Teknologi Produksi Benih Kepiting Bakau (Scylla paramamosain)


01/03/06 – Informasi: Teknologi-dkp.go.id

Kepiting bakau termasuk satu diantara komoditas perikanan bernilai ekonomis penting di wilayah Indo-Pasifik. Produksi kepiting bakau Indonesia selama ini masih sangat mengandalkan hasil penangkapan di alam dan hanya sebagian kecil dihasilkan dari kegiatan budidaya, seperti yang sudah berkembang di beberapa daerah di antaranya Bone, Sulawesi Selatan.

Berdasarkan peluang usaha tersebut mengakibatkan intensitas penangkapan kepiting di alam terus meningkat baik yang beaikuran konsumsi maupun ukuran kecil sebagai benih dalam kegiatan budidaya, sehingga di beberapa daerah dilaporkan telah terjadi tangkap lebih yang bcrdampak merusak populasinya di alam. Untuk mengimbangi laju penangkapan tersebut perlu adanya upaya ke arah pembenihan terkendali.

Sejak beberapa tahun terakhir ini Balai Besar Riset Perikanan Budidaya Laut (BBRPBL) Gondol-Bali telah berhasil memproduksi benih kepiting bakau dari spesies Scylla paramamosain. Disamping itu, telah dilakukan kerjasama penelitian dengan Bribie Island Aquaculture Research Center (BIARC) Australia yang dibiayai oleh ACIAR Project No. FIS/1999/076.

Kepiting bakau dapat digolongkan ke dalam 4 spesies, masing-masing Scylla serrata, S. tranquebarica, S. paramamosain dan S. olivacea yang semuanya dapat ditemukan di perairan Indonesia. Namun di BBRPBL – Gondol induk yang digunakan adalah dari spesies S. paramamosain, sedangkan di Australia adalah spesies S. serrata.

Kategori induk yang digunakan dalam pembenihan adalah jenis kepiting betina dewasa debar kerapas > 12 cm), dalam kondisi sehat yang dicirikan dengan warna cerah, anggota tubuh lengkap serta respon yang cepat apabila kaki renangnya ditarik.

PENGELOLAAN INDUK
Sebelum transportasi dianjurkan untuk melakukan perendaman kepiting dalam air garam yang bersih (kadar garam 25-34 ppt) selama 3-5 menit untuk menghindari dehidrasi selama transportasi. Pada saat transportasi sebaiknya kepiting disimpan dalam kondisi suhu rendah. Induk yang telah ditransportasi direndam dalam larutan formalin 200 ppm selama 15-20 menit untuk mencegah adanya kontaminasi dari luar.

Bak pemeliharaan induk dapat berupa bak beton ataupun fiberglass dengan menggunakan substrat pasir putih setebal 5 cm dan sistem air mengalir. Ketinggian air dalam tangki berkisar 40-50 cm. Padat tebar induk dalam bak berkisar 1 ekor per m2. Pemberian pakan berupa daging kerang laut dan ikan rucah dengan perbandingan 1:1 dengan dosis 15% bobot tubuh pada induk dengan tingkat kematangan gonad (TKG) I dan menurun sampai 5% pada TKG IV atau menjelang pemijahan.Pemijahan (inkubasi)
Pemijahan induk kepiting bakau biasanya berlangsung 1 – 2 minggu setelah dipelihara dalam bak. Waktu pemijahan selalu berlangsung pada malam hari. Induk yang mengandung telur sebaiknya direndam dalam larutan formalin dosis 50 ppm selama 1 jam untuk menghilangkan parasit dan jamur yang mcnempel pada massa telur. Lama inkubasi antara 8-10 hari pada kondisi suhu 29-30°C. Selama masa inkubasi induk kepiting tidak diberi makan hal ini untuk menjaga kebersihan lingkungan. Waktu penetasan telur selalu berlangsung pada pagi hari.

Bentuk dan ukuran tangki
Bentuk tangki yang ideal adalah bulat kerucut dengan kemiringan dasar tangki ± 10°. Ukuran yang disarankan dengan volume 1.000-5.000 liter.

PEMELIHARAAN LARVA

Pengelolaan air laut
Air laut sebelum digunakan terlebih dahulu harus disterilisasi dengan klorin 10 ppm selama 24 jam, selanjutnya ditambahkan Na-thiosulfal dengan dosis 5 ppm unluk menetralkan klorin yang masih tersisa di dalam air laut.

Penanganan larva
Sebelum dilakukan penebaran larva, sebaiknya suhu air disesuaikan dengan yang ada pada bak penetasan. Goncangan suhu diusahakan hanya bcrkisar 1 °C. Padat tebar larva berkisar 50-100 ekor/ L. Tingkatan stadia kepiting bakau terdiri dari: zoea-1 sampai dengan zoea-5 : 12-14 hari; megalopa: 7-10 hari dan selanjutnya menjadi krablet (kepiting muda).

Pemeliharaan megalopa – krablet
Setelah mencapai stadia megalopa dilakukan panen dan pemindahan ke dalam bak pendederan. Hal ini untuk mengurangi kanibalisme, karena megalopa sudah dapat berenang cepat dan sudah dilengkapi sepasang capit untuk menangkap mangsanya. Pendederan biasanya berlangsung selama 2 minggu hingga mencapai stadia krablet-2 sampai krablet-4. Pendederan dengan kepadatan 250 -1.000 ekor/rm dan menggunakan shelter berupa karang dan waring, dapat menghasilkan sintasan sebesar 70-80% krablet-2 sampai krablet-4 yang selanjutnya sudah siap ditebar di tambak.

