Budidaya Ikan Cupang (Betta splendens)


19/05/05 – Informasi: Teknologi-dkp.go.id

Ikan cupang adalah ikan hias yang sangat dikenal oleh masyarakat khususnya anak-anak, karena ikan tersebut selain rupanya yang cantik juga dapat merupakan tentera yang menarik bila diadu. Ikan ini juga sering disebut ikan laga dan nama latinnya adalah Betta splendens, termasuk dalam famili Anabantidae (Labirynth Fisher).

Tanda-tanda Ikan Jantan dan Betina

Jantan :
Betina :

Cara Berkembang Biak
Ikan ini berkembang dengan cara bertelur dan telurnya menempel pada substrat seperti akar tanaman, daun-daun atau serabut rapia.

Langkah-langkah yang perlu diketahui :

  1. Pilihlah induk yang baik dan jantan yang cantik dan agresif.
  2. Pisahkan antara induk jantan dan induk betina dan diberi makan yang cukup selama 4 s.d. 5 hari.
  3. Masukkan induk jantan dan induk betina kedalaman tempat pemijahan (toples, aquarium, ember, baskom) yang telah diberi
    tanaman air (eceng gondok atau serabut rapia dengan kedalaman air ± 25 cm).
  4. Setelah 2-3 hari akan terlihat telur menempel pada daun atau rapia.
  5. Pindahkan yang betina dan beri makan secukupnya.
  6. Selama 2-3 hari anak ikan tersebut tidak diberi makan karena masih ada persediaan kuning telur dalam tubuhnya.
  7. Selama 2-3 hari kemudian anak-anak ikan tersebut perlu diberi makan infosuria selama 3 hari kemudian diberi makan kutu air yang disaring selama 10 hari dan setelah itu dapat diberi kutu air tanpa disaring.

351 thoughts on “Budidaya Ikan Cupang (Betta splendens)

  1. cari induk ikan cupang/beta yg bagus di jogja dimana ya?
    saya mau membudidayakan ikan jenis unggul.harap kasih info detail.thans

  2. Brow….!!!

    Cari Induk Cupank yang bagus di Bandung dimana Ya?

    Truz Cara Ngebedain yang jantan ama yang betina gmn? Ada Tanda2 Khusus ga ?

    Thanks Brow!

    • salam kenal,mas sdh dapat info dmn cr indukan cupang di jkarta ? tolong ak dikasitau juga alamatnya, thx / gatot

    • betina itu di ambil sewaktu betina selesai bertelor.. jadi bukan di ambil setelah tlornya menetas.. bisa² anaknya bakal di lahapnya tuh ama betina.. sedangkan yang jantan teta di biarkan sampai anak²nya berumur 3 sampe 4 hari…( jangan beri makan ikan yang sedang di kawinkan)

      • hy…..?
        aku mempuyai ikan laga dirumah…aku pgn kli berternak ikan laga tp masalah y aku g puya yg betina,masalah y di padang yg ikan laga betina g da yg menjual y…….
        klo bisa teman ngsi informasi bwat aku di mn aku hrus mencari ikan betina y tu……?

        las ya…?

  3. salam kenal..
    selain kutu air,anak ikan cupang dikasih makan apa ( yang mudah dicari sebagai alternatif pilihan )?

    supaya anak ikan tumbuh sehat, saat mau bertelur makannya apa?

    jual ikan cupang dengan harga yang bagus di SBY, ada didaerah mana?
    beli indukan yang bagus ikan cupang di SBY ada di mana?
    mau dong, ebook tentang cupang ( kalopun ada? )

    atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih..
    semoga comment saya segera mendapat jawaban.. ‘-)

    • selain kutu air.. qm bisa kasih anak ikan cupang itu.. susu bubuk ( biasanya saya ngasih bubuk dancaw)

      makanan yang bagus yaitu.. jentik nyamuk… ato pelet betta
      waduh.. maav ya.. saya bukan org sby.. jadi ngk tau tuh.. kalo mo beli indukan dimana..

  4. mo nanya nich.. klo habis bertelur kan yg jantan yg ngasuh ankny, trus sampai umur berapa cupang jantany bisa d pisahkan dari anakan cupang. Sebelum n sesudah trim’s yg banyak..

  5. cari indukan unggul siap diternakin buat serit ma halfmoond dimana ya beri info ya di emailku , ok
    da yang udah disilangin ga

    harganya brapa ya

    • gampang bedainnya.. pertama tanya ma yang jual dulu yang mana yang jantan & betina tapi kalo gak ada orangnya yang jaga dilihat dari bentuk badan yang jantan umumnya lebih proporsional atau tidak terlalu gemuk sebaliknya dengan yang betina & warna yang jantan lebih cerah menyala sebaliknya dengan yang betina juga ekornya jantan lebih panjang dari betina tambah lagi jantan umumnya lebih agresif dibanding betina, walaupun betina juga ada yang agresif tapi biasanya tidak banyak.

  6. cari induk ikan cupang/beta yg bagus di jogja dimana ya?
    saya mau membudidayakan ikan jenis unggul.harap kasih info detail.thans
    =====================================================
    pasar ngasem bny bgt don.tinggal pilih aja yg sesuai keinginan.

  7. kang ferly, … kalo di bandung, bibit cupang yg bgs bisa di beli di jl. kebon jati depannya SMAN4 tokonya tidak nampak dari luar cuma masuk ke gang sempit samping toko penjual kopi, tks

  8. kami punya indukan halfmoon, serit, aduan kamboja, tailand, singapore harga miring bila berminat hub pak sigit 08882221177. trims

      • murah kok,apalagi kalo lo jalan ke pasar jatinegara paling sekitar 5000perak udah dapat yang cakep n lo pinter2 milihlah.oke selamat memulai petualangannya yach

      • banyak bos.. di daerah slipi buanyak banget ane banyak sodara ternak di sana… n di petukangan juga ada ya kaya dirumah ane… kalo mau hub ane aje tar di kasih tau yang mana tempat paling bagus dan murah… kalo gak tau juga pergi aja ke Jl. Kartini atau Ps. Ikan BArito yang baru kalo yang lama udah di bongkar jadi taman kota tapi kadang mereka juga beli dari tempat kita juga sih… gak papa sama aja

  9. bagaimana cara mengembangbiakkan ikan cupang dengan baik dan benar?
    dan apabila jantan itu memakan telurnya sendiri apakah jantannya harus di pisahk

    • dateng ke blog ikan-cupangku.blogspot.com tar saya jelasin sejelas-jelasnya.. soalnya banyak yang pada kasih info ternak ikan tapi kurang jelas… jadi tunggu update terbarunya aja…

    • jantan : warna cerah, badan langsing, jika ketemu jantan lain akan melebarkan sirip dan mukanya
      Betina : kebalikan dari jantan

  10. halo bos cari indukan cupang di bogor dimana ya? dan kalau ngebedain jantan atau betina gimana ada ciri tertunya ga?

