ASPEK PEMASARAN, BUDIDAYA IKAN KERAPU DENGAN KARAMBA JARING APUNG


karir anda mentok, karena pendidikan tak mendukung ? lanjutkan kuliah di |

tempat kuliah paling fleksibel SARJANA NEGERI 3 TAHUN – TANPA SKRIPSI ABSENSI HADIR BEBAS – BERKUALITAS – IJAZAH & GELAR DARI DEPDIKNAS MURAH DAPAT DIANGSUR TIAP BULAN -terima pindahan dari PTN/PTS lain
MANAJEMEN – AKUNTANSI – ILMU KOMUNIKASI – ILMU PEMERINTAHAN

022-70314141;7313350 : jl. terusan halimun 37 bandung- utkampus.net

Peluang Pasar

1. Pemasaran Ekspor

Perkembangan ekspor Ikan, khususnya produksi perikanan laut termasuk ikan kerapu budidaya Kajapung dan hasil penangkapan para nelayan, dari Indonesia menunjukkan peningkatan dari tahun ke tahun. Pada tahun 1995 Indonesia mengekspor hasil produksi perikanan (belum termasuk komoditas udang) sebesar 25.000 ton dengan nilai US $ 65.326.000, kemudian meningkat menjadi 27.000 ton dengan nilai US $ 64.058.000 pada tahun 1996, dan meningkat pesat pada tahun 1998 menjadi 708.000 ton dengan nilai US $ 680.639.000.

Di beberapa propinsi yang memiliki perairan laut yang luas, komoditi perikanan telah menjadi penghasil devisa andalan di mana nilai ekspor rata-rata setiap tahunnya selalu masuk kategori 5 besar sebagai penghasil devisa, bahkan di Propinsi Sulawesi Selatan dan Maluku, pernah menempati peringkat nilai ekspor tertinggi untuk komoditi ekspor terpenting di masing-masing propinsi tersebut (lihat Tabel 1. berikut ini ).

Tabel 1.
Perkembangan Nilai Ekspor Hasil Perikanan Laut Di Beberapa Propinsi Penghasil Komoditi Perikananan *)

Propinsi

1996

1997

Nilai 1)

%2)

Tkt3)

Nilai 1)

%2)

Tkt3)

Sulsel

Sulteng

Maluku

274.187

511

11.100

45,6

2,8

11,9

4

3

3.682

6.107

185.320

14,1

7,4

36,8

3

2

Keterangan :
*) Atas dasar 5 besar dari komoditi Andalan Ekspor Non-migas, tidak termasuk mutiara
1) Nilai dalam ribuan US Dollar
2) Persentase dari Total Nilai Ekspor
3) Peringkat dalam Realisasi Ekspor

Komoditi perikanan hasil laut yang diekspor diatas antara lain bermacam jenis ikan (seperti tuna, cakalang, kerapu, kakap, dan sebagainya), udang (lobster, udang banana, udang windu, tetapi tidak termasuk udang tambak), telur ikan, sirip hiu, dan sebagainya. Tetapi tidak termasuk hasil mutiara, kerang dan sebagainya.

Sedangkan khusus untuk ikan kerapu, sebagian besar (baik budidaya maupun hasil tangkapan nelayan) diekspor ke luar negeri dalam bentuk ikan fresh, ikan olahan setengah jadi (fillet, sashimi, dan sebagainya) serta ikan hidup, dengan tujuan negara-negara utama seperti Jepang, Hongkong, Taiwan, Singapura, Malaysia dan AS.

Permintaan ikan kerapu dari negara-negara tersebut sebenarnya sangat besar, namun karena penangkapan ikan ini sulit dilakukan secara massal, Indonesia mengalami hambatan untuk memenuhi meningkatnya permintaan tersebut. Oleh karenanya muncul ide untuk membudidayakan ikan kerapu, dan ternyata langkah ini cukup berhasil karena hasil budidaya dapat dipanen secara massal.

