Usaha Budidaya Ikan Mas Koki


09/12/05 – Informasi: Teknologi-dkp.go.id

Ikan hias memiliki daya tarik tersendiri karena mempunyai keunikan seperti keindahan warna, sirip, ekor, serta gerakan yang lemah lembut. Para penggemar ikan hias biasanya memulai dari hobi, kemudian beralih menjadi sebuah bisnis, dan akhirnya berkembang menjadi bisnis besar dengan tingkat perputaran modal tinggi serta memberikan keuntungan yang cukup menggiurkan.

Ditinjau dari aspek investasi dan permodalan bisnis ikan hias tidak membutuhkan investasi yang terlalu besar. Lahan yang diperlukan tidak luas, sehingga cocok untuk diusahakan di pekarangan rumah tangga dengan skala usaha kecil.

Namun demi kelancaran usaha hendaknya diperhitungkan beberapa hal yang penting antara lain: kontinyuitas ketersediaan benih dan mudah didapat, harga layak, kualitas memenuhi standar yang ditentukan. Setiap usaha pasti mengandung risiko, namun risiko dapat diperkecil dengan manajemen usaha yang baik. Oleh karena itu, diperlukan sumberdaya manusia yang berkualitas. Hal ini dapat diperoleh dengan upaya peningkatan SDM melalui pelatihan teknis dan manajemen usaha. Demikian pula dengan dukungan modal. Karena sekecil apapun bentuk usaha, tentu memerlukan dukungan modal. Di sinilah pentingnya kemitraan usaha antara penyedia modal (perbankan/lembaga keuangan lainnya) dengan para pembudidaya ikan.

Berikut ini adalah Usaha pemijahan ikan Mas Koki secara ekonomi mampu memberikan keuntungan yang cukup memadai sebagai usaha sampingan, disamping menikmati hobby terhadap ikan hias.

Ikan Mas Koki kualitas bagus dan sirip ekor bagus (cabang empat), nilai jual mencapai Rp. 20.000 / ekor.

Analisa Usaha Ikan Mas ( Investasi 5 tahun ) sbb:

Keuntungan per tahun sebelum pajak adalah Rp. 11.550.000 – Rp. 7.079.000 = Rp. 4.471.000

Sumber : Warta Budidaya Edisi 8 Tahun 2005

8 thoughts on “Usaha Budidaya Ikan Mas Koki

  1. bagaimana caranya menetaskan telur ikan mas koki kepala singa, solanya saya sdh berhasil membuat nya bertelur tapi tidah bisa menetas, tolong cara penetasannya secara detail biar bisa dicoba trimakasih sebelum nya untuk sarannya

    • Tergantung warna telurnya, kalau warna telurnya kuning, tinggal tunggu waktu menetasnya saja.
      Kalau warna putih, putih, biasanya itu artinya Busuk.
      Suhu Airnya juga harus dijaga, harus 10-30 celsius tapi, paling ideal sih 27-30 celcius.
      biasanya, kalau gak menetas dalam 15-21 hari, berarti telur-nya sudah mati.
      Oh, iya kalau telurnya jangan dicampur dengan induknya ya, soalnya nanti bisa dimakan…

      *Maaf ya kalau ada salah penulisan*

  2. Saya ingin memulai budidaya ikan hias ini, tapi kendala awal saya adalah bagaimana cara gamapang untuk membedakan mas koki jantan dengan betina?

    • Liat aja dari gerakannya, kalau cewek, lambat, kalau cowok, suka ngejar ngejar mas koki yg lain. Dan Kalau cewek warnanya AGAK Pucet gitu. Kalo jantan Cerah. itu yg plg gampang. Saran dr saya, kalo beli itu yang jantan, soalnya lebih lama hidupnya. Dan pilih aja mas koki yg tubuhnya ramping, karena bagi ikan mas koki tubuh yg ramping akan memperpanjang hidupnya. kasih makannya juga 1 hari sekali 8-12 butir pelet per ikan mas koki. Peletnya juga jgn yang besar besar, nanti gak bisa dimakan. (Mas koki saya juga saya gituin bisa tahan 7 bln sampe sekarang)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s