    • ikan cupang yang jenis kelamin betina biasanya gerakannya agak lambat dibandingkan pejantan dan ikan cupang betina dibawah perutnya ada warna putih sedangkan pejantan tidak ada, untuk keterangan lebih lanjut sms ke 08998745398

    • umur jantan dan betina siap kawin sekitar 2 atau 3 bulan, permasalahan betina tidak bisa bertelur dikarenakan air yang sering ganti sehingga telur akan kelihatan berwarna putih atau terlalu muda, sedangkan jantan siapkawin dilihat dari dia membuat gelembung kecil yg jumlahnya banyak dan fungsi nya untuk melindungi telur, setelah itu caranya siapkan jantan yg sudah didiamkan selama 2 hari disuatu wadah dgn air yng secukupnya setelah itu masukkan betinanya jaraknya 3 hari masa kawin setelah bertelur angkat betinanya, dan biarkn jantan yang mengerami selama 10 hari kemudian pisahkan dari anaknya .oke trims selamat mencoba

    • masa kawin jantan dan betina 3 hari, setelah itu pisahkan betina biarkan selama 10 hari jantan mengerami anaknya, setelah 10 hari angkat jantan

    • jangan kwatir jantan kaga bakal makan anaknya kok klo yang betina makan anaknya n usahain jangan kasih kutu air dulu bab ditakutkan anakannya nanti disangka kutu air karena besarnya sama n untuk lebih baik beri aja pakan kuning telur rebus karena jantan biasanya memberi makan kuning telur yang terkandung didalam tubuhnya dan itu hanya 3 hari setelah telur menetas.balas

  11. infusoria itu semacam zooplankton,, ukurannya biasanya lebih kecil daripada kutu air (daphia) dan warnanya putih,,

  12. bro aku mw nanxa,aku punya ikan cupang di rumah N q kwinkan tp ikan betina nya mlah mati,knapa ya bro????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????

    • kalo itu berarti ikan betina nya ga cocok sm ikan jantan. Karena biasanya ikan jantan mesti bertengkar dulu sm ikan betina di awal pemijahan. Kalo mereka cocok, bisa akur tapi kalo tidak ya ada kemungkinan si betina malah mati gara2 bertengkar dengan si jantan.

  13. aku punya betta yang sudah brtelur dan menetas…

    kira-kira bagus nya di beri makan apa(anak-anaknya)????
    karena 1 minggu atau lebih anak-anaknya pada hilang entah kemana…
    kira-kira itu dimakan pejantannyaa ato mati gara-gara makanannya tidak cocok????

    saya biasa kasih makan bubur bayi…….

    • setelah 10 hari mengerami anaknya jangan biarkan jantan bersama anaknya diusahakan dipisahkan karena jantan akan memakan anaknya sendiri, anaknya berikn makanan kutu air atau cacing kering bisa juga susu bubuk tapi jangan terlalu banyak. oke

  14. oi…aku punya banyak ikan cupang,aku ingin tau gimana cara membedakan yang mana yang jantan dan yangmana yang betina?aku pengen membiakkannya.bls ya!!!

    • dari fisiknya : jantan tubuhnya lebih pipih daripada betina, kalo betina tubuhnya lebih oval dengan perut menonjol.

      dari warnanya : warna si jantan jauh lebih menarik daripada warna si betina

  15. cari bibit cupang plakat, halfmon, aduan yang baik di mana? berapa kira2 kisaran harganya ? bagaimana budi daya kutu air yang mudah?

  16. info buat temen2 pecinta cupang : cara buat kutu air. siapkan gentong kcl, isi air dgn klapa busuk 2potong+ kotoran ayam 1-2 sendok mkn, kmdn ditutup ats gentong dgn sringan nyamuk dan diamkan 2-3hari. kita ambil kutu air dan saring dan siap sajikan ke anakan….

  17. salam semuanya

    aku mahasiswa salah satu perguruan tinggi di bdg

    mau nyoba buat ternak ikan cupang,klo di daerah bandung,dimana aku bisa beli indukan ikan cupang yg bagus ya?

    makasih

    klo yang mau ngasih tau,kirim aja e-mail ke luvsukzbgt@yahoo.com

    • untuk pengemar cupang.
      kalau sirip cupang rusak atau habis diadu, siapkan botol brisi air masukkan 1 sendok teh garam dapur atau garam beryodium, biarkan selama 3 hari dan beri makan secukupnya. oke

      • ekor atau sirip yang rusak sepengetahuan saya sudah tidak bisa tumbuh lagi seperti semula. jadi jaga ikan cupang hias anda jangan di adu doong.. kan bukan ikan aduan… bisa tumbuh… tapi dikit.. di kasih garem hanya untuk menyembuhkan lukanya saja…

    • ikan cupang bukan termasuk ikan air deras.. jadinya ikan cupang tidak perlu di taruh di tempat air yg mengalir sprt ikan mas.. habitat aslinya ikan cupang ini berkembang biak di rawa”..

    • tergantung klo jenis aduan dilihat dari tubuhnya harus besar, mulutnya besar, warna gelap dan ekornya tidak terlalu panjang,

      kecuali utk jenis nonaduan/hiasan dilihat dari ekor dan warnanya yang cerah

  18. kualitas ikan cupang ekspor yang bagus yang jenis apa?

    website koperasi yang mengelola tentang ikan cupang tau ga?

    ada ga market ikan cupang? soalnya bingung budidaya tapi pemasarannya ga tau………?

    makasih……….!!!!!!!!!!!

    • untuk di indonesia banyak ada jenis serit, half moon, plakat, bagan, dll, tapi tau gak hanya ikan indonesia jenis serit yang pernah di hargai paling mahal di dunia jenis serit doble crown tail dengan harga 14 juta pada saat itu… kerenkan… serit itu ikan asli indonesia lo…, kalo koprasi sy belum tau banyak tapi biasanya di kelola perorangan sih…, market banyak di mana-mana…. pasti di lingkunyan aji ada tergantung tinggal dimana… bingung budi daya…banyak website yang menerangkan cara budidaya con tohnya di tempat saya, pemasaran bisa di lingkungan sekitar, atau promosiin di sini…bos…

      • Pemasarannya setau aku di sekolah-sekolah SD gitu.laku keras kok……boleh juga ditambah pake keliling kampung.

