meter seperti si ikan napoleon eta. Keragaman mereka seperti sebuah kaleidoskop dengan variasi pola warna, bentuk, dan kekerabatan paling kompleks.

Ciri lainnya yang terdapat pada beberapa spesies Wrasse adalah bibir tebal dan gigi taring yang menonjol. Kebanyakan Wrasse memiliki warna utama cerah dalam pola campuran. Namun variasi warnanya sangat berbeda-beda di antara jenis kelamin dan anak-anak dari setiap spesies. Dalam sebuah kelompok, warna jantan yang dominan selalu paling mencolok.

Keluarga Wrasse merupakan penganut kuat perilaku bobok malam lebih awal dan bangun pagi paling siang. Beberapa jenis yang berukuran kecil tidur dalam liang pasir. Mereka happy memikirkan urusan sendiri saja, termasuk makhluk pemalu, tidak menguasai wilayah tertentu, dan cenderung berenang menjauh kala didekati penyelam.

dari : indomedia.com/intisari/2001/Okt

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s