BUDIDAYA PENDEDERAN DAN PEMBESARAN UDANG GALAH


karir anda mentok, karena pendidikan tak mendukung ? lanjutkan kuliah di |

tempat kuliah paling fleksibel SARJANA NEGERI 3 TAHUN – TANPA SKRIPSI ABSENSI HADIR BEBAS – BERKUALITAS – IJAZAH & GELAR DARI DEPDIKNAS MURAH DAPAT DIANGSUR TIAP BULAN -terima pindahan dari PTN/PTS lain
MANAJEMEN – AKUNTANSI – ILMU KOMUNIKASI – ILMU PEMERINTAHAN

022-70314141;7313350 : jl. terusan halimun 37 bandung- utkampus.net

Pendahuluan

Udang galah (Macrobrachium Rosenbergii de Man) atau dikenal juga sebagai Giant Freshwater Shrimp merupakan salah satu jenis Crustacea, dari famili Palaemonidae yang mempunyai ukuran terbesar dibandingkan dengan udang air tawar lainnya. Komoditas ini diklaim oleh berbagai negara sebagai fauna asli, antara lain oleh India dan Indonesia. Di Indonesia, udang galah dapat ditemukan di berbagai wilayah dan masing-masing memiliki varietas dengan ciri tersendiri. Misalnya, udang galah dari Sumatera dan Kalimantan memiliki ukuran kepala besar, capit panjang, dan berwarna hijau kuning. Udang galah dari Jambi memiliki ukuran kepala lebih kecil, capit kecil dan berwarna keemasan. Pada Foto 1. dapat dilihat bentuk udang galah jantan dan betina, yang secara fisik berbeda. Perbedaan terutama pada “galah” yang didapati hanya pada udang galah jantan.

Foto 1: Udang galah jantan dan betina.


Sumber: http://www.ppk.kpm.my/udang/f_udang1.htm

Di Indonesia komoditi ini dikembangkan antara lain oleh Lembaga Penelitian Perikanan Darat Pasar Minggu, Jakarta; Pusat Penelitian Limnologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (Puslit Limnologi LIPI) dan beberapa lembaga di bawah Departemen Kelautan dan Perikanan antara lain: Balai Penelitian Perikanan Air Tawar di Sukamandi, Unit Pengembangan Udang Galah Pamarican, Ciamis dan Balai Budidaya Air Tawar di Sukabumi. Salah satu penelitian yang dilakukan memberikan hasil yang menggembirakan dengan diperkenalkannya strain udang galah jenis unggul (GI Macro) oleh Menteri Kelautan dan Perikanan pada 24 Juli 2001.

Selain penelitian mengenai strain udang galah unggul, upaya lain yang dilakukan oleh Pemerintah untuk mengembangkan udang galah adalah dengan melakukan optimalisasi hatchery melalui perbaikan manajemen induk; dan manajemen kesehatan dan lingkungan. Disamping itu, dilakukan pula pengkajian wilayah potensi pengembangan udang galah guna mengembangkan kawasan terpadu mulai dari sub sistem pembenihan, pendederan dan pembesaran hingga pasca panen.

Komoditas yang di Indonesia mulai populer sejak lima tahun yang lalu ini juga banyak dikembangkan di kawasan Asia. Negara produsen terbesar adalah China diikuti Bangladesh, Taiwan dan Thailand. Dalam jumlah yang relatif kecil, komoditi ini juga diproduksi di India, Costa Rica, Ecuador, Brazil dan Malaysia.

Peluang pasar udang galah masih terbuka luas baik di dalam maupun di luar negeri. Untuk pasar lokal, permintaan datang terutama dari wilayah yang banyak dikunjungi turis seperti Bali, Jakarta, Batam, dan Surabaya. Sementara pasar udang galah di luar negeri telah terbentuk di Jepang, Korea, Singapura, Amerika Serikat, Kanada, Skotlandia, Inggris, Belanda, Selandia Baru, dan Australia dengan pasokan utama datang dari Thailand, Cina dan India.