Jadwal pemberian pakan selama pemeliharaan

Jenis Pakan
Stadia
Megalopa
Krablet
Z-1
Z-2
Z-3
Z-4
Z-5

BALAI BESAR RISET PERIKANAN BUDIDAYA LAUT
Dusun Gondol, Desa Penyabangan, Kec. Gerokgak
Kab. Buleleng – Singaraja 81155
PO.Box. 140 Singaraja-81101
Telp.: 0362-92278; Fax.: 0362-92272
E-mail: gondol_dkp@singaraja.wasantara.net. id

22 thoughts on “Teknologi Produksi Benih Kepiting Bakau (Scylla paramamosain)

  1. Assalamu’alaikum

    saya tertarik dg artikel anda, saya mahasiswi Universitas Lampung.ada yg ingin saya ketahui lebih banyak tentang kepiting bakau ini. adakah cara lain untuk membudidyakannya selain dengan cara sperti diatas, misalnya menggunakan sistem tebar bibit kecil kepitng dalam satu tempat disekitar bakau dalam jumlah yang banyak,dg lahan dibatasi dgan pagar bambu agar kepiting tidak keluar dsb. apakah cara ini baik?mhon penjelasannya.. trims.Wssalam

  2. Salam,
    Mohon penawaran harga bibit keptng bakau dewasa 90-100 gr Franko Juanda Surabaya, minimum order, cara kemas & pembayaran, serta kondisi lain-lain yg hrs sy penuhi. Sy tertarik utk pembesaran di tambak kami di Surabaya.
    Trims,
    Khairun

  3. saya sedang sedang mencari tempat PKL (Praktek Kerja Lapangan) tetapi pengen gabung dengan program pemerinta, biar biayanya bisa bantu. kira-kira di gondol bali ada ga ?

  4. assalamualaikum, saya bpk Ruslan dari malaysia ingin gabung dalam usahasama membangunkan pembibitan kepiting dan budi kepiting baik di indonesia atau malaysia. Saya memerlukan teknikal partner yang punya ilmu dan pengalaman yang luas dalam bidang ini. sesiapa yang berminat sila email ke saya mhakim93@gmail.com atau flexinet@gmail.com. Salam Ir. Md Ruslan Mispan

  5. Saya ingin mencoba pembenihan kepiting mohon info pakan untuk larva semua stadia dan parameter air media larva. Apakah sudah ada buku PEMBENIHAN KEPITING yg sudah dijual?

  6. pak bisa gak pemijahan di lakukan di bak dengan air tawar karena tempat tinggal saya jauh dari laut saya berminat untuk mengembangkan pemijahan kepiting bakau ini

  7. kepada yth balai budi daya kepiting di singaraja bali gimana cara pembibiutan kepiting gimana cara pemijahannya dan apa fasilitasnya untuk dibuat dan utuk biaya pemijahan dan pemebsaran kira-kira berapa biaya minimalnya dan dimana balai pembibitan dan pembibitan kepiting di daerah pan tura atau jawa saya mohon konfirmasinya

  8. salam..

    saat ini saya menjual CD cara budidaya kepiting yang benar, hanya dengan harga 60 ribu/CD (sdh msk ongkos krm). CD bukan berisi ebook PDF atau paparan data melainkan video interaktif/audio visual bagaimana prakteknya langsung di lapangan. dan ada juga buku panduannya (berwarna + bergambar) harga 60 ribu.

    jika berminat silahkan hub.saya di 081-911857815 atau email rozi679@gmail.com.

    terima kasih

  9. yth balai budi daya kepiting di bali
    saya sangat tertarik dengan artikel anda karena memang budidaya kepiting be
    nar-benar diperlukan khususnya bagi para pelaku usaha bidang budidaya kepiting agar tidak mengancang kelestarian kepiting di alam bebas..saya memiliki tambak kepiting di cilacap jateng tepatnya didesa maradua panikel,selama ini saya masih mengandalkan bibit dari hasil penangkapan liar,hal ini sangat tidak efisien karena kadang kita harus antri untuk mendapatkan bibit tersebut dari pemadong bibit.,kami akan sangat berterimaksih jika diberi kesempatan untuk mempelajari langsung dari teori2 yang bapak kemukakan diatas,atau kiranya pelatiahn tersebut bisa diadakan di daerah kami yang masih sangat memiliki potensi luar biasa.

    trimaksah dan salam sukses

  10. saya tertarik dengan budidaya kepiting..tlong bles tunjukan cara budidaya kepiting dengan benar…d mna tmpat beli benih kepiting yg unggul dan harganya berapa…trims

  11. jual bancian kepiting, kroyoan kepiting,size 2 up,3 up , 4 up , 5up , 6 up , 7 up, 8 up , 9 up , 1 kg up

    jenis kepiting bakau warna hijau/ srilangka, jantan dan telur, packing sterefom,cara ikat sesuai riquest order,tali gramang / ikat ful,tali yg digunakan tali rafia warna merah,bila ingin order bisa hub 08881107389 . terimakasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s