  19. numpang lewat nih. apakah di bekasi udah ada asosiasi penggemar ikan cupang, dan untuk kontes jenis slayer (non aduan) biasa diadakan dimana untuk daerah bekasi > makasiiiiiiih

  20. Mau tanya anak ikan cupang saya udah
    2 hari umurnya hari ke-3 kok gak ada lg !!!
    Pa dimakan Pejantanya ya..
    tolong dong caranya gimana ???

  21. sy tergolong baru menggemari ikan cupang, apakah dg perkawinan silang antara ikan cupang bisa menghasilkan species baru? Sy lihat diinternet foto-foto ikan cupang sangat cantik, sementara di daerah sy di Bima, ikan itu tidak ada dan didatangkan dari luar.

  22. permisi2… maaf pak/bu boleh pinjem gbr ikan dsitus ini g..? bwt bikin tgs kuliah.. saya dsuruh bikin website.. boleh y pak/bu/om/tante/mba/mas…?

  23. alternatif pakan lain bisa gx selain kutu air utk cupang berumur 3 hari ?

    ech infosuria itu apa ?
    Thanks…… please reply okay . . .!

  24. Alow… gw ada masukan nih… cara nernakin cupang di indoor yg ga ada sinar matahari dan eceng2an ga bisa idup….. taneman eceng bisa diganti ama plastik bungkus rokok.. abis itu dmasukin ke aquarium/embernya… ntar 2-3 harian telur2 cupang bisa nempel diplastik itu… itu alternatif lain klo kmu sulit ngedapetin eceng2an….

  25. KK ku ada ikan hias bagus banget, mau ikut kontes tapi di mana untuk daerah balikpapan, dan aku punya 3 betina tapi kok kgk mau kawin ama jantan yang mau ku ikut kan kontes padahal caenm banget tuh ikan jantanya, tolong bantunya kk,

    and betina nya tuh udah sekitar 2,5 bulan kau beli yang kecil ampe gede
    tapi maseh belom bisa juga kk

  26. KK ada yang jual Ikan cupang Hiasss YAng udah M4nt4p kgk serta bsa dikiriim ke balikpapan THKSSSSSSSSS ya

  27. Masih bingung nich mau ternak cupang…..
    pejantan ma betina dah dimasukin dlm satu tempat
    pas dilihant 2 hari malah sirip pejantan ma betinanya ruksak…. saya mau nanya:
    apa karna pejantan dan betina masih kurang umur y untuk di kawinkan

  28. Saya peternak ikan cupang biasa, apakah ada yang minat sebagai pembeli, jika diperlukan kami akan supply per bulan ada 2000 ekor jantan umur 3 bulan.

  29. saya dari jawatimur,saya pengen cari pasar ikan cupang yang paling rame dimana ya!insyaallah saya bisa menyediakan pesanan ikan cupang yang berkualitas!berminat,kirim order ke email saya

  30. Hi smuanya para Cupangers!
    Saya mau tanya neh, utk pendederan benih cupang umur 2 mggu di kolam tembok ukrn 2mx4m bagus tdk?
    Terima kasih

    • gampang bgt.. kita liat aja dari bentuk bdan (pendek+agak gemuk) trus.. bagian bawah perutnya dapat kita liat berwarna putih… sedangkan pada jantan tidak bgitu jlas…

  31. apa bedanya cupang serit & bulan ? balasssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssss!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  32. Kira berapa ukuran minimal aquarium untuk pengembangan indukan,pemijahan dan anakan yang baru menetas?
    sesudah dipisahkan dari induknya anakan sebaiknya diberi makan apa?

    • biasanya betina yg siap dikawinkan itu ciri²nya

      1. suka menggoyang²kan ekornya..jika di dekatkan pada jantan dlm toples yg berbeda.
      2. melawan jika di dekatkan dengan yg jantan.
      3. suka bermain di bawah gelembung² yg di susun oleh si jantan
      4. bergerak lamban.

  33. tolong beri saya informasi tentang bagaimana memelihara merawat sampai mengawinkan ikan cupang dengan baik..
    dan bagaimana cara mencari bibit ikan janatan dan betina yg bagus untuk dikawinkan dan menghasilkan keturunan yg bagus juga..

  34. sktar tahun 2004 saya pernah ternak ikan cupang, alhamdulillah saya dapat menernaknya dgn baik, saya bisa dpat anak ikan ratusan ekor dari hasil ikan yg saya kawin kan, jd skrang saya mau cari ikan cupang yang bagus sperti di photo, bisa kirimkan ikan yang bagus gak ke riau..? nanti saya transfer kan uang nya, atau gini saya minta no. HP yg bisa di hubungi… Bls

  35. hi guys… aku lagi nyoba untuk ternak cupang nih.. kemarin gw nyoba ngawinin cupang jantan dan betina, udah berhasil kawin, udah bertelor juga, tp si jantan ga mau ambil telornya untuk ditaruh di sarang busa. Alhasil telornya diambil si betina untuk ditaruh di busa sarang, tapi waktu sampai atas diusir sm si jantan. telornya jatuh semua..

    Selang 1-2 hari aku coba kawini lagi, tapi si betina malah digigit sm si jantan, sampai luka. Tolong bantuan ilmunya donk supaya si betina mau kawin dengan si jantan td, dan si jantan mau ambil telornya…

    Apa mungkin si betina trauma dengan si jantan, jdnya ga mau dikawinin ya ?

    • buat kejadian itu.. berkemungkinan si jantan belom cukup umur.. ato karna terlalu sering di beri lawan (dihadap²in sama jantan laen) jadinya si jantan ber ambisius untuk membunuh betina tersebut..
      dan untuk si betina yg lagi trauma.. beri dia obat
      1. rebusan 1 lembar daun ketapang dan jangan sampe terlalu pekat
      2. beri pakan jentik nyamuk.. ato pelet betta(khusus untuk cupang).
      3. ganti airnya 3hari 1x.
      betina yg telah bertelor untuk bisa bertelor lagi selang waktu sekitar 2 minggu ato lebih.. jadi jika kita kawinkan betina itu 2 ato 3 hari stlah dia bertelor pantas aja dia dihajar jantan..( telornya dah ngk ada)
      apa yg mau dikeluarkan??? heheh…

  36. bagaimana tanda betina sudah matang telur? bagaimana tanda jantan siap kawin? brapa jarak waktu prkawinan pertama dgn yang kedua? pakan apa yang lebih baik untuk indukan dalam mempersiapkan sebelum & sesudah perkawinan? bagaimana tanda telur yang baik, yang menetas? apakah perlu ganti air saat penetasan telur? sampai umur berapa anakan ikan cupang mulai disortir & dipisah? terima kasih

  37. aku pernah budidaya ikan cupang.tapi untuk cari makan ikan kecilnya sulit banget kutu airnya sulit dicari dan kalau boleh tahu infosuria itu apa.