Di India dan Malaysia budidaya udang galah sangat memperoleh dukungan dari Pemerintah, terutama dari sisi permodalan. Walaupun tidak disediakan skim kredit secara khusus namun skim kredit yang ada dapat digunakan untuk membiayai budidaya udang galah. Di India pinjaman disalurkan oleh National Bank for Agricultural and Rural Development (NABARD) yaitu bank milik Pemerintah yang khusus membiayai sektor pertanian. Sedangkan di Malaysia, pinjaman serupa disediakan oleh Bank Pertanian Malaysia. Pada Lampiran 2. disajikan informasi mengenai skim pembiayaan udang galah di Bank Pertanian Malaysia.

Di Indonesia, Pemerintah melalui Departemen Kelautan dan Perikanan juga menyediakan bantuan modal yang disalurkan melalui dinas di tingkat kabupaten. Pinjaman ini juga tidak spesifik untuk udang galah. Sampai saat buku ini ditulis belum diperoleh informasi mengenai pemberian pinjaman dari perbankan di Indonesia untuk komoditi ini.

Berdasarkan penjelasan yang diperoleh dari Departemen Kelautan dan Perikanan, Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang merupakan salah satu sentra penghasil udang galah di Indonesia ditetapkan sebagai wilayah survey dalam rangka penyusunan buku ini. Walaupun di seluruh wilayah DIY terdapat pengusaha udang galah namun informasi hanya digali dari pengusaha di Kabupaten Sleman, terutama dari pengusaha di desa Jamur, Sindangrejo, Minggir. Dengan demikian informasi teknis budidaya udang galah yang disajikan pada buku ini terutama menggunakan informasi yang diperoleh dari kondisi pengusaha dan lembaga lain di wilayah tersebut.

Budidaya udang galah di Sleman, Yogyakarta telah berkembang dengan baik walau masih dalam skala mikro. Sewaktu pertama kali dibudidayakan, usaha ini tidak mendapatkan per-hatian dari masyarakat. Sejalan dengan keberhasilan yang dicapai, akhirnya banyak petani yang mulai beralih profesi dari penanam padi menjadi pembudidaya udang galah. Walaupun tidak memerlukan perizinan dari instansi yang berwenang, namun untuk memulai usaha dalam budidaya udang galah di wilayah Sleman, diperlukan izin dari aparat desa dan masyarakat setempat.

Boks 1: Alamat Lembaga yang Disurvey di Yogyakarta.
Pada saat survey di DIY, beberapa lembaga yang dihubungi antara lain:

  1. Dinas Perikanan dan Kelautan Daerah Istimewa Yogyakarta
    Jl. Gondosuli No. 2-A Yogyakarta
    Telp: (0274) 561030,
    Fax: (0274) 511031
  2. Asosiasi Pengusaha Udang Galah
    Alamat sementara: Toko Lima Satu, Jl. Diponegoro No. 51 Yogyakarta; Telp. (0274) 514177
  3. Balai Benih Udang Galah
    Jl. Srigading Sanden, Samas (Pantai Samas), Bantul Kode Pos 55763; HP. 0822758821.
    Sumber : Data Primer

Usaha ini memberikan dampak yang positif terutama bagi masyarakat di sekitar tempat pembudidayaan. Dilihat dari sisi ekonomi usaha ini memberikan keuntungan yang ber-lipat apabila dibandingkan dengan bercocok tanam padi dan bagi pemilik lahan memberikan penghasilan dari usaha persewaan lahan non produktif. Akibat dari perlunya penyediaan kebutuhan untuk usaha antara lain penyediaan pakan, peralatan, obat-obatan dan pemasaran, muncul usaha lain yang mendukung usaha budidaya udang galah tersebut, misalnya, toko atau kios pakan dan saprokan serta pedagang pengepul khusus untuk udang galah. Untuk memenuhi kebutuhan akan benih, di desa Jamur telah didirikan pula suatu hatchery.

Didukung oleh lingkungan desa yang sejuk dan asri serta pemandangan yang indah, maka pada tahun 2002 desa Jamur dicanangkan sebagai Desa Wisata oleh Menteri Pariwisata. Di lokasi kolam didirikan dangau untuk tempat menikmati makanan dari hasil kolam berupa udang galah dan produk budidaya air tawar lain yang diolah secara langsung oleh penduduk setempat. Bagi warga setempat, pencanangan sebagai desa wisata merupakan hal yang membanggakan dan merupakan sarana untuk meningkatkan penghasilan.

