BUDIDAYA PENDEDERAN DAN PEMBESARAN IKAN GURAMI


karir anda mentok, karena pendidikan tak mendukung ? lanjutkan kuliah di |

tempat kuliah paling fleksibel SARJANA NEGERI 3 TAHUN – TANPA SKRIPSI ABSENSI HADIR BEBAS – BERKUALITAS – IJAZAH & GELAR DARI DEPDIKNAS MURAH DAPAT DIANGSUR TIAP BULAN -terima pindahan dari PTN/PTS lain
MANAJEMEN – AKUNTANSI – ILMU KOMUNIKASI – ILMU PEMERINTAHAN

022-70314141;7313350 : jl. terusan halimun 37 bandung- utkampus.net

PENDAHULUAN

Ikan gurami (Oshpronemus gouramy, Lacepede) merupakan ikan asli Indonesia dan berasal dari perairan daerah Jawa Barat. Ikan ini merupakan salah satu komoditi perikanan air tawar yang cukup penting apabila dilihat dari permintaannya yang cukup besar dan harganya yang relatif tinggi dibandingkan dengan ikan air tawar lainnya seperti ikan mas, nila, tambakan dan tawes, dan merupakan salah satu sumber protein yang cukup tinggi. Bagi masyarakat umum, ikan ini dipandang sebagai salah satu ikan bergengsi dan biasanya disajikan pada acara-acara yang dianggap penting. Oleh sebab itu, tidak mengherankan apabila ikan gurami menjadi salah satu komoditi unggulan di sektor perikanan air tawar.

Umumnya budidaya ikan gurami masih dilaksanakan oleh masyarakat dengan teknologi semi intensif. Masa pemeliharaanya relatif lama sehingga dilakukan dalam beberapa tahap pemeliharaan yaitu tahap pembenihan, tahap pendederan dan tahap pembesaran, dimana pada masing-masing tahapan menghasilkan produk yang dapat di pasarkan secara tersendiri.

Pasar ikan gurami mengandalkan pada permintaan domestik. Namun demikian prospek bisnisnya cukup menjanjikan mengingat permintaan dari masyarakat yang cukup besar. Ikan gurami lebih digemari dijual dalam keadaan hidup atau segar, dan biasanya harganya juga lebih tinggi dalam keadaan hidup. Sementara itu, belum diperoleh informasi mengenai diversifikasi produk olahan dari ikan ini kecuali dalam bentuk fillet.

Peranan Balai Benih Ikan dalam rangka pengembangan ikan gurami dilaksanakan antara lain berupa penyediaan induk dan benih unggul dan pengenalan teknologi budidaya secara intensif kepada pembudidaya ikan. Namun demikian, langkah pengembangan selanjutnya yang masih perlu digarap adalah aspek pemasaran baik di pasar domestik maupun ekspor

Wilayah survey untuk usaha pendederan ikan gurami adalah salah satu daerah sentra ikan guramie di Jawa Tengah yaitu Kabupaten Banyumas. Sedangkan wilayah survey untuk pembesaran ikan adalah Kabupaten Bogor. Oleh sebab itu informasi teknis pendederan dan pembesaran ikan gurami terutama menggunakan informasi yang diperoleh dari kondisi pengusaha dan lembaga lain di kedua wilayah tersebut.

Asumsi perhitungan keuangan budidaya pendederan ikan gurami dalam penelitian ini adalah menggunakan benih ikan yang berasal dari kegiatan pembenihan oleh pembudidaya lain dengan berat awal 1 gram dan dibesarkan hingga mencapai berat 20-25 gram (pola 1). Sedangkan asumsi perhitungan keuangan pada budidaya pembesaran menggunakan benih kan yang berasal dari pendederan oleh pembudidaya lain dengan berat awal 200-250 gram yang dibesarkan hingga mencapai ukuran konsumsi (pola 2).

@

 

Taken from :bi.go.id

99 thoughts on “BUDIDAYA PENDEDERAN DAN PEMBESARAN IKAN GURAMI

  1. aku tertarik untuk memulai usaha pembesaran ikan gurami, tapi bagaimana cara memulainya aku bingung.
    Tolong aku diajari …

      • caranya mudah yang jelas kasih pakan yang secukupnya, terutama dedaunan + pakan pelet tetepi yang palingutama dedaunan karena ikan Gurame makanannya dedaunan, cara pemeliharaan ikan Gurame bisa kita pelihara di air yang tenang tidak perlu air yang mengalir karena ikan Gurame ada napas tambaha yang sering di sebut Labirin. itulah kelebihan ikan Gurame

  2. saya tertarik untuk memelihara ikan gurami,mohon saya diberi info tentang teknik memilih bibit gurami yg baik,ukuran kolam yang ideal,dan info tentang jenis-jenis penyakit pada ikan gurami dan tanda-tandanya,serta cara mengatasinya.thanks.

