Memancing ikan air laut


karir anda mentok, karena pendidikan tak mendukung ? lanjutkan kuliah di |

tempat kuliah paling fleksibel SARJANA NEGERI 3 TAHUN – TANPA SKRIPSI ABSENSI HADIR BEBAS – BERKUALITAS – IJAZAH & GELAR DARI DEPDIKNAS MURAH DAPAT DIANGSUR TIAP BULAN -terima pindahan dari PTN/PTS lain
MANAJEMEN – AKUNTANSI – ILMU KOMUNIKASI – ILMU PEMERINTAHAN

022-70314141;7313350 : jl. terusan halimun 37 bandung- utkampus.net


Pemancing sedang mengajar seekor ikan Marlin dengan cara memacing berjalan dengan sebuah kapal pancing (trolling)

Pemancing sedang mengajar seekor ikan Marlin dengan cara memacing berjalan dengan sebuah kapal pancing (trolling)

Memancing ikan air laut adalah kegiatan, olahraga, hobi atau salah satu cara menangkap ikan dilaut dan dilakukan mulai dari pinggir pantai hingga ke tengah laut dengan menggunakan bantuan alat pemancing ikan.

Di air laut, memancing ikan pada zaman ini dapat dilakukan dengan cara:

Selain itu kondisi saat memancing ikan di laut dapat dilakukan pada siang hari (dari pagi hingga petang) dan juga malam hari. Namun semua kegiatan memancing di laut kadang selalu tergantung juga dengan keadaan cuaca di sekitarnya.

Faktor Cuaca

Tidak setiap pemancingan ikan di laut selalu berhasil dengan baik. Saat memancing ikan dilaut, faktor cuaca atau faktor alam sangat berpengaruh pada hasil tangkapan. Faktor cuaca biasanya tergantung dari bermacam faktor.

Pemancing sedang berusaha menarik seekor ikan Marlin yang telah lemas ke sisi kapal untuk diangkat ke geladak kapal

Pemancing sedang berusaha menarik seekor ikan Marlin yang telah lemas ke sisi kapal untuk diangkat ke geladak kapal

Faktor Cuaca di atas permukaan laut

Matahari dan Bulan

Terik tidaknya matahari pada siang hari kadang mempengaruhi kegiatan ikan. Memancing yang baik adalah saat menjelang pagi atau subuh, dimana secara biologis ikan baru keluar dari tidurnya dan mencari makan. Diteruskan hingga siang hari teriknya matahari yang terus bersinar tanpa adanya mendung dan gelap.

Sedangkan di malam hari berpengaruh kepada ada atau tidaknya bulan. Pada malam hari memancing ikan yang baik adalah pada saat tidak ada bulan atau dengan kata lain pada saat tidak ada sinar. Karena air laut itu mengandung garam maka jika ada sinar bulan pada malam hari akan menyebabkan senar pancing yang ada di dalam air laut akan terlihat seperti menyala, itu diakibatkan karena adanya sinar atau cahaya dari atas permukaan air. Tetapi untuk memancing cumi-cumi atau udang lebih sering dilakukan pada malam hari justru disaat ada bulan adalah saat yang paling baik, karena hewan-hewan ini sangat tertarik kepada cahaya yang menyebabkan mereka mengumpul di permukaan laut disaat ada bulan. Itu sebabnya mengapa nelayan pada malam hari menggunakan lampu atau petromak untuk mencari ikan kecil, udang dan cumi-cumi.

Angin, Ombak dan Awan

Kecepatan angin juga mempengaruhi kegiatan ikan, karena besar tidaknya ombak adalah akibat dari tiupan angin. Dari tiupan angin akan mengakibatkan adanya ombak dan juga bisa berpengaruh kepada ada atau tidaknya awan. Jika memancing di tengah teluk yang curam disaat ombak besar ikan-ikan yang lebih kecil biasanya akan menuju ke teluk yang mengakibatkan ikan-ikan besar juga ikut ke dalam teluk untuk mencari mangsa.

Aliran angin juga tergantung dari cuaca dan musim. Jika mendung dan matahari terhalang atau redup, ikan laut juga biasanya akan berenang dan berada lebih kedalam air atau bahkan ke dasar laut. Disaat hujan atau musim hujan, ikan laut cenderung lebih sedikit karena salinitas air laut atau kadar garam pada air laut berkurang yang disebabkan oleh banyaknya air tawar yang terbuang ke permukaan laut juga ditambah oleh aliran muara sungai tempat air tawar terbuang ke tengah laut dan mengakibatkan ikan menuju ke tengah laut, ke dasar laut atau bersembunyi dikarang. Sedangkan jika hujan terjadi di tengah laut dan hanya sebentar apalagi ketika hujan baru reda kadang ikan akan bertambah lapar dan agresif.