Usaha ini juga memberikan manfaat dari sisi sosial, terutama dalam hal pemanfaatan tenaga kerja dari lingkungan masyarakat sekitar. Kaum muda yang semula tidak mempunyai ketrampilan dapat ditarik minatnya untuk ikut terjun secara langsung guna mempelajari cara membudidayakan udang galah. Dampak ikutannya adalah, tenaga kerja dari wilayah ini dinilai terlatih sehingga banyak dimanfaatkan oleh wilayah lain yang akan mengembangkan komoditi ini. Pemanfaatan tenaga kerja dari penduduk setempat juga menurunkan tingkat kriminalitas dan masalah-masalah sosial lainnya.

Budidaya udang galah tidak menimbulkan pencemaran lingkungan, baik berupa limbah air kotor maupun bau amis, mengingat untuk melakukan budidaya udang galah, kolam harus memenuhi syarat-syarat untuk selalu menjaga kondisi air kolam dalam keadaan bersih dan tidak tercemar. Dengan demikian tidak ada kekuatiran terjadinya pencemaran lingkungan akibat maraknya pembudidayaan udang galah.

@

 

Taken from :bi.go.id

About these ads

54 thoughts on “BUDIDAYA PENDEDERAN DAN PEMBESARAN UDANG GALAH

  1. Menarik sekali mendapatkan ilmu tentang udang galah. Indonesia yang merupakan negara maritim harusnya kaya dengan hasil lautnya, termasuk perairan tawar. maju terus dunia perikanan Indonesia. Bagi-bagi jaringan dan cara budidaya donk…….

  2. sebelumnya salam kenal dari agung…..saya tinggal di bogor yang kebetulan saya kuliah di IPB dengan jurusan agribisnis pertanian. saya sangat tertarik dengan budidaya udang galah, jadi timbul pemikiran untuk terjun ke usaha budidaya udang ini. tapi saya masih bingung karena informasi yang saya kuasai masih belum cukup dalam hal budidaya udang ini.
    tetapi ketika saya artikel ini saya mulai sedikit mengerti dan paham. apabila saya terjun ke dunia bisnis ini dimanakah saya bisa mencari informasi tentang pasar……
    mohon bimbingannya….
    terima kasih

    agung

  3. kalau boleh tau, gimana cara pembudidayaan udang galah, soalnya di Jambi areanya sangat cocog untuk budidaya udang galah, saat ini hanya udang galah dari alam saja yang sudah ada.

    atas informasinya diucapkan terima kasih.

  4. salam kenal dari hendri.. saya sebelumnya sekolah perikanan di medan dan sedang kuliah di bidang yg sama. namun saya tertarik dengan budidaya udang galah, tetapi terkendala informasi tentang cara pemijahannya serta bagaimana cara perawatan dan pemeliharaan, mulai dari benur sampai indukan.
    mohon bimbingannya………,,
    terima kasih

    hendri

    • salam kenal pak Hari I Love Bali saya berminat ingin ke Bali utk Pembudidayaan udang galah disana. apakah kita bisa tukar informasi masalah ini. bagaimana potensi pasar udang ini di Bali

  5. salam kenal…….seneng juga banyak generasi muda yang tertarik dengan dunia agribisnis. syukur kalau kemudian juga ikut berkecimpung di dalamnya, bukan sekedar sebagai pemerhati tetapi sekaligus sebagai pelaku. kebetulan saya ada informasi tentang benih udang galah. bagi yang membutuhkan bisa menghubungi 02747818155/081227923011. makasih

    • Kalo udang galah konsumsi pak Roos….
      Mohon informasi,
      Saya Indra, sekarang saya bekerja di Balai Karantina Ikan ( Kementerian Kelautan dan Perikanan) Juanda-surabaya.

  6. salam kenal
    saya pita delianti kuliah di politeknik tanjung balai jurusan tphp dan saya berminat sekali dengan budidaya udang galh kra2 ge mna pembenihan yang baik dan dmna ada jual udang galah Gimarco thanks.