  3. g tertarik untuk budidaya ikan gurame dalam kolam tapi gk tau dimana saya bisa dapatkan benihnya karena di pontianak saya belum ketemu org yg jual benihnya n g jg gk tau sebaiknya gmn mulainya,gt
    thanks

  4. Wah informasi tentang tekhnik pembesaran ikan gurami sangat bagus. Tetapi bagaimana cara pembesaran ikan air tawar secara tekhnologi terpadu atau tepat guna di negara lain seperti Thailand etc.

  5. Saya ingin memlihara ikan gurami, tetapi saya tidak tahu cara pemeliharaan nya dan berapa dana yg harus saya keluarkan untuk memelihara ikan gurami. mohon info dari teman2 semua yg sudah berpengalaman memelihara ikan gurami.

    Salam sukses

    Trims…

    Dedek Wahyuni
    Medan
    Hp : 0813 6122 9652

  6. saya mw tanya harga bibit gurami yang sbesar ibu jari brp ya??soalnya q mw mulai budidaya ikan gurami.

    kira2 harga jual per kg brp?

    • Asslmkm. Maaf bukan bibit tapi benih, kalo bibit itu indukan sepasang betian jantan, kalo benih itu hasil penetasan telur..Kalo benih gurami waktu itu tahun 2008 harganya Rp 500 per ekor, harga jual per kg di pasar saat ini survey di Mal Giant dan Superindo adalah Rp 30 ribu per kg..

  7. saya tertarik untuk memelihara ikan gurami,mohon saya diberi info tentang teknik memilih bibit gurami yg baik dan info tentang jenis-jenis penyakit pada ikan gurami dan tanda-tandanya,serta cara mengatasinya.thanks.

    • Asslmkmwrb. Tips memilih bibit ikan gurami yang baik adalah :
      1. Pilih jenis gurami yang cepat besar (jenis Blusafir)
      2. Ukuran bibitnya minimal 2 kg.
      3. Satu kolam berisi 5 ekor dengan asumsi 3 ekor jantan dan 2 ekor betina.
      4. Ijuk diberikan di kolam dengan tujuan gurami suka mengeluarkan benih dan menempelkan di ijuk

      tanda2 gurame terkena penyakit :
      1. malez makan
      2. menyendiri dari kelompoknya
      3. suka berenang di permukaan

  8. saya tertarik untuk ikut usaha ikan gurami untuk memulainya saya masi belum tau mengenai ukuran kolam jumlah makanannya dan juga cara2 pengaturan air nya

  9. Asslmlkm. harga bibit gurami per jempol Rp 500 perak, kalo mau pilih gurami jenis blausfir biar lebih cepet tumbuh, jangan beli benih ikan gurami paris ntar lama numbuh….memilih bibit gurami yg baik mudah..kalo terlihat lincah dan masih berwarna kehitaman itu sehat…trus dalam masa pertumbuhan sebaiknya diberikan daun sente, kangkung, bayam, dan sebagainya…^_^.kebetulan di rumah lagi pembesaran gurami sebanyak 200 ekor..lagi uji coba dr bulan Agustus 2008…

    • Asslmkmwrb. Dalam bisnis gurami, kendala yang terjadi hanya kecil dan tidak merepotkan dibandingkan budidaya ikan nila, mujair, mas, dan lele. Ikan gurami termasuk tahan dan peka lingkungan, pada saat musim hujan dan tiba2 musim kemarau tidak menjadi masalah. Kendala yang terjadi pada gurami adalah penyakit di tubuh ikan, luka akibat berantem dengan sesama gurami, dan ada kondisi tertentu ikan gurame malez makan pelet akibat kolam di rumah saya berwarna hijau..ikan gurame paling seneng di tempat tertutup karena kalo udah liat orang langsung kabur, kecuali pas beri pakan baru dia ke permukaan air…

  10. kalo aku, baru saja ingin memulai budidaya ikan gurami, langkah apah yang seharusnya saya lakukan…..

    • Langkah2 memulai bisnis gurami.
      1. Pilih mau budidaya pembenihan atau pembesaran
      2. Kalo pembesaran, liat situasi pasar yaitu melihat harga ikan dan jenis ikan gurami. gurami mempunyai beberapa jenis tapi yang paling cepat besar gurami blaufsir
      3. pilih lokasi yang menjadi tempat pembesaran ikan gurame. Syaratnya : 1. memiliki sumber air, terdapat makanan alami seperti daun sente (talas), lingkungan aman dari pencurian.
      4. mencari benih berkualitas dan baik seperti tubuh ikan berwarna ungu (jenis blusafir), lincah, dan mata berwarna putih.
      5. sebelum dimasukkan ke kolam, ikan gurame sebaiknya diberi obat pk berwarna ungu yang dijual di apotik, kemudian ikan disimpan di ember, rendam ikan selama 5 menit dan masukkan ke kolam
      6. kolam diberi hiasan seperti daun pisang beserta tangkainya untuk tempat teduh ikan dari hujan dan terik matahari, namun jika tidak diberi juga tidak masalah…

