Ekspor Ikan Cirebon 1,3 Juta Dolar AS


tribunjabar.co.id – Tribun Biz  
Sabtu , 09 Februari 2008 , 00:14:39 wib

Erwin Adriansyah

CIREBON, TRIBUN – Cirebon sudah sejak lama dikenal sebagai sentra penghasil ikan laut di tatar Sunda. Terbukti, pada 2007 ekspor ikan Kota Udang ini nilainya mencapai jutaan dolar AS.

“Berdasarkan data yang kami miliki, pada 2007 komoditi ikan yang diekspor Kota Cirebon nilainya mencapai 1,3 juta dolar AS.

Volumenya sebanyak 2.070,9 ton,” ungkap Kepala Seksi Perikanan Dinas Pertanian dan Kelautan Kota Cirebon, Dedi Supriadi, belum lama ini di Cirebon.

Dedi mengatakan, di antara sekian banyak jenis ikan yang menjadi komoditi ekspor hasil laut Kota Cirebon, ikan sontong dan kurisi beku masih mendominasi.

Menurutnya, ikan sontong dan kurisi menjadi komoditi ekspor terbanyak dari tiga perusahaan eksportir di Kota Cirebon.

Selama 2007, lanjut Dedi, ekspor ikan kurisi beku mencapai 375,5 ton. Sedangkan jenis ikan sontong, volume ekspornya mencapai 675,4 ton.

“Jenis ikan tangkapan laut lainnya yang juga merupakan komoditi ekspor di antaranya layur beku, remang beku, kembung beku, kambing-kambing beku, dan bawal beku,” bebernya.

Namun, lanjut Dedi, volume ekspor ikan sontong dan ikan kurisi pada 2007 lebih sedikit daripada periode 2006. Pada 2006, ungkap Dedi, volume ekspor dua komoditi hasil laut itu mencapai 3.795,5 ton.

Penyebabnya, jelas Dedi, pada 2006, ada empat perusahaan pengolah ikan yang berdomisili di Kota Cirebon dan mengekspor hasil ikannya, yaitu antara lain PD Jaya Sakti, PD Sakti, PT Sheraton Seafood, dan PT Pan Putra Setia. Akan tetapi, tahun lalu PT Pan Putra Setia tidak lagi tercatat sebagai pelaku ekspor ikan melalui Kota Cirebon.

Dedi mengaku kurang mengetahui alasan PT Pan Putra Setia berpindah lokasi untuk mengurus sertifikat ekspornya.

Berbicara tentang target tangkapan hasil ikan laut pada tahun ini, Pemerintah Kota Cirebon, melalui Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Cirebon, menargetkan peningkatan pendapatan asli daerah (PAD) Kota Cirebon.

Untuk sektor tangkapan ikan laut, Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Cirebon mematok kenaikan hingga 15 persen. (win)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s