  7. klw udang galahnya berasal dari sungai bagus nggak dijadikan bibit? biz di daerahku sungainya ada udang galahnya juga.

  8. saya anak Purbalingga ini lagi kepingin budi daya udang galah tapi ngga tau caranya? yang ada benih dimana? harganya berapa /ekor atau /kilo? trima kasih

  9. hallo semua saya orang Purbalingga ni lagi kepingin budi daya udang galah cuma ga tau caranya? beli bibitnya juga ga tau? lha pokoknya bingung dehh…

  10. hallo,slamat sore, saya ingin tanya -bisakah Udang Galah dibudidaya diaquarium ? berapa harga bibitnya atau induknya and mesannya dimana ? thank”s berat atas jawabannya.

  11. Halo..
    Perkenalkan nama saya yantje, Tamawiwy. dan saya punya rencana untuk membudidayakan udang gala. memang saya belum memiliki pengalaman dengan beternak udang gala. tapi saya memiliki tempat di manado untuk usaha udang gala. yang saya mau tanyakan, bagaimana mendapatkan bibit udang gala yang berkualitas unggulan. cara perkembang biakan dan pengolahan, dan pasar untuk udang gala.
    untuk itu saya ingin mendapatkan informasi sebanyak-banyaknya dari website ini.

    terima kasih

    hubungi saya di yanstecno@yahoo.co.id, 08128819426

  12. Salam kenal,saya mau coba pelihara udang galah,lokasi saya di medan.ada yang tau gak untuk memperoleh bibit udang galah di medan.

  13. saya imam joko tarna sekolah tinggi perikanan.jurusan budidaya perikanan.
    saya sangat senang sekali bsa blajar praktek udang galah di bbug samas,yogyakarta.
    selain bsamemperoleh ilmu,sya jga blajar brwirausaha.dari para petani udang galah yg mengambil benih d bbug samas.
    saya juga mengucapkan terima kasih yg sbsar2ny kpd bpak wargiatno yg telah mmbrikan bimbingan dan arahan slama praktek d bbug samas.saya jga mengucpkn trima kasih kpd bpk roosmanto selaku kepala bbug samas,bserta staf.yang telah bnyak membrikan bntuan klancran slama praktek.
    bgi rekan2 aquaculturis,yg ingin melaksnakan praktek pembnhan udang galah saya sarankan untk prktek d bbug samas.selain karyawan yang ramah,fasilitas yg da d bbug smas ckup lengkap.

  14. Saya berminat untuk membudidayakan udang galah. Bagi yang memiliki stok bibit / informasi penjualan bibit di daerah jawa timur, harap hub saya di (031) 7233 6388 atau di 0813 3155 3188 (SUGIONO). Trims.

  15. saya ingin membudidayakan udang galah di bali, tapi saya tidak tau dimana mencari bibit dan cara pengembanganya…. tolong dong saya minta infonya…. thanks

  16. salam kenal
    saya mora, mau tanyak bagaimana budidaya udang galah atau info mengenai udang galah dari tempat sampai perawatan udang galah. kalau ada informasi yang lain atau media info mengenai budidaya udang galah dimana di tempat saya kurang adanya tambak udang air tawar, atas infor masinya saya ucapkan terimakasih.

    best regard

    mora

  17. Salam kenal, saya perlu informasi ,

    1.Berapa modal awal
    2.apa saja resikonya
    3.lahan yang diperlukan berapa M2 (idealnya),
    4.Berapa % keuntungannya dari modal,
    5.Berapa lama dapat dipanen,

    OK Trims semoga informasinya cepat saya dapatkan

  18. saya minta informasi, dimana saya bisa dapat benih udang galah di daerah jawa timur. mohon info hub saya (031 72463152)

  19. syarikat kami membekalkan anak benih udang galah sudah 9 tahun,
    jika siapa minat , sila hubungi 013-4394463 TQ

  20. Ass.wr.wb.
    Bagi yg ingin lahan utk budidaya udanggalah ,di Bogor dan Serang Banten
    kami sediakan dg kesepakatan bersama.
    yang kami sedang usaha di lahan tsb al: lobster airtawar dan ikan konsumsi.
    silahkan hub.081288201969 / 08161698733