  11. Bagaimana cara membudidaya ikan gurame d daerah yang air bersihnya agak susah,trus penyakit2 ap aja yg biasanya ad pada ikan gurame n cara menanganinya,mohon infonya.trims

    • Asslmkm…budidaya gurame untuk air bersih yang agak susah, maka harus membuat kolam yang terbuat dari semen sesuai ukuran lahan yang tersedia..trus kolam tersebut bisa diisi air hujan dan didiamkan kurang lebih 1 sampai 2 minggu agar tidak berbau semen..trus jika wilayah tempat tinggal Anda jarang hujan, sediakan tangki air dan air tersebut bersumber dari air pam..diamkan 2 sampai 3 hari lalu salurkan ke kolam..

    • Asslmkm. Sebelum menjualnya, Anda harus mensurvei harga gurami di wilayah tempat Anda tinggal…Untuk pemasaran gurami, coba di sekitar t4 tinggal Anda, apakah ada rumah makan atau restoran yang menyediakan menu gurami…Anda tawarkan dengan harga yang sesuai..Jika Anda menemukan suppllier gurami coba Anda tawarkan untuk menjualnya.

  12. saya tertarik untuk memelihara ikan gurami,dan sekarang saya malah sudah memelihara ikan gurami dikolam sebanyak 2000 benih,dan ikan ini sudah berumur 3bulan.Selama tiga bulan ini ada beberapa permasalahan tentang kematian ikan.Dan yang ingin kutanyakan; “dengan ciri-ciri ikan yang mati matanya pada keluar ini bagai mana cara menanggulangi nya? tolong bagi2 pengalaman untuk kesuksesan nya. Terimakasih….

    • Asslmwrb. Bwt saudara Ali, saya pernah bertanya kepada petani ikan patin yang kebetulan pernah pembesaran gurami, menurut beliau, jangan pernah memberi pakan daun kol karena menyebabkan kebutaan, dan Alhamdulillah selama 1,5 tahun sy melakukan uji coba ternyata berhasil, namun perlu diwaspadai, ada penyakit gurami yang tidak terdeteksi dan tiba2 saja mati, ciri2 gurami terkena penyakit adalah posisi ikan selalu di permukaan dan jika kita buat kaget, ikan tidak langsung ke dasar kolam tetapi hanya di permukaan saja, terus terang saya juga maish belajar tentang penyakti gurami misterius ini dan saya alami akhir tahun 2009, sebanyak kurang lebih 70 ekor mati mendadak, sisanya maish hidup..^^//

    • Asslmlkm..harga bibit ukuran korek api tergantung wilayahnya…di kabupaten bogor, harga per ekor Rp 500 rupiah, kalo di sekitar solo saya kurang tahu..tapi saya sarankan kalo mau membeli bibit gurami bagus, sebaiknya datang ke wilayah Banyumas, karena menurut informasi yang saya dapatkan di majalah trubus, gurami asal banyumas mempunyai kualitas bagus, tdk hanya info dari majalah, tetapi teman ayah saya di ciamis, juga mememlihara gurame untuk hiasan juga didatangkan dari banyumas…ok

  13. Saya tertarik unt budidaya gurami. Saya punya lahan datar dan tidak ada saluran air disekitarnya & nampaknya tanahnya tidak mampu menahan air. Bagaimana caranya sy membuat kolam. Terima kasih atas petunjuk yg diberikan.

    • Asslmkm. Bwt sodara Hermanto, maaf kalo baru dibalas, cara membta kolam dengan membuta kolam dari semen, bisa dilakukan 2 cara : 1) menggali tanah minimal kedalaman 1 meter dan luas kolam 3 x 3 meter, tahap tersebut sebagai uji coba untuk menanggulangi kerugian biaya dan sebagai pengalaman pertama
      2) benih yang ditaburi sebanyak 50 ekor target panen selama minimal 1,5 tahun, selama proses pembesaran, saudara harus melihat dan menangani sendiri karena pengalaman melakukan budidaya harus respek terhadap siklus usaha sehingga suadara mengetahui apa saja yang harus ditanggulangi ketika terjadi permasalahan…^^..