Ditinjau dari segi harga jual (khususnya untuk ekspor) ternyata, komoditi ikan kerapu menunjukkan trend harga yang baik. Sebagaimana diuraikan pada Tabel 2. harga ekspor ikan kerapu dari tahun ke tahunnya semakin meningkat. Pada tahun 1994 harga ekspor ikan kerapu berkisar antara Rp 10.000 s/d Rp 30.000 per Kg. Saat ini telah mencapai Rp. 52.000 (8 US $ dengan kurs Rp 6.500) s/d Rp 130.000 (20 US $) per Kg.

Tabel 2.
Perkembangan Harga Ekspor Ikan Kerapu

No.

Nama Ikan

1997 (Rp)

1999 (Rp)

Keterangan

1

2

3

Kerapu Sunu

Kerapu Lumpur

Kerapu Macan

80.000

37.500

45.000

130.000

70.000

90.000

 
Keterangan :
*) Harga untuk pasaran ekspor ke Hongkong, dengan kurs Rp. 6.500,- per 1 US $.

2. Pasar Dalam Negeri/Lokal

Meskipun usaha budidaya ikan kerapu dengan Kajapung ini orientasi pemasarannya adalaj untuk tujuan ekspor, namun sebagian dari hasil produksi diharapkan dapat dipasarkan pula untuk konsumsi dalam negeri, dengan pertimbangan untuk memenuhi peningkatan kebutuhan gizi masyarakat, juga untuk melayani permintaan dari restoran-restoran besar dan hotel-hotelberbintang, yang pada umumnya mencantumkan menu sea food di mana ikan kerapu menjadi salah satu menu primadona.

Sedangkan untuk menguji seberapa besar permintaan dalam negeri memang agak sulit, karena data statistik memang tidak ada. Akan tetapi, peluang pemasaran dalam negeri untuk komoditi perikanan laut, pada umumnya tidak terlalu menjadi masalah, apalagi bagi jenis-jenis hasil laut yang telah populer dan menjadi menu utama pada restoran atau hotel-hotel berbintang, seperti ikan kakap, kerapu, lobster, dan berbagai jenis udang, dimana dalam kenyataannya, produsen hasil laut pada umunya juga sangat kewalahan memenuhi permintaan dalam negeri.

Situasi Persaingan

Selain Indonesia beberapa negara lain yang dikenal sebagai produsen ikan kerapu adalah Filipina dan beberapa negara Afrika, kawasan produksi yang berkembang adalah di Asia Tenggara.

@

 

Taken from :bi.go.id

8 thoughts on “ASPEK PEMASARAN, BUDIDAYA IKAN KERAPU DENGAN KARAMBA JARING APUNG

    1. mas fahrul, usaha kami dsby membutuhkan ikan kerapu(tikus,sunu,macan) & Lobster laut (mutiara,pasir,bambu,pakistan) dlm jumlah banyak. silahkan kirimkan list harga tiap jenis & tiap ukuran ke email saya: rween_syah@yahoo.com.
      demikian besar harapan kita dpt bekerjasama. tks
      -Rween-

      1. Hi Rween,

        Masalah saya hampir sama dengan Fahrul.
        Tapi sebaliknya saya mau bertanya, harga dan ukuran berapa saja yang bisa diterima?

        Trima kasih sebelumnya.
        Irman

      2. mas rween, knlkan saya prince. alamat Tidore,maluku utara.
        kira2 klo mo join bisnis kerapu dengan anda gmna ya pemasarannya (harga dan biaya2 yg laennya)??makasih sblmnya.

        hp : 085228979233
        email:prins_rebel22@yahoo.com

  1. mas fahrul..tulung kasi tau saya link untuk pemasaran ikan kerapu macan di jawa timur, atau gmn caranya iar bs dieksport,
    trima kasih

  2. mas fahrul.. bisa kasih langkah2 klo mau jd exportir ikan spt kerapu kakap fresh dll ? please reply ke email saya. thx u.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s