    • infosuria itu sejenis ulat akan tetapi ukurannya sangat kecil.. cocok untuk pakan burayak(anakan).. ngk perlu khawatir untuk pakan anakan.. pada umur 6 ato 7 hari.. beri aja susu bubuk( sekedarnya) terserah mereknya apa kl aq seh kasih(susu bbuk dancaw).. ato juga bisa kita beri kuning telor.. yg terlebih dahulu kita jemur.. biar tidak menggumpal..

      • bener kata bos adie.. tapi bisa juga kalo mau taruh ikan anakan baiknya di taruh di kolam ukuran 1x1m per induk ikan karena kalau tidak anakan akan banyak yang mati. dan pada umur 1 s/d 6 hari anak ikan tak perlu dikasih makan tidak apa-apa yang penting anakkan di taruh di kolam yang airnya sudah di diamkan semalaman karena pada ikan anakan masih terdapat zat makanan dalam tubuhnya setelah menetas. baru hari berikutnya dikasih susu bubuk atau kuning telor rebus. untuk selanjutnya apabila anakan sudah agak lebih besar atau seujung lidi baru boleh dikasih kutu air biar pertumbuhan anakan lebih baik. tambahan info baiknya kalau mau mencari biang ikan cupang & mau di kawinkan harus berumur 5-6 bulan ini adalah masa terbaik untuk ikan cupang kawin & bisa di kawinkan terus menerus dengan jeda 1 bulan. hasilnya setiap indukan akan menghasilkan kurang lebih 700 anakan yang sehat. Dan bagi yang mau mengembangkan ikan cupang tapi tidak mempunyai kolam yang banyak & ingin mengembangkannya dengan media Bak kamar mandi bisa di lihat di ikan-cupangku.blogspot.com…. thanks

      • betina & jantan sudah cukup umur sekitar 5-6 bulan, jarak perkawinan ideal 1 bulan, kasih makan cuk atau kutu air saja lebih bagus karena alami. telur agak sedikit warnanya putih kecoklatan, dan biasanya tetap mengambang diatas permukaan air, tidak perlu ganti air, anakan di sortir dari kolam ikan cupang pada umur +/- 1 bulan, ingat pada saat di campur anakan harus cukup pakannya yaitu cukup kasih makan kutu air saja… ok..jelas…
        info lebih lanjut di ikan-cupangku.blogspot.com

        oh ya kalau susah cari makan kutu air, kita bisa ternak kutu air yaitu dengan menaruh gedebong pisang yang ditaruh dalam wadah yang berisi air tunggu beberapa hari nanti akan ada timbul anakkan kutu air yang siap di lahap ikan cupang kita bos…

    • bagi pemula.. pecantan itu badannya agak langsing.. dan pada bagian bawah insangnya siripnya panjang..

      sedangkan yg betina.. badannya agak gemuk dan pada bagian bawah insangnya siripnya agak pendek…

      ikan yg siap dikawinkan itu..
      1. berbadan sehat..
      2.swaktu ketemu lawan dia tanggapi dngan santai( tidak brutal)
      3. dan jika kita dekatkan dengan yg betina.. dia akan menggumpulkan buih2 pada permukaan air..

      dan buat betina yang siap kawin..
      1. badannya sehat(gendut)
      2. pada bagian bawah insang nya terlihat dubur yang berwarna putih (menonjol)
      3. biasanya betina yg siap kawin itu.. melawan jika ketemu dengan ikan jantan..

  38. saya pengen tau donk tempat beli ikan cupang yang kualitas bagus tapi harga miring bangatz di bandung yang tempatnya deket m dipati ukur di mana se ya?

    sateu’acana hatur nuhun……

  39. kalu jemis plakat hrganya brp maz?
    disolo,yang saya temui hanya jenis serit dan halfmoon,dlu ada double tail tp skrg tidak ada,
    tolong jelaskan tentang jenis yang lain khusus cupang hias,
    bukan betta yg laen,thanks b4

  40. Saya mau tanya, untuk indukan sebaiknya umur brp ya? Dan sebaikya indukan digunakan berapa kali pemijahan? Dengar dengar kl lbh dr 3 kali pemijahan prosentase betinanya lbh bnyk, apa benar? Thaks atas jawabannya! SALAM CUPANGER

    • nah.. untuk indukan yg bagus.. kita bisa liat dari umurnya.. kira2 5 ato 6 bulan.. wah kl soal pemijahan tergantung yg miara.

      tp bnr tuh kl lbh dr 3 kali pemijahan induk belih banyak menghasilkan sel telor betina.. jadinya nakan banyak yg betina.. hehe…

    • hehe.. nsblumnya kami mo nanya.. neng dwi berdomisili di mana??? disajadikan neng tinggalnya di sabang ato di merauke sana.. khan jauh.. bisa” ikan yg kita kirim mati di jalan…hehe…

  41. berapakah mimimal umur ikan cupang yang dapat di ternakkan, bagaimana cara memilih induk ikan cupang yang bermutu, induk nbetina dan jantan, berapa banyak burayak yang dapat dihasilkan dari perkawinan ikan cupang dalam satukali perkawinan hingra menetas. mokawsey.

    • untuk pemilihan bibit induk yg dapat di ternakan.. kira2 berumur 5bulan..

      untuk pemilihan bibit induk yg bermutu.. kita bisa liat dr jenis induk itu sndiri spt : halfmon,serit ,dayak,plakat ato katong.. bagusnya betina yg menghasilakn anak yg bagus itu adalah betina yg belom pernah bertelor.. jadinya anak yg di hasilkan pada perkawinan yg pertama itu akan menghasilkan anak2 yg bagus..

      wah… kl soal berapa banyak anak yg di hasilkan.. kita ngk bisa itung bos.. soalnya banyak bgt.. +/- skitar 200 ekor daam 1x perkawinan..

    • untuk umur,cupang 3 bln sdh bisa kawin tp yg baik udah lewat 5 bln. untuk ciri yg normal n gesit he…. anak cupang yg saya tau paling 320 pd 1 psng

  42. gimana sie cara nagatasin penyakit pada ikan cupang…ni problem yang amat sangat menakutkan buanget…..pling tidak kita orang dapat mencegahnye aje…apakah dengan menguras tempat ikan tsb…atau ada ramuan khusus yang dapat menghindari dari pnyakit……thanks..cun2.

    • nah.. ini neh masalah yg bener2 bikin kita kewalahan.. kl cupang kesayangan dah kena penyakit. bisa” mati tuh.. tapi jangan khawatir kita juga dapat mengatasinya dengan cara.. mencampurkan obat ke dalam air yg kita gunakan.. cari aja obat ikan BLITZ-ICHT di toko” aquarium banyak tuh.. nah di sana ada petunjuk pemakaiannya..
      untuk pengobatan : 1 tetes/ 4 liter air
      untuk pencegahan : 1 tetes/ 8 liter air.. ato juga bisa kita beri rebusan daun ketapang..

      jangan taruh cupang di tempat yang dingin..
      sperti di atas lantai ato di tempelkan ke dinding.. usahakan cupang dapat terkena matahari sedikit di waktu pagi..