      • asslmlkm..maaf sya mau tanya, sya punya kolam tanah ukuran 12×13 meter rencananya mau coba2 pelihara gurami, kira2 idealnya berapa ekor?ukuran yg bgus untuk dimasukkan ke kolam itu umur brp bln/ukuran seberapa besar? mohon bagi ilmunya…

  14. saya mau coba nih.. tapi dengar harga pakan yang mahal kok jadi ragu.. saya mau tanya pakan alternatif ikan gurami yang gak mau kalah dengan buatan pabrik dg bahan lokal yg mudah didapat n kalo mesti fermentasi gimana caranya… pliss ya.. tanks

    • Asslmkm. Saoudara Affan, pakan alternatif gurami yang low cost itu dapat dibeli di toko pakan ikan dan burung..untuk ukuran gurami “korek api”, di berikan pakan pelet ukuran kecil harganya Rp 5000 per kg, trus jika ukuran mencapai sebesar telapak tangan berikan pelet ukuran sedang dan diharuskan ditambahkan daun talas or daun sente agar ikan biasa pakan alami karena akan mempengaruhi faktor rasa daging ketika sudah besar…proses fermentasi saya belum mengetahui tehniknya..tapi yang jelas ketika sudah berukuran telapak tangan, biasakan gunakan daun talas…harga pakan yang mahal akan mempengaruhi keuntungan usaha, semakin mahal biaya produksi maka semakin naik harga jual ikan gurami saya sarankan berikan pakan pelet biasa dan daun talas, jika punya sisa nasi or sayuran maka berikan ke kolam, ikan gurami juga menyukai makanan sisa…ok

  15. saya mempunyai kolam dgn ukuran 3×6 meter dn ingin mencoba mebudidayakan ikan gurami..
    a. apakah bisa dgn kolam 3×6 meter memelihara ikan gurami?
    b. brp jmlh ikan yang baik dgn ukuran kolam yg sy punya?
    mohon bantuan tmn2 yg sudah berpengalaman d bidangnya…….
    Trims…………..

    • bwt mas jonie: ukuran kolam 3×6 itu bisa untuk budidaya gurami…pemeliharaan gurami tidak hanya sekedar budidaya tetapi juga pengumpul..ketika itu saya diajak oleh tante saya di lampung ke pengumpul gurami, ukuran kolamnya 2×2 dengan kedalaman 60 cm…jumlah ikan yg sy lihat 1 kolam diperkiraan lebih dari 100 ekor ukuran 500 gram…untuk percobaan budidaya pembesaran gurami ideal banget ukurn 3 x 6 sebagai lgnkah awal..jumlah benih antara 150-100 ekor…mulailah dari yg kecil dulu karena dari budidaya yg kecil itu mampu mendapatkan pengalaman yg berharga jika suatu saat nanti mencoba usaha budidaya gurami yg sesungguhnya ..;)

  16. ass..mas,bila mau beli benih gurami ukuran 1 jempol yg katanya harga 500 rupiah,apakah bisa dikrm ke kota pati jateng??pemesanan minimal brp ekor??trus biaya krm ada??ato dah tersebut harga gurami nya??tk mas

  17. saya orang yang bekerja dalam bidang pembesaran ikan gurami tapi hari ini ikan gurami harganya turun, kira-kira 1 sampai 2 bulan lagi saya harus menjual ikan itu, berat sudah memcapai 4on, 5on, 6on, 7on. hari ini

  18. mas,saya mau tau ada gak tempat kolam gurami yang bisa disewakan??
    selain itu,apa benar kalo makin kecil benih gurami makin rentan untuk mati??
    selain itu lagi,berapa ya harga benih gurami yang seukuran ROKOK
    terimakasih

    • bwt mba windi, kalo t4 penyewaan kolam sbrnnya ada cuman sy belum tahu persis lokasi dan sistem pembayaran…betul, semakin kecil ikan gurami, maka semakin rentan terhadap penyakit..tips yg baik untuk penyebaran gurami di kolam…sebelum ikan masuk kolam, sebaiknya ikan diberi obat PK biar ikan kebal….kalo hrga benih seukuran rokok itu per ekor Rp 500 (thn 2008), munkgin skrng naik harganya..oy ya jenis gurami yg paling cepat numbuh adalah gurami blusafir..skrng di kolam sy udah pada ukuran sedang dan gemuk..kbtlan sy juga lagi meneliti dan usaha gurami meskipun ala kadarnya..semoga bermanfaat bwt mba windi..;)

  19. selamat pagi ….maaf mau tanya? saya punya kolam 500 m2 ,saya mau membesarkan gurami dari ukuran korek api sampai 500 g yang saya tanyakan?
    berapa jumlah benih yang sebaiknya saya tanam?
    dimana saya bisa hubungi penjual benih?
    berapa harga benih ukuran korek api tsb dan berapa cm ukurannya?
    mohon infonya……thx

    • selmt malam… maaf baru membls comment, kalo ukuran kolam 500m2 itu estimasi per m2 adalah 10 ekor, jd kalo ukuran kolam 500m2, tinggal dikalikan sj…nah sebaiknya benih yg ditanaman sebanyak 200 sampai 250 ekor dulu sebagai percobaan, trus kedalman kolam minimal 1meter dngn tujuan ikan mudah bergerak bebas…kalo penjual benih bisa saudara tanyakan di wilayah saudara tinggal..benih ukuran korek per ekor waktu itu sy beli Rp 500 (tahun 2008), namun skrng kemungkinan naik…ukurannya krng lebih 3-4cm…^_^..

