Arwana Irian dan Botia Jadi Primadona Raiser Cibinong


01/11/04 – Lain-lain: Artikel-dkp.go.id

Raiser Cibinong saat ini memiliki dua jenis ikan hias unggulan yaitu Arwana Irian (Schleropagus jardinii) dan Botia/Clown Loach (Botia macracantha). Keduanya merupakan hasil tangkapan alam dan masih sulit untuk dibudidayakan sehingga menjadi salah satu keunggulan ikan hias ini dibandingkan dengan ikan-ikan yang lain.

Sesuai dengan namanya, Arwana Irian (Jardini) hanya terdapat di Pulau Irian atau Papua terutama di daerah aliran sungai Kabupaten Merauke-Propinsi Papua. Pada umumnya Jardini memiliki warna yang didominasi oleh warna kehijauan dengan bintik-bintik kuning yang disebut mutiara. Pada sirip bagian belakangnya mengkilap dan berkilau. Ciri khas yang dimiliki Jardini tersebut akan semakin terlihat indah bila telah beranjak dewasa dengan ukuran sekitar 25 cm.

Harga Jardini tida terlalu mahal dibandingkan jenis arwana lain seperti Super Red. Ikan ukuran 15-20 cm harga eceran di toko ikan hias berkisar Rp. 150.000 – 250.000/ekor. Harga partai di raiser Cibinong, Rp. 60.000 – 70.000/ekor. Jardini juga memiliki pangsa pasar yang cukup menjanjikan. Konon, harganya semakin mahal dan banyak dicari oleh konsumen luar negeri, khususnya Jepang.

Selain Jardini, Botia juga menjadi primadona ekspor ikan hias. Ikan alam asli Indonesia ini ini berasal dari dua daerah Jambi dan Kalimantan. Botia memiliki bentuk tubuh yang indah dengan punggung agak membungkuk sehingga tampak seperti pesawat tempur. Harga Botia dengan ukuran 5 cm di pasaran lokal sebesar Rp. 3.000 – 5.000/ ekor sangat terjangkau untuk semua kalangan.

Ikan Hias Impor

Akhir Agustus 2004 lalu secara bertahap, Raiser Ikan Hias Cibinong akan mendatangkan ikan hias impor asal Singapura, Malaysia, Thailand, Hongkong, China, dan Peru. Jenis ikan hias yang diimpor diantaranya Red Tail Catfish, Discus, Tiger Stripped Antenna Catfish, Gold Fish, American Paddlefish, dan White Sturgeon.

Ikan-ikan ini didatangkan dengan tujuan untuk disebarluaskan kepada para petani /pembudidaya ikan hias khususnya petani binaan raiser. Selain menambah khasanah jenis baru, ikan impor ini juga diperlukan untuk menanggulangi inbreeding yang dilakukan oleh petani atau pembudidaya ikan hias. Dari budidaya inilah generasi baru akan didapatkan ikan yang berkualitas sehingga dapat dipasarkan kembali ke luar negeri.

23 thoughts on “Arwana Irian dan Botia Jadi Primadona Raiser Cibinong

  1. saya punya ikan arwana irian,biasanya ikan ini kami pake untuk makan,ada yang macam – macam baik besar maupun kecil ada yang silver ataupun golden,saya orang papua asli biasanya orang cina yang datang menipu kami dan ambil semua ikan – ikan kami dan menjualnya di jakarta,saya orang miskin tapi saya ingin membayai hidup saya dan sekolah saya lewat ikan – ikan ini,hanya saya bingung cara pemasaran ikan yang baik,jual di jakarta ataupun diluar negeri,semoga artikel saya ini di baca oleh peminat ikan,sebelumnya terima kasih

  2. ikan arwana papua (schleropagus jardinii) begitu melimpah di Kabupaten Merauke pada bulan Oktober – Februari, dengan daerah penyebaran meliputi Distrik Kurik, Distrik Jagebob, Sota, Muting dan Distrik Kimaam,. Namun dengan sumber daya yang melimpah belum bisa memberi kemakmuran bagi penduduk asli merauke, karena sampai sekarang belum ada orang, instansi atau perusahaan di Kabupaten Merauke yang bisa membudidayakan ikan ini. Ikan arwana banyak dijual oleh pengusaha-pengusaha yang pada umumnya adalah pendatang, sedangkan penduduk asli hanyalah mencari yang kemudian dijual ke pengusaha tersebut. Semoga dari sekian pembaca ada yang dapat memberikan solusinya,thanx…..

  3. saya juga menjual arwana super red jenis blood red uk +/- 15 cm Rp. 3,5 juta harga bagus lengkap dengan sertifikat dan cip.

    • saya ada golden pino uk.32cm,sertifikat+chip,sehat mata,sirip,lincah,lokasi jakarta. harga 850rb nego, ambil sendiri, kalo minat hub.saya di 0813-8599-2736,thx

  4. Fatimah re: Arwana Papua dd. 19/3/2008.

    Saya pernah tinggal di Merauke selama satu bulan dalam mengadakan studi mengenai potensi ikan air tawar/laut dan hutan, kami sangat prihatin melihat kekayaan alam Merauke yang belum dimaksimalkan. Selain Merauke, saya sempat meninjau ke Kaimana, Fakfak, Sorong, Raja Empat dan Biak ( 2001 s/d 2006). Semua kabupaten2 tersebut alamnya indah (tidak terlupakan) dan memiliki potensi laut dan hutan yang hebat.
    Saya akan kembali lagi ke Merauke, setelah dimekarkan menjadi beberapa kabupaten – Agats, Mappi, Merauke, Boven Digeol dan kami ingin ikut berpartisipasi dalam membangun Tanah Papua.
    Mengenai ikan Arwana kami siap memberikan informasi kepada koperasi2 dan organisasi2 pemuda untuk melestarikan ikan arwana dan potensi lainnya.

    GENESIS nature & technologies
    Jakarta

    • SAYA ingin tahu SEBARAN IKAN ARWANA JARDINI DI MAPPI DAN BOVEN DIGOEL…. jumlahx dan letak sebarannya dimana saja?, THX

  5. klo ikan botia banyak ditempat saya jambi , tp ikan ini ikan musiman di bln april biasa melimpah disungai2 jambi , apa emang betul ya ikan ini ikan exsport ?

  6. saya mau cari ikan arwana irian ukuran 15-20cm n brpa harganya klo ada call sya 021 95573531 khusus daerah cibinong or depok

  7. Saya punya ikan arwana irian panjang ±30 cm.kira2 apa yach makanannya untuk membangkitkan warna batiknya,,mohon infonya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s