  21. Saya mau Tanya nieee,,,,,,,,
    dmn saya bisa order benih udang galah”’
    trus saya minta INFORMasi harga benih udang,, dan udang yg udah siap panen…

  22. Halo..
    Perkenalkan nama saya Rijal Maulana, Tegal. dan saya punya rencana untuk membudidayakan udang gala. memang saya belum memiliki pengalaman dengan beternak udang gala. tapi saya memiliki tempat di manado untuk usaha udang gala. yang saya mau tanyakan, bagaimana mendapatkan bibit udang gala yang berkualitas unggulan. cara perkembang biakan dan pengolahan, dan pasar untuk udang gala.
    untuk itu saya ingin mendapatkan informasi sebanyak-banyaknya dari website ini.

    terima kasih

    hubungi saya di ratujayahutama@yahoo.com, 087830419696

  23. bagi yang memiliki udang galah air tawar dan dapat produksi kontinue dapat menghubungi saya untuk pemasarannya ke no 081220260620. tks

  24. bisa n’ga aku di cariin tempat penjualan bibit udang lobster???? soalnya aku mau cobain budidaya udang lobster tapi masalahnya aku n’ga tau harus cari bibit dimana??

  25. Saya punya lahan nganggur, saat ini tertarik untuk mengfungsikan lahannya untuk budidaya udang galah untuk konsumsi sendiri jika ada yang bisa membantu bibit dan cara budidaya, silakan menghubungi saya di 0817 07 900 77 / 021 993 900 77 atau di quantum2047@yahoo.com

    terimakasih,

    liko

  26. selamat siang…
    klu bleh tau gimana cara budidaya udang galah
    bagaimana tempat (kolam) yg cocok buat budidaya dan bagai mana caranya
    trima kasih.

  27. saya minta info,,,dimana tempat pelatihan membudidayakan udang galah?
    berapa minimal modal awal untuk usaha budidaya ini??
    dan peralatan apa saja yang di butuhkan….???

    timakasih…ssemoga infonya bisa cepat saya dapatkan….

  28. Menarik sekali kalau ada informasi mengenai udang galah. Di tempat saya masih banyak ditemukan udang galah sungai, namun kalau tidak cepat dibudidayakan kemungkinan akan punah karena yang saya tahu udang galah tidak tahan terhadap air yang tercemar seperti volusi dari limbah bahan kimia. Untuk itu saya sangat berminat sekali pingin membudidayakan udang galah. Cuma kolam yang ada airnya tidak mengalir. Bagaimana kiranya, apakah bisa dikembangkan/dibudidayakan pada kolam ini dan bagaimana caranya. Thanks banget, mohon bantu saya cari solusinya.

    Salam Sofi, di sambas Kalimantan Barat, emailL:sofisholwa@gmail.com

  29. ASSKUM SAYA TERTARIK INGIN BUKA PETERNAKAN UDANG GALAH SAAT INI SAYA BUKA PETERNAKAN IKAN MAS TAPI SETELAH SAYA LIHAT PROFIL TNTANG UDANG GALAH SAYA MAU COBA JUGA TAPI SAYA G TAHU DIMANA SAYA HARUS CARI BIBITNYA LOKASI PETERNAKAN SAYA ADA DI DANAU DAERAH SUBANG HARGA BENIHNYA BERAPA KALO LANGSUNG KIRIM KE SUBANG

  30. anang : saya butuh informasi tentang udang galah air tawar di daerah banguntapan bantul dan kelompok taninya tolong informasinya….dikirim ke email : anangfajri@ymail.com. sebelumnya saya ucapkan terima kasih….

  31. mencari seorang ahli di bidang penternakan udang galah. Agar dapat bekerja dgn kami. Kami syarikat baru membangun untuk penternakan udang galah. Bisa berhubung dgn kami di e-mail: matttough@yahoo.com. Sekian

  32. saya membutuh kan info tentang budidaya udang galah, berikut dengan info unt dapatkan bibitnya. harap hub.081332038079

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s