  20. saya mo tanya tuk wilayah ciamis jawa barat,dimana saya bisa mendapatkan telur gurame dan mohon informasi harganya.thanks

  21. kami menyediakan bibit gurami berbagai ukuran dengan harga terjangkau.
    ukuran 2.3 3.4 3.5 min pesan 5000 biibit, ukuran 4.6 minimal pesan 3000,ukuran 5.6 minimal pesan 2400,ukuran jempolan min pesan 1000 bibit,
    info : 081227527333

  22. Selamat Siang.. Semua.
    Salam.

    Saya Anggit, dalam hal pembesaran ikan gurame ini tergolong baru mulai.
    saya memelihara sekitar 150 ekor (@ 3 ons) ikan gurame,… kecepatan tumbuh ikan ini menurut saya (saya alami) sangat cepat. Mungkinkah faktor makanan tambahan seperti kangkung dan daun keladi yang sering saya berikan disetiap hari.
    Pertanyaan saya;
    1. Apakah jumlah ikan saya dengan ukuran kolam 1,5 m kali 6 meter kali 1 meter (kedalaman) . cukup hingga ikan ini tumbuh dan siap konsumsi.
    2. Apakah tindakan saya benar: yaitu _ dengan memberikan garam dapur ke kolam ikan gurame ini.

    terimakasih…… Anggit_Prambanan

    • Asslmkm. Untuk saudara Anggit, ukuran 1,m x 6 m lebih dari cukup untuk memulai usaha pembesaran, faktor penentua gurame cepat tumbuh adalah 1 .luas kolam 2) pakan ikan, lebih bagus yang alami seperti daung singkong, talas, selada dll asalkan jangan daun kol karena menyebabkan mata ikan menjadi buta 3) jumlah benih ikan yang ditebar

      Memberikan tebar garam dapur ke kolam tidak apa2 tetapi sebenarnya tidak memberikan garam juga tidak masalah karena gurame sifatnya kebal seprti halnya ikan lele

  23. Mas, saya punya kolam ukuran 4X20m, idealnya diisi berapa ekor untuk program pembesaran untuk konsumsi ? Kemudian merk pakan apa yg baik agar ikan tahan penyakit ? apakah ada obat untuk penghancur kotoran ikan karena kolam saya diatas permukaan tanah dan dasarnya plester ? mohon infonya……thx.

    • Asslmkm. ideal penebaran benih ikan gurami sekitar 300 ekor, mengapa demikian? karena untuk memulai usaha pembesaran gurami dari awal, saya sarankan mencoba sedikit dulu dikarenakan menanggulangi kerugian yang terjadi kapanpun sehingga biaya yang dikeluarkan lebih efisien dan anggap saja sebagai simulasi usaha, minimal targetkan 1,5 tahun, kalo dalam masa itu berhasil, maka saudara bisa melanjutkan kembali usaha pembesaran
      Untuk pakan ikan gurame sebaiknya menggunakan pakan alami seperti daun talas, singkong, sawi, selada dll asalakan jangan daun kol karena menyebabkan kebutaan pada ikan, selanjutnya untuk kolam, ikan gurame termasuk tahan terhadap kolam semen, karena saya telah mencoba dengan kolam semen selama 1,5 tahun dan hasilnya tidak masalah

  24. Selamat siang Pak.
    Saya pengen beli banyak untuk usaha pemancingan di jakarta, berapa harga per Kg nya, apakah bisa dikirim ke jakarta?
    ada saran untuk saya perihal ini? dan kira kira ukuran yang seberapa yg pantas untuk pemancingan Thanks

  25. saya lg melihara benih gurami… tp saya mau tanya gmana cara membedakan jenis gurami blusafir…cs saya takut sidah pelihara terus perkembangannya kurang bagus…

    dan minta tolong tips membesarakan ikan gurami ukuran 3 cari mejadi ukuran untuk kosumsi….. trims

  26. bagi anda yang ingin membeli ikan gurameh konsumsi datang saja ke tempatku ( banjarnegara ) dari wiji oyoung sampai 2-3 kg

  27. saya punya bibit gurame 6500 ekor ukuran kotak korek api. lokasi rancagoong cianjur jawa barat. yang berminat bisa lihat sendiri dikolamnya. harga bisa nego. hubungi 081320460165. Bibit bawal dan lele juga ada.

  28. saya mau ternak ikan gurami, aa ga yang jual bnih gurami khususnya daerah duri_riau, n brp hrganya yg seukuran jmpol ? tlong informasinya boss….!!!!!!!!!!

