Panen Arwana di Akuarium


karir anda mentok, karena pendidikan tak mendukung ? lanjutkan kuliah di |

tempat kuliah paling fleksibel SARJANA NEGERI 3 TAHUN – TANPA SKRIPSI ABSENSI HADIR BEBAS – BERKUALITAS – IJAZAH & GELAR DARI DEPDIKNAS MURAH DAPAT DIANGSUR TIAP BULAN -terima pindahan dari PTN/PTS lain
MANAJEMEN – AKUNTANSI – ILMU KOMUNIKASI – ILMU PEMERINTAHAN

022-70314141;7313350 : jl. terusan halimun 37 bandung- utkampus.net

Suatu saat memijahkan arwana di akuarium bukan lagi angan-angan. Tahap prematur usaha itu sudah dirintis Stanley Tan dari Singapura. Ia memboyong jantan arwana yang tengah menggendong telur ke dalam akuarium. Di sana pula siluk itu memuntahkan tidak kurang dari 32 burayak saat dipanen pada acara Aquarama 2007 di Singapura.

Di stan Raffles Arowana, sebuah akuarium berukuran 1,5 m x 90 cm x 60 cm tampak sejengkal keluar garis batas anjungan. Memang itu bukan disengaja, tapi semata-mata akibat pemasangan batas pengaman sekeliling akuarium. Batas kira-kira selebar 90 cm itu menjaga akuarium dari tangan pengunjung. ‘Biar ikan tidak mudah stres,’ ujar Stanley, sang pemilik.

Menurut Stanley golden crossback sepanjang 50 cm itu sudah terdeteksi menggendong telur sekitar 3 minggu menjelang Aquarama. ‘Saya lihat dari salah satu kolam arwana saya di Malaysia,’ katanya. Saat berenang cenderung memisahkan diri dan tidak mau melahap pakan. Rahang bawah jantan berumur 8 tahun itu pun sedikit menggembung. Tanda lain, betina setia mengekor gerakan pasangannya ke mana pun si jantan itu pergi.

Proses panen golden crossback dimulai sekitar pukul 14.00 waktu Singapura. Acara dimulai dengan dibukanya penutup atas akuarium oleh Stanley. Arwana itu segera dibuat mabuk dengan arus berputar yang diembuskan aerator. Tak sampai 5 menit, sang jantan itu mulai memuntahkan satu per satu burayak. Proses yang mengundang decak-kagum pengunjung pameran itu usai dalam waktu 15 menit. Tampak sang jantan mengitari burayak yang berserakan di dasar akuarium. (Dian Adijaya S)

@

 

Taken from :trubuson-Rabu, 31 Oktober 2007 20:39:52

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s