  43. mengenai susu bubuk berapa si takarannya yg dapat diberikan kepada burayak n untuk umur berapa hari sampai ke berapa lama., thannks buat adie atas informasinya …by cun2 di palembang..

    • untuk pemberian pakan burayak ato anak itu kita2se ujung kuku ato se ujung sendok.. ngk usah banyak2… anak yg dah bisa di beri makan itu uurnya sekitar 6 ato 7 hari.. dan pada waktu 7 hari si jantan bagusnya kita pisahkan.. takutnya si jantan klaparan dan makan anaknya.. ato bagusnya lagi sebiakan wadah.. sperti ember ukuran sedang.. trus rendam dadak buat pakan ayam.. terus biarkan skitar 1 minggu.. taruh di tempat yg teduh.. tujuannya agar kutu air berkembang disana..

    • wah.. ngk bisa mas.. soalnya si jantan harus jagain telornya ampe mnetas ampe anaknya pun dah kuat brenang.. kira2 7hari shabis anaknya dah kuat brenang baru si jantan di pisahkan.. dan di rawat lagi jantannya… si jantan itu bisa di kawinkan lagi skitar 2 minggu stelah di pisahkan dr anaknya tersebut..

    • wah.. bisa bermasalah tuh.. bangusnya induk jantan dipisahkan dr anaknya skitar umur 7 hari.. umumnya 7hari itu si anak dah uat berenang.. kl 3 hari dah di pisah.. takutnya si anak ngk kuat berenang jadinya ya terbenam dan tak kuat ke permukaan.. hasilnya ya.. anakan banyak yang mati.. kasihankan…

  44. die bagi ilmunya dikid bole g??gw jg ternak,tp sejadinya.!masalahnya gw g taw cara bikin infusoria/gagal molo…slama ni gw kasi kutu aer/daphnia halus hsl ternak sendiri.!nah yg mau gw tanya,ada g pakan alternatif bwt burayak tp yg simple/ga rumit?gw denger2 bisa d kasi liquifry,guna g?soalna syng klo g guna,lumayan mahal bro.!tq seblumna…..

    • nah.. buat di2t… pemberian pakan untuk burayak bagusnya pada masa 7 ato 8 hr stlah menentas.. bagusnya kita beri
      1 : susu bubuk
      2 : kuning telor yg udah kita rebus… untuk pakan kuning tlor ini bagusnya kuning telor ini kita jemur sebentar.. agar saat pemberian pakan burayak trsebut kuning telor itu tidak menggumpal…

    • memang liquifry itu mahal.. untuk pemberian liquifry ini.. pada saat burayak brumur 7 ato 8 hari.. 1x tetes aja (seujung pena).. akan tetapi memang resikonya jika kebanyaka burayak itu akan mati.. hati2 ya..

      untk burayak yg baru mnetas itu juga butuh sinaran matahari (tidak langsung) di waktu pagi hari.. dan usahan penempatan burayak itu tidak di atas lantai (dingin) naha stelah burayak udah melihatkan tanda2 bahwa dia menyerang makan barulah kita beri dia kutu air (yg udah di saring terlebih dahulunya)..

    • hehe.. karna mulut dari burayak itu seperti tak kasat mata maka makanan yg paling gampang buat burayak yg berumur 1 sampe 7 hari itu ya susu bubuk.. (dancow) sedikit aja..
      jangan berlebihan maksudnya taburi susu bubuk tersebut se ujung sendok dan jangan sampe air nya berubah warna..
      nah habis itu baru kita usahakan buat memberi mereka kutu air yg halus (yg di saring). agar burayak² cepat gede nya..

  45. Terima kasih banyak,saya buka situs ini banyak ilmu yg bermanfaat dan bisa saya mulai budidaya ikan cupang saya udah punya 2 pejantan tinggal cari betina kualitas bagus,gimana ciri betina kualitas bagus itu,marketnya nanti kemana ya.

  46. Salam kenal semuanya,saya udah lama tahu ikan cupang dan menggemarinya,ceritanya sekarang pengen nekunin usaha kira2 telat apa nggak,dan ikut belajar pelatihanya dimana,mau juga nimbrung di komunitas penggemar dan peternak ikan cupang biar bisa tahu ilmunya lagi

  47. Aku punya halfmoon hitam tp mau kukawinkan dgn halfmoon merah kok gak mau… apa kayak bule ama orang africa yha..gak mau kawin…..

    • plakat dan bagan ini adalah jenis cupang petarung akan tetapi jenis plakat ini dominan warna nya sangat bervariasi buat masuk kontes.. jadi ngk salah klo dalam sebuah kontes plakat bsa jadi juara..

      nah sedangkan kalo bagan,jenis ini adalah jenis cupang aduan (petarung)
      dan bagan ini juga sangat amat jarang di kontes kan..

  48. alow Bro…tlng pencerahannya,ikan cupang pejantan saya tenang n suka kembangkan siripnya tapi belakangan dia suka diam didasar aquarium n siripnya ditutup sesekali dinaik keatas tapi cuma utk ambil oksigen.knp ya,apa sakit? terima kasih ya

    • sakitnya gmn???
      sebaiknya kita pisahkan dari yg laen..
      beri wadah yg sesuai.. ganti airnya 2 hari sekali..
      campurkan rebusan daun ketapang dalam wadah (secukupnya) atau bsa juga dengan obat air Blict itc atau juga bisa kita beri sedikit garam pada wadah. agar cupang kita slalu sehat
      perhatikan selau makanan nya..

  49. Gampang susah euy memijakan pengen tau ong erkumulan kan hias ngbeskem,mau belajar byk nih,pengen gabung usaha juga kapan ada event tolong undang sy via sms ke 08176755505,02195255505,ditunggu informasinya,akasi

  50. ehm menarik mas aku dulu pernah punya berbagai macam ikan cupang aneka warna tapi sayang sekarang sudah mati semua karena pindah rumah juga Hiks hiks:( tapi sekarang semangat lagi untuk dapatkan yang bagus lagi nih :)

  51. saya perneh mencoba memijahkan ikan cupang,
    berhasil memeng …. tp setelah beberapa hari anak”nya mati semua!!!!
    itu kenpazaaaa??? padahal udah aku bri makan!!!
    kenpazAAAA????