  29. peluang untuk di kembangkan juga ikan gurami ini,mohon teknis nya juga di tunjukkan juga agar kita dapat tahu caranya mengusahakan. trims

  30. Saya mau belajar pembesaran ikan gurame nih, saya mau mencoba yang kecil dulu, maksudnya ukuran kolam saya berupa kolam semen 3×5 meter, kedalaman 1 meter. Yang ingin saya tanyakan:
    1. Bagaimana menghilangkan bau semen dari kolam?
    2. Saya gak paham dengan pemupukan, Pupuk dengan air yan didiamkan selama 2-3 hari setinggi 10 cm apa harus dibuang sebelum ikan dimasukkan atau langsung ditambah air lalu ikan dimasukkan ke kolam?
    3. Apakah air dikolam harus bergerak, soalnya saya berencana mau beli pompa air kecil yg tujuannya hanya untuk membuat air bergerak dan menambah oksigen?
    Saya mohon balasannya karena saya berencana membuat kolam ikan dari semen dalam waktu dekat.

    Terima kasih banyak.

  31. Tlg bagi infonya tahapan-tahapan cara memelihara gurami, secara teknis sekalian jenis pakan nya. juga penyakit yang biasanya menyerang + penaganannya. thank !

  32. Siang Mas Yuldhastiya, saya mau mencoba budidaya ikan gurami dengan menggunakan kolam yang terbuat dari terpal. Bisa nggak? Kalo di daerah Bali, dimana ya tempat yang menjual bibitnya? Untuk obat PK ungu itu dimasukkan ke mulut ikan atau hanya direndam saja? Takarannya? terima kasih.

    • Asslmwkrb. Budidaya pembenihan dan pembesaran ikan gurami dapat dilakukan di kolam terpal, asalkan memenuhi persyaratan seperti tersedianya air untuk penggantian air yang sudah lama dengan tujuan pencegahan penyakit, di lingkungan sekitar tersedia pakan alami, dan keamanan di sekitar kolam Anda. Kalo di daerah Bali sy belum tahu karena sy belum pernah ke sana. Untuk obat PK ungu itu bukan dimasukkan ke mulut ikan, tetapi siapkan ember dan berisi air bersih, kemudian taburkan obat pk sedikit saja kurang lebih 1/4 sendok teh di dalam 1 ember, lalu tabur dan aduk, selanjutnya ikan dimasukan ke dalam ember dan rendam selama 2 menit, kemudian ikan dimasukkan ke dalam kolam secara perlahan dan jangan dilempar karena dapat menyebabkan stress berat yang berujung pada kematian. Semoga bermanfaat Pak..Trimas kasih

  33. saya menyediakan bibit gurami mulai ukuran 1 cm; korek bensol, silet, korek api, bungkus rokok. kami siap mengantar sampai tempat tujuan , juga siap melayani dengan pesanan dalam jumlah yang sedikit sampai dalam jumlah yang besar .
    hubungi nomor , 0321 7188271

  34. .apakah berbisnis ikan gurame dari segi ekonomis, menguntungkan?.
    dan berapa perbandingan antara keuntungan & modal?..

  35. BENIH DAN TELUR GURAME

    PUSAT Penyedian Benih ikan gurame berbagai ukuran dan telur gurame. Selain itu menyediakan benih ikan lainnya. Melayani penjualan luar pulau jawa. Berpengalaman kirim kalimantan, sumatera, sulawesi dll sampai sekarang. Hub Fajar di 081808690466. Bergaransi!! Joyopranan No 41 Kotagede Yogyakarta Phone 0274 370669, 081808690466, 0274 7009644

  36. gimana cara mengatasi penyakit ikan gurami yang sering timbul di pergantian musim kaya saat ini biasanya udara yang dingin membuat ikan gampang mati

  37. aku pengin budidaya grame tp msih ragu2,mslah tempat&biaya ga sah mkir aku dah ada cuma aku blum brani sndrian tkut gagal,klo da yang minat join sm aku di PURBALINGGA hbungi 085842589336

  38. q mau beli gurami yg stadium menjelang dewasa untuk kolamku,karna ikan hiasnya udah mati jd pengen kuisi ikan gurami biar bisa jadi ikan hias jg bisa dimakan hee heee?? kolamku udah kuisi ikan lele cm tinggal kuisi ikan gurami

  39. perkenalkan nama saya david,saya pemain baru dalam ikan gurami,yang saya tanyakan,setiap saya beli bibit gurami selalu saja mati tiap harinya,mengapa bisa demikian?bagaimana cara perawatan ikan gurami uk.2-3,setiap memelihara anakan gurami apakah tidak boleh kena air hujan?apa perlu diberi aerator setiap pemeliharaannya?terima kasih.

  40. yg di perhati kan faktor air dan pemberian pakan di saat pergantian musim dan hrs di kasih obat pencegahan penyakit

  41. ini dari pengalaman saya soal keuntungan gurami .dari penebaran benih sampai panen saya menghabiskan modal 9jt.di waktu saya panen mendapatkan uang 22jt sama uang modal penebaran benih 2300ekor waktu 10blan dengan ukuran benih dengan seukuran silet.

