Pengolahan Bakso dan Sosis Ikan Patin


19/03/04 – Informasi: Teknologi-dkp.go.id

Ikan patin (Pangasius sutchi) yang banyak dibudidayakan saat ini, merupakan salah satu hasil perikanan perairan umum yang besar potensinya untuk dikembangkan. Secara tradisional ikan patin telah diolah menjadi produk asap.

Dengan kemajuan yang dicapai pada bidang riset budidaya, ikan patin jambal yang merupakan jenis ikan patin lokal membuka peluang untuk dimanfaatkan secara lebih luas lagi. Bentuk olahan lain yang dapat dibuat dari ikan patin adalah bakso dan sosis.

Penanganan Ikan Hidup dan Cara Mematikan
Bahan mentah untuk pembuatan bakso dan sosis harus betul-betul segar agar diperoleh produk akhir yang bermutu tinggi. Untuk memperoleh bahan baku bermutu tinggi, penanganan ikan basah harus dimulai segera setelah ikan diangkat dari air tempat hidupnya dengan perlakuan suhu rendah. Ikan yang masih hidup dimatikan dengan merenndamnya dalam air es/dingin selama 10 menit.

Ikan harus disiangi sesegera mungkin setelah ikan mati karena apabila sekali darahnya mulai beku, maka daging akan mengalami diskolorasi (perubahan warna) sehingga akan mempengaruhi warna produk akhirnya.

Penyiangan dan Preparasi Ikan
Penyiangan dilakukan dengan membuang kepala. sisik dan isi perut sebelum daging dipisahkan, karena kepal dan isi perut mengandung lemak dan enzim protease yang dapat menurunkan kemampuan gel; disamping itu isi perut banyak mengandung bakteri dan juga dapat menggelapkan warna dagingnya.

selengkapnya….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s