  52. < mas adie,, sya mo tanya tong jwab ya,,,
    klo nyari bibit unggul cupang d skabumi dmn tmpatnya y???
    klo mo blajar trnak cupang yang bgus bljarnya dmn???
    mksh jwabannya,, klo bsa jwbnnya krim k email maoel aja y,,,
    thanks,,,,

    • nah itu dia salah satu penyakit yg di derita cupang
      bisa pengaruh
      1. iklim
      2. air
      3. wadah..

      klo buat air nya campukan sedikit Blit itc (obat air buat betta)

      takarannya dah ada kok tertera pada botolnya

      heheh.. good luck ya..

  53. 1. Bagaimana prospek pemasaran ikan cupang di indonesia ?
    2. Berapa harga minimal ikan Cupang sekarang ?
    3. Sedah adakah Lembaga yang valid untuk penjurian ikan cupang ?
    4. Kategori Apa saja Kontes cupang ?
    5. bagaimana jika terjadi surplus produk cupang,…. apakan nanti harganya tidak merosot,…..

    thanks,….

    • smua nya tergantung peminat dan pasar pak… mau dlam jumlah banyak,kita lihat dulu kwalitas ikannya.. jenis nya yg mau di pasarkan apa saja pak??

  54. Bagi teman2 yg berminat membeli cupang dlm jumlah banyak/sedikit,hubungi
    saya. Alamat:Bintaran kl rt 03,srimulyo,piyungan,
    bantul, Yk.
    hp; 081392120672.

  55. Hai penggemar cupang.Jika teman2
    ingin mendapatkan
    berbagai jenis cupang,
    al; Halfmoon,plakat,serit,
    Bagan.Menyediakan
    juga indukan.
    Harga :nego
    Hp 081392120672

    • banyak yg harus di perhatikan jika kita meng inginkan ikan kita masuk kontes atau masuk seleksi..
      1. badan
      2.serit/warna
      3.jenis ikan
      4.ke gesitan
      5.kembang yg sempurna
      6.dll

  56. Kami melayani pembelian minyak ikan (fish oil) dari ikan lemuru dan tepung ikan (fish meal) dalam skala besar. MINYAK IKAN LEMURU DAN TEPUNG IKAN kami ASLI dari BANYUWANGI. Cocok untuk campuran atau bahan pakan ternak dan pakan ikan.
    Untuk info kadar protein dan harga
    Hubungi : 081357482689 (sonif)

    • smua jenis dari betta itu bagus² kok.. cuma tergantung minat.. betta ini sangat banyak jenis nya.. ada yg halfmon,serit,plakat,katong(cupang aduan) dan masih banyak yang laen.. ayo… mau nya yg mana????

  57. Setelah yg betina dipindahkan makanan apa yang diberikan kepada betina tsb, kemudian apa yang dimaksud dgn infosuria dan bagaimana menyaring kutu air untuk makanan anak ikan cupang.

  58. BATAM, cupang Laga and hias muahaLLLL…
    ada tawu yang murah and berkuaLitas gag di BATAM??
    atau koperasi cupang di BATAM, ada yang tau???
    bagi2 informasi donk…

  59. hallo…..
    bro gw mo tnya ni,, low ikan cupang qta gy kawin trus sm qta d’lihat2 trus…
    pa hasil’y akn bgus….?

    • diliat seh boleh tapi jangan di ganggu aja dia nya..
      maksudnya.. jangan bikin dia mrasa khawatir akan keselamatan anak² nya… bisa² anak² malah di cuekin aja..

      coit deh..

  60. salam kenal buat bos2 disn…
    ne mao nanya alamat penampung ikan cupang di daerah jakarta,thks sblum’nya..

  61. Budidaya Ikan Cupang (terapan)
    Cupang juga tak perlu dibahas. Mulai anak TK hingga siswa SLA tahu. Karena ikan hias yang bernama latin Betta sp. ini sudah menjadi mainan mereka, dan cupang ini banyak dijual di toko-toko ikan hias, penjual ikan hias jalanan, juga pedagang keliling. Selain sebagai binatang adu, ikan ini juga sebagai hiasan.
    Beda jantan dan betina
    Beda jantan dan betina ikan cupang sangat jelas. Bisa dari jauh dan tidak perlu dipegang. Perbedaan tersebut bisa dilihat dari warna, bentuk sirip, bentuk perut dan gerakan. Betina ditandai dengan warna tubuh yang lebih gelap atau kusam, sirip-siripnya lebih pendek dari jantan, perut lebih gendut dan tidak banyak bergerak atau tidak banyak berlaga. Sedangkan jantan bertubuh lebih terang dari betina, sirip lebih panjang, perut ramping dan lebih banyak bergerak atau berlaga. Induk jantan dan betina mulai dipijahkan setelah berumur 6 bulan.
    Pematangan gonad
    Pematangan gonad dilakukan dalam akuarium kecil atau toples. Caranya, siapkan dua akuarium ukuran panjang 20 cm, lebar 20 cm dan tinggi 20 cm atau toples dengan volume 2 – 3 liter (satu untuk jantan dan satu untuk betina); keringkan selama 2 hari; isi air setinggi 15 cm, masukan satu ekor induk jantan atau betina; beri pakan berupa cacing secukupnya cacing rambut atau cacing sutra.
    Pemijahan
    Pemijahan dilakukan di akurium atau toples. Caranya, siapkan dua akuarium ukuran panjang 20 cm, lebar 20 cm dan tinggi 20 cm atau toples dengan volume 2 – 3 liter (satu untuk jantan dan satu untuk betina); keringkan selama 2 hari; isi air setinggi 15 cm; masukan serumpun eceng goduk sebagai pelindung; masukan satu ekor induk jantan; masukan induk betina; biarkan memijah.
    Catatan : Proses pemijahan diawali dengan pembuatan sarang oleh induk jantan berupa buih di permukaan air. Selanjutnya mengajak betina untuk memijah. Pemijahan bisa terjadi kapan saja, bisa pagi, siang, sore atau malam. Bila sudah memijah ditandai dengan adanya telur di dalam busa dan jantan berada di permukaan, menunggui telur sambil mengibas-ngibaskan siripnya. Telur akan menetas dalam waktu 24 – 36 jam dan mulai berenang setelah berumur 5 – 6 hari. Satu ekor induk betina bisa menghasilkan larva sebanyak 500 – 1.500 ekor.
    Pendederan
    Pendederan dilakukan di akuarium atau toples yang sama. Caranya, tangkap induk jantan dan masukan kembali ke tempat pematangan gonad; tangkap juga induk betina dan masukan ke tempat pematang gonad; larva yang sudah berumur 6 hari diberi pakan berupa infusoria, atau rotifera, atau naupli artemia; panen setelah satu bulan.
    Pendederan II dan III
    Pendederan II dilakukan di akuarium atau toples lain. Caranya, siapkan sebuah akuarium ukuran panjang 20 cm, lebar 20 cm dan tinggi 20 cm atau toples dengan volume 2 – 3 liter; keringkan selama 2 hari; isi air setinggi 15 cm, masukan 30 ekor benih yang berasal dari tempat pendederan; beri pakan berupa cacing rambut atau cacing sutra sesuai takaran; panen setelah satu bulan. Pendederan II dilakukan seperti pendederan II, tetapi dengan kepadatan 20 ekor.
    Pembesaran
    Pembesaran dilakukan di akuarium atau toples lain. Caranya, siapkan sebuah akuarium ukuran panjang 20 cm, lebar 20 cm dan tinggi 20 cm atau toples dengan volume 2 – 3 liter; keringkan selama 2 hari; isi air setinggi 15 cm, masukan 10 ekor benih yang berasal dari tempat pendederan; beri pakan berupa cacing rambut atau cacing sutra sesuai takaran; panen setelah dua bulan. Ikan siap dijual.