  42. Hallo mas…saya mau usaha gurami, tapi yang jadi masalah saya belum tau bagaimana memilih induk yang berkualitas, ciri-cirinya, jenisnya, dll. Mohon bantuannya. Thanks sebelumnya.

  43. mas yudis gurami saya mengambang warna gelap insang kadang keluarkan gelembung udara itu penyakit apa dan gimana cara pengobatanya.

    • Asslmkwrb. Untuk mas Asi, gejala penyakit ikan tersebut disebabkan oleh Aeromonas hydrophila adalah warna tubuhnya menjadi gelap, tampak luka berdarah di tubuh gurami, perut membesar, lendir banyak yang hilang sehingga tubuh terasa kasap/kasar, sisik mengelupas, ikan berenang sangat lemah, dan sering timbul di permukaan air. serangan penyakit yang lebih parah dapat menyebabkan pendarahan pada organ dalam ikan, sepertu ginjal atau limpa. Dalam waktu singkat kondisi ikan lemah, sering muncul ke permukaan, lalu mati. serangan penyakit ini perlu diwaspadai karena dapat mengakibatkan kematian massal ikan gurami.
      Penyakit ini sering dijumpai pada kolam yang kandungan bahan organik tinggi. Biasanya pada saat musim pancaroba atau perubahan musim kemarau ke musim hujan. selain itu, daya tahan tubuh ikan menurun akibat stress yang disebabkan stress karena penurunan kualitas air, kurang pakan atau penanganan yang kurang baik.
      Pencegahan dapat dilakukan sebagai berikut :
      a. secara rutin dan berkala dilakukan penggantian air dasar kolam tujuannya membuang dan mengurangi kadar bahan organik dalam air
      b. mencegah kelebihan pakan yang tidak dikonsumsi
      c. sanitasi air dan kolam
      d. menaburkan garam dapur dengan dosis 150-200 gram/m3.
      Pengobatan ikan yang seperti ini sulit diobati. Ikan yang susah parah dan susah untuk dismebuhkan harus dimusnahkan dengan cara di bakar atau dikubur dalam-dalam. setiap penggantian air ditambah dengan penambahan garam dapur dengan dosis 150-200 gram per m3. Apabila belum terlalu parah alternatif pengobatan ikan yang terinfeksi penyakit ini dengan pemberian obat antibiotik. Antibiotik yang umum digunakan adalah Oksitetracyline (OTC) dan Enroflxoacine. Semoga bermanfaat Pak Asi

  44. selamat siang …..
    sejak 1bulan yang lalu saya dan teman saya punya niat untuk memelihara Ikan Gurami sebagai sampingan kerjaan.
    olehnya itu Kami sudah menyewa Tambak/kolam d daerah Sumedang 3petak dengan ukuran 3mX4m.
    ninta info penjualan Benih Ikan Gurami d daerah Sekitar Bandung,biar kami bisa Membeli langsung dsn berkunjung k t4 Pembibitan tuh.
    trimakasih…
    kalo ada Call me d 081322399522

  45. Kami Bumi Mina Tani dg alamat Ds Kalijaran, Kec Maos, Kab Cilacap, hubungi Iskandar EBS, HP 081395723232 :
    1. Menerima konsultasi budidaya ikan gurami dan jenis ikan lainnya.
    2. Sedia benih ikan gurami dan jenis ikan lainnya.
    3. Sedia ikan konsumsi.
    4. Agen pakan ikan.
    5. Menerima kerjasama masalah teknik budidaya, pengadaan bibit dan pakan dan penjualan ikan konsumsi.
    Terimakasih atas kerjasamanya.

    • mas bisakah anda bekerja sama dengan saya untuk menerima hasil budidaya ikan gurame ukuran konsumsi sekitar satu kilo 2-3 saya,kalo bisa kira-kira harganya berapa. terima kasih atas informasinya

  46. Sdr Admin yang baik hati,
    saya punya masalah dengan gurame yang baru saya taman unkuran ± 7 cm per ekor hampur 50 % kena penyakit bintik-bintik putih pada tubuhnya, mohon info itu penyebabnya apa dan bagaimana cara penanggulangannya, mohon di informasikan ke “yanto_purwanto@yahoo.co.id” terima kasi