Faktor Cuaca di dalam air laut

Suhu air laut

Suhu air laut sangat berpengaruh pada ikan, jika terlampau panas ikan akan lebih ke dalam laut atau ke tengah laut untuk mencari suhu yang lebih dingin, tetapi pada suhu yang agak tinggi ikan akan lebih agresif dalam mencari makan. Sedangkan jika suhu air laut terlampau dingin, ikan akan kurang dalam selera makan dan kurang begitu agresif. Suhu air laut daerah tropis berkisar antara 26 – 35 derajat celcius sedangkan pada daerah kutub bisa mendekati nol derajat celcius.

Arus air laut

Arus air dipengaruhi oleh keadaaan laut sekitarnya. Banyak kejadian pada saat situasi angin lemah, arus air bisa kencang atau pada saat angin kencang arus air dalam laut justru lemah. Jadi arus air tidak dipengaruhi oleh angin.

Jika arus air laut kencang dapat terlihat pada mancing dasar oleh miringnya senar pancing ketika timah pemberat umpan pancing dan mata kail sudah menyentuh dasar laut. Kadang mata kail dapat bergeser sangat jauh atau bahkan tidak dapat menyentuh dasar laut. Keadaan seperti ini dapat diatasi dengan memberi pemberat yang lebih besar. Seperti layaknya udara, air laut bergerak dari yang bersuhu dingin menuju ke suhu yang lebih hangat. Pada daerah pertemuan kedua arus inilah biasanya ikan banyak berkumpul.

Kejernihan air laut

Faktor kejernihan atau kekeruhan air laut juga patut diperhitungkan. Kadang kekeruhan air yang buruk atau banyaknya sampah dapat menyebabkan ikan berkurang. Saat yang lebih baik adalah pada keadaan laut sekitarnya bening dan berwarna biru terang dan matahari bersinar terik. Kadang perbedaan warna laut bisa diakibatkan oleh sinar matahari yang redup atau terhalang oleh mendung, hal ini dapat menyebabkan air laut terlihat keruh.

@

 

Taken from :http://id.wikipedia.org

20 thoughts on “Memancing ikan air laut

  1. kalau ada yang mau mancing di tempat saya datang saja disini banyak ikan. T4 saya Kab. Banggai Kepulauan sulawesi tengah, saya tinggal di pulau banggai, klao mancing disini di jamin tali pancingnya pasti berbunyi kayak orang main gitar.

  2. Mas Supri, biduwangen dimana seeh ?

    Kalo binuangeun (muara binuangeun) kulo ngertos, di Banten sekitar 20 km ke arah barat dari Malingping coy…

    Team mancing mania TV7/trans7 kalo trolling di Karang Benowo, P Peucang dll, khan start dari situ.

  3. minta info dong siapa aza kalo di daerah malang selatan dimana sih tepatnya yang menjanjikan ada ikan besarnya yang asik u/ mancing. trims sblumnya

  4. alow teman2 mancing mania….boleh kah saya ikut mancing brsama tea trans7 kah,saya ingin menyaksikan ke tangkasan ikan besar/Predator…
    saya penggemar mancing mania yang brada di jogja

  5. Langsung aja, Oom Admin.. boleh nggak saya copy artikel-artikelnya untuk di paste-kan di blog website saya, karena artikelnya sangat bagus dan untuk menambah ilmu para pemula didunia pemancingan yang ingin mencari pengetahuan tentang pancing-memancing.. Terimakasih banyak sebelum dan sesudahnya…

    salam Rons

  6. saya juga ingin sekali mancing seperti tayangan di Trans7 setiap Sabtu dan Minggu, selama ini saya mancing bersama teman2 se hobby di atas Bagan di Mentok selat Bangka hasilnya lumayan juga.

    1. saya sering mancing di bagan pangandaran,hasilnya……………..cuma kpanasan ….!! supaya mendapatkan hasil caranya gmana,harus memakai umpan apa………….??????????

  7. pagi saya andi dari bengkulu pulau sumatera,mau nwari pemancingan di pantai linau bengkulu selatan, yang memiliki wisata laut yang asri dan alami,dan bayak macam jenis ikan laut,dari kota bengkulu dapat di tempuh selama 6 jam, sepanjang perjalanan dapat di sugukan bermacan keindahan alam,bengkulu yang asri, di dukung dengan keramah tamahan penduduk asli,kami mau mengelkan potensi laut bengkulu kepada wisatawan melalui mancing mai yang telah bayak bervetualang di seluh dunia,kami berharap dengan tulisan ini dapat di terima, karena keindahan alam indonesia yang indah dan asri. buat teman2 semua yg hobi memancing. kami tunggu kehadirannya. slam kenal kepada teman2 semua.

  8. kalau cuma ikan yang ukuran sedang-sedang saja sudah biasa dapat 20-30 kg setiap sekali berangkat, padahal bukan pemancing profesional, pergi jam 07.00 wib pulang kedarat jam 15.00 wib, aduh asiknya, kalau libur mau lagi ahh, mancing ke pulau belitung, desa tanjung tinggi, saat ini lagi musimnya mancing cumi-cumi dimalam hari dengan penarangan lampu untuk mengundang cumi-cumi supaya mendekat, tunggu aja…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s