  62. hallo…rekan2 yg cinta ikan cupang, sy tertarik nih mau budidaya, kalau di depok (cimanggis tepatnya) dimana bisa ketemu pembudidaya ikan cupang ya? mau belajar dulu nih…kebetulan baru beli 1 ekor jantan dirumah, mau beli betina rencana ini…
    thanks atas jawaban rekan yg berkenan

  63. Btw Cr nyari indukn cpng bk dmn ya,tp kalo ad yg btina soal_a kalo dp’kudus ssh bgts…..?pls kacih tw k’nö:
    085641257260
    trs ad gx kontes adu cpng d’kudus,
    thanx

  64. TERIMAKASIH Buat Bung Adie…

    Tips2nya sangat membantu… kebetulan saya jg pemula dalam hal Cupang…saya tertarik untuk membudidayakan, saat ini baru hanya untuk hobi..mudah2an bisa berkembang..
    salam kenal dari saya…penggemar ikan cupang amatir…
    hehe…^_^

  65. Anda ingin membudidayakan cupang!.tapi harga sangat mahal.kami solusinya.kami menawarkan cupang aduan,bibit maupun hias!luar maupun dlm negeri..kami juga menyediakan pakan burayak.seperti jentik nyamuk maupun kutu air!.dengan harga /botol Rp:10.000,-.

    Jika Anda ingin Order silahkan Cukup Sms ke nomer 082115118826/087757831691…ada 2 nomer. Dapat anda sms semuanya karena kami sering ganti…kartu..

  66. Salam jumpa bos Adie,

    mw nanya bos.. kmren aq nyoba ngawinin cupang jantan sm betina pnyaq..
    pertama aq taruh yg betina di wadah kecil n yg jantan di wadah yg besar. aq dekatin tu yg betina sm jantan dari mlm mpe siang. trus aq gabungin jd 1 di tmpat si jantan..
    pertama cewenya beringas bgt, nantangin yg jantan, jantannya jg g maw kalah, sm2 ngembangin siripnya. tp begitu yg cewe digigit beberapa kali sm yg jantan trus yg cewe jd takut n kabur tiap kali yg jantan ngedeketin. akhirnya yg cewe mojok kaya maw mati gt. trus aq pisah tu si betina, aq taruh di wadahnya sendiri n aq kasih makan, pertama seh g maw makan tp trus maw makan.
    yg jantan jg aq kembaliin ke wadahnya, tp yg aneh beberapa hari berikutnya yg jantan limbung kaya kena penyakit gt, mendadak kepalanya menggelembung perlahan jd besar trus sisik2 di sekitar kepala kaya buka semua gt. aq kasih makan jg g maw makan.
    akhirnya malah si jantannya yg mati..
    wew…gmn neh bos Edi? pdhl tu jantan yg paling aq suka karna jenisnya bagus bgt, serit plakat n 1 warna gt, merah menyala.
    padahal yg jantan pas aq kawinin g luka sm sekali, tp kuk trus malah mati?
    kira2 tau knp g Bos???
    oya nbos edi, selama ini aq dpt artikel yg cm jelasin ciri2 jantan yg siap kawin, tp aq g tau ciri2 betina yg siap kawin tu yg kaya gmn?? ada ciri2 khusus buat yg betina siap kawin selain dari usia ga bos?
    klo ada tlg dunk bos bagi ilmunya…
    makasih banyak bos Adie..
    ^_^

    • alam jumpa bos Adie, mohon bantuannya ya?

      mw nanya bos.. kmren aq nyoba ngawinin cupang jantan sm betina pnyaq..
      pertama aq taruh yg betina di wadah kecil n yg jantan di wadah yg besar. aq dekatin tu yg betina sm jantan dari mlm mpe siang. trus aq gabungin jd 1 di tmpat si jantan..
      pertama cewenya beringas bgt, nantangin yg jantan, jantannya jg g maw kalah, sm2 ngembangin siripnya. tp begitu yg cewe digigit beberapa kali sm yg jantan trus yg cewe jd takut n kabur tiap kali yg jantan ngedeketin. akhirnya yg cewe mojok kaya maw mati gt. trus aq pisah tu si betina, aq taruh di wadahnya sendiri n aq kasih makan, pertama seh g maw makan tp trus maw makan.
      yg jantan jg aq kembaliin ke wadahnya, tp yg aneh beberapa hari berikutnya yg jantan limbung kaya kena penyakit gt, mendadak kepalanya menggelembung perlahan jd besar trus sisik2 di sekitar kepala kaya buka semua gt. aq kasih makan jg g maw makan.
      akhirnya malah si jantannya yg mati..
      wew…gmn neh bos Edi? pdhl tu jantan yg paling aq suka karna jenisnya bagus bgt, serit plakat n 1 warna gt, merah menyala.
      padahal yg jantan pas aq kawinin g luka sm sekali, tp kuk trus malah mati?
      kira2 tau knp g Bos???
      oya nbos edi, selama ini aq dpt artikel yg cm jelasin ciri2 jantan yg siap kawin, tp aq g tau ciri2 betina yg siap kawin tu yg kaya gmn?? ada ciri2 khusus buat yg betina siap kawin selain dari usia ga bos?
      klo ada tlg dunk bos bagi ilmunya…
      makasih banyak bos Adie..
      ^_^

  67. alam jumpa bos Adie, mohon bantuannya ya bos??