    • Asslmkmwrb. Untuk Pak hadi Purwanto, penyakit jamur pada ikan umumnya disebabkan oleh Saprolegnia sp. dan Achyla sp. Mikroorganisme ini sering terlihat seperti benang yang tumbuh di bagian dalam atau luar tubuh dan berwarna putih.Hampir semua jenis ikan, baik telur, benih dan ikan dewasa dapat terserang jamur. serangan jamur ini sebenarnya tidak diklasifikasikan ke dalam kelompok penyakit, tetapi merupakan infeksi sekunder akibat adanya luka fisik pada tubuh ikan atau telur telur ayng dibuahi. Faktor pemicu antara lain infeksi pada ikan akibat adanya luka pada tubuh ikan. Ikan terluka saat penanganan yang kurang baik, dan pemicu lainnya akibat kepadatan ikan yang tinggi, suhur rendah, stress, lingkungan yang berbahan organik tinggi, serta akibat kandungan O2 dalam air yang terlalu rendah.
      Penularan penyakit tersebut melalui air dan kontak langsung dengan ikan yang terinfeksi. Jamur ini berkembang biak dengan spora, sehingga penularan jamur melalui spora di dalam air kolam kemudian menempel pada tubuh ikan sebagai inang. Jika pada tubuh ikan ada lukanya maka spora tersebut akan tumbuh dan berkembang menjadi jamur. jamur ini dalam waktu relatif cepat akan menyebar ke sleuruh ikan di kolam.
      Pencegahan penyakit ini (a) penanganan ikan secara baik terutama sewaktu pemanenan dan pasca panen, (b) hindari padat penebaran benih atau telur yang terllau padat, (c) melakukan penggantian air secara berkala; (d) pemberikan pakan yang tepat, baik secara kualitas dan kuantitasnya. selain itu, menghindari suhu air media yang dingin/rendah, karena pada suhu air yang rendah biasanya jamur akan tumbuh pesat. Serta melakukan perbaikan atau menjaga kualitas air kolam tetap baik.
      Ikan yang terinfeksi dapat ditanggulangi dengan cara pemberian garam dapur sebanyak 400 gram/m3 ke kolam. Pada saat pengobatan, saluran air yang masuk dan keluar kolam ditutup. perlakukan itu dilakukan selama 3 hari berturut-turut dan dilanjutkan setiap bulan. Semoga bermanfaat Pak hadi Purwanto

  47. untuk yg butuh benih gurami. saya punya 3000 ekor ukuran silet, 1500ekor dg berat minim 500gram, dan awal desember, insya allah ada 30ribuan ukuran biji oyong. domisili d purwokerto, banyumas. 081327927997

  48. sy punya kolam ukuran 3×3 dan 1,5×3 . saya ingin untuk pembesaran ikan gurame,berapa jumlah ideial bibit ikan gurame

  49. Bibit Ikan air tawar dari Yogyakarta : Gurame, Nila GIFT, Lele, Bawal, Graskap >>>>> Tlp / SMS :081215643839 …Anto…
    Siap pengiriman ke luar jawa..

  50. Kk,cc skalian, saya mau tanya: gini, kalo plihara gurami ukuran 3-4cm an di ember dgn kepadatan 8 ekor isa apa nd? Ikanya sudah saya kasi aerator dan q kasi makan kangkung. Kalo ganti air brapa hari sekali ya? Sama kangkung nya di ganti kalo sudah berapa lama. Thx, mohon balasanya

  51. salam kenal, saya telah memelihara ikan gurami, dan telah panen dengan hasil yang memuaskan, yang penting dalam memelihara ikan gurami adalah telaten dan sabar.

  52. UD. NABILA FARM

    Kami petani ikan gurami dari Sleman-Yogyakarta yang sudah berpengalaman. Kami menjual induk dan bibit gurame berbagai ukuran. Melayani pengiriman keluar kota dan luar pulau. Alamat : Jl. Kaliurang Km 13,5 Sleman-Yogyakarta.
    Bibit gurami yang kami hasilkan adalah bibit gurami berkualitas, telah terbukti dengan penanganan yang baik dan benar bibit gurami hasil dari produksi kami dapat berkembang dengan baik dan cepat pertumbuhannya. Berikut kami informasikan data dari tempat usaha pembibitan kami :
    Komoditas : Gurami Soang, Jepun dan Albino
    Sistem : Intensif.
    Pemijahan : Alami.
    Sumber air : Air tenang / sumur.
    Kolam : Tembok (kedalaman air 70 – 100 cm)
    Pakan : Cacing sutra, pellet 781-2
    Pengangkutan : Dikemas dalam kotak styrofoam penahan panas, tahan sampai 19 jam.
    Kota tujuan : Seluruh Indonesia.
    Kapasitas pengiriman :
    UKURAN : KAPASITAS / ekor / BOX
    Telur : 50.000
    2-3 : 6.000
    3-4 : 5.500
    3-5 : 5.000
    4-6 : 4.000
    5-7 : 3.000
    Jempol : 1.500
    Untuk informasi harga murah berkualitas silahkan contak person Andy 085753563403 / 081227354545, kunjungi blog kami di http://www.gbenih.blogspot.com atau datang langsung ke lokasi pembibitan kami di Jl.Kaliurang Km 13,5 Sleman (10 meter selatan Honda AHASS)
    Datang….Lihat dan tentukan keputusan yang terbaik bagi anda…..

Leave a Reply