    mw nanya bos.. kmren aq nyoba ngawinin cupang jantan sm betina pnyaq..
    pertama aq taruh yg betina di wadah kecil n yg jantan di wadah yg besar. aq dekatin tu yg betina sm jantan dari mlm mpe siang. trus aq gabungin jd 1 di tmpat si jantan..
    pertama cewenya beringas bgt, nantangin yg jantan, jantannya jg g maw kalah, sm2 ngembangin siripnya. tp begitu yg cewe digigit beberapa kali sm yg jantan trus yg cewe jd takut n kabur tiap kali yg jantan ngedeketin. akhirnya yg cewe mojok kaya maw mati gt. trus aq pisah tu si betina, aq taruh di wadahnya sendiri n aq kasih makan, pertama seh g maw makan tp trus maw makan.
    yg jantan jg aq kembaliin ke wadahnya, tp yg aneh beberapa hari berikutnya yg jantan limbung kaya kena penyakit gt, mendadak kepalanya menggelembung perlahan jd besar trus sisik2 di sekitar kepala kaya buka semua gt. aq kasih makan jg g maw makan.
    akhirnya malah si jantannya yg mati..
    wew…gmn neh bos Edi? pdhl tu jantan yg paling aq suka karna jenisnya bagus bgt, serit plakat n 1 warna gt, merah menyala.
    padahal yg jantan pas aq kawinin g luka sm sekali, tp kuk trus malah mati?
    kira2 tau knp g Bos???
    oya bos edi, selama ini aq dpt artikel yg cm jelasin ciri2 jantan yg siap kawin, tp aq g tau ciri2 betina yg siap kawin tu yg kaya gmn?? ada ciri2 khusus buat yg betina siap kawin selain dari usia ga bos?
    klo ada tlg dunk bos bagi ilmunya…
    makasih banyak bos Adie..
    ^_^

  68. bagaimana cara membudidayakan ikan cupang yang baik dan benar, tolong bantu yah???????
    cara supaya ikan yang jantan di adu dengan bagus dan kuat . trus biar kuat nya pke obat apa?????????

  69. cara yang paling mudah mengembangBiakan ikan cupang tu yg kaya mana…
    udah aku coba dengan cara yang di atas juga gak bisa…
    setelah mnetas dari telur ehhhh malah mati semua…..
    bantuin donk…
    aku masih penasaran buanget…….
    yang bersedia membantu hubungi no hp aku ini yaaa 087790442526
    thanks sebelumnya

  70. mati semua bos Adie.. baik yang cewe maupun yg cowo.. yg cewe menyusul yg cowo sekitar 1 bulan kemudian..
    sekarang baru nyoba yg jenis plakat asli. karna dr jenis halfmoon, serit,dll pnh nyoba n g tau knp setelah aq beli g kuat hidup lama…sebulan kemudian mesti mati…
    pdhl aq kasih makan g pnh telat n pasti teratur, trus air tiap 3-4 hari sekali mesti aq ganti.. apa karna g cocok sm airnya y Bung Adie? aq orang semarang cuma karna kerja di Kudus aq bawa ke kos2anq.
    kasih tipsnya dunk Bung Adie..
    masak tiap bulan aq mesti beli ikan baru lg? kpn bisa ngawininnya klo tiap bulan pasti mati..
    klo boleh skalian infonya di semarang di mana yang jual indukan cupang yang bagus n siap kawin?

    • cuman sekedar info bos, pakan ikan yang bagus untuk cupang jentik nyamuk yang lurus jangan pernah ngasih cacin alus atau cacing darah. usahakan ganti air dalam stu minggu sekali gan. kalau mau bagus lagi tiap 3 hari sekali di jemur gan di jam 9 pagi. minim 30 menit sampai 1 jam.
      info lebih jelas add ane aja gan di facebook. wasputra@gmail.com

  71. wah ini info ciamik banget, cocok untuk pencinta ikan hias. Sekedar tambahan info gan untuk yang mau cari indukan atau cupang yang punya kwalitas bagus bisa cari di facebook. di sana banyak grup yang mengumpulkan penghoby ikan cupang. kl kurang jelas add ane gan di face book wasputra@gmail.com than’s gan

  72. eh mau nanya . .
    cupang saya habis d kawinin ,uda 2 hari cupang jantannya gamau makan, hari ketiga cupangnya makan anaknya trus mati . .itu knpa yah.??

    trus kalo ngobatin betina habis kawin gmana.?

    tolong d bales iyah . .
    thks

  73. ikut gbung y q anak br nich pengn tw lbh dlm tentang ikan cupang. Q br bli 3 betina n 1 jantan tp gk tw umurnya. Pengen d kwinin, ampe branak.. Mh0n bimbingan ny y.

  74. saya mw tanya,bgaimna perawatan pda benih ikan cupang yg bru netes sekitar 4hari zs saya mempunyai ksulitan saat ini. saya sudah brusha membudidayakanya tpie gagal. saya sudah 5bulan bisnis ikan ini.tlng ea

  75. hi breeder cupang…. salam kenal saya breeder yang baru belajar….. saya tinggal di tasikmalaya jawabarat…
    saya harap breeder senior bisa kasih info diri ke email saya ya

  76. mas mau tanya nih? kenapa burayak pada mati pada hari ke dua? jantannya hari ke berapa di pisah? mohon bantuannya

  77. air untuk ikan cupang dikasih daun ketapang yang masih hijau, itu merupakan zat antibody yang baik dan alami ikan cupang…, biasanya air kuat 2 minggu tanpa ganti….

  78. Semarang bos sy asalnya…
    sampe skg msh belum bs mengawinkan… pdhl udah ngikutin semua tips2 dari Bos Adie.. tp justru malah abies dikawinkan ga mau kawin, besoknya jantan atau betinanya pasti mati. malah kalo ga mati biasanya stress trus penyakitan..
    ada usul buat nie Bung Adie ??

  79. bang Adie mohon bantuan nya..
    Ane punya banyak ikan tp ga bisa’2 ngawinin nya.. Setelah jantan berbusa banyak saya masukin betina nya eh malah di kejar’2 sama si pejantan.. Pejantan nya agresif, setiap jantan ngedeketin betina pasti betina kabur, jadi kapan indehoy nya…. Mohon petunjuk nya.. ^^

    • salah satu cara biar betina ngk di serang habis²an swaktu pembiakan..
      anda tau gelas air mineran sebut saja ( aqua gelas )
      nah masukan si betna itu dalam aqua gelas atau wadah laen yg transpasan kemudian masukan wadah ( aqua gelas yg brisi si betina ) tersebut dalam wadah pembiakan.. jadi saat si jantan menyerang si betina yg pasti si jantan tidak bisa menggigit si betina tersebut.. iya kan..
      si jantan bisa melihat si betina tapi buat menyerang ya ngk bsa..
      biar kan kejadian itu sampai si betina terlihat seperti menyerang si jantan ( gerak geriknya kelihatan ) jika sudah demikian,barulah tuangkan si betina trsebut kedalam wadah yg sama dngan yg jantan trsebut..

      smoga dapat membantu ya..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s