Sukses Mancing di laut


Cara Memilih Joran

Salam kenal Pak Ben. Saya ini penggemarmu dari Solo loh Pak. Saran atau jawaban bapak selalu saya jadikan referensi ketika akan memancing. Saat ini saya ingin nanya nih pak. Saya pinging anti joran dan kebingungan memilih joran yang begitu banyak modelnya di jenis yang sama. Apakah bapak bisa memberi sedikit gambaran. Yang jadi pertanyaan saya, bagaimana cara memilih joran yang benar? Seberapa besar pengaruh ukuran panjang joran dengan model teknik yang digunakan. Misalnya untuk casting panjangnya harus berapa centimeter?
Andi Surya K <!– var prefix = ‘ma’ + ‘il’ + ‘to'; var path = ‘hr’ + ‘ef’ + ‘='; var addy13615 = ‘solojebres’ + ‘@'; addy13615 = addy13615 + ‘yahoo’ + ‘.’ + ‘com'; var addy_text13615 = ‘solojebres’ + ‘@’ + ‘yahoo’ + ‘.’ + ‘com'; document.write( ‘‘ ); document.write( addy_text13615 ); document.write( ” ); //–>\n solojebres@yahoo.com <!– document.write( ‘‘ ); //–> This e-mail address is being protected from spam bots, you need JavaScript enabled to view it <!– document.write( ” ); //–> Solusi

Jawab:
Salam kenal juga Mas Andi. Saat ini memang banyak dijual beragam alat pancing, baik joran, ril, kenur dan umpan. Saking banyaknya yang dijual, kita sebagai pembeli sedikit dibingungkan. Buat pemancing kawakan mungkin tidak terlalu masalah sebab pengalaman telah memberi banyak mereka pengetahuan tentang alat pancing. Dan sebaliknya bagi para pemula.
Untuk gambaran mudah, belilah alat pancing yang sesuai dengan cara mancing yang Anda inginkan. Contoh missal, jika mau mancing spinning belilah joran spinning dan sesuaikan kekuatannya dengan ril yang Anda punya. Demikian juga jika trolling, belilah yang sesuai dengan kemampuan uang Anda dan jangan Anda menjadi snobbism dalam menggeluti hobi mancing ini.
Untuk pengaruh panjang joran, setiap pabrik sudh menyiapkan berbagai ukuran dan type, tidak selalu joran panjang akan memberi efek yang baik. Missalnya joran trolling untuk memancing ikan tuna sebaiknya digunakan joran tuna yang lebih pendek.
Untuk kasting pada umumnya joran berukuran panjang, apalagi bila Anda memancing dengan system surfcasting. Yang penting kelenturan joran harus baik saat pelontaran.
Nah selamat memborong peralatan mancing.

 

Memancing Tuna

Setelah membaca MM beberapa waktu lalu, saya tertarik dengan hasil tangkapan ikan tuna yang banyak dan besar-besar. Untuk mendapat hasil tersebut, faktor apa sih yang paling penting?
Solihin < <!– var prefix = ‘ma’ + ‘il’ + ‘to'; var path = ‘hr’ + ‘ef’ + ‘='; var addy86122 = ‘san_jaya’ + ‘@'; addy86122 = addy86122 + ‘yahoo’ + ‘.’ + ‘com'; var addy_text86122 = ‘san_jaya’ + ‘@’ + ‘yahoo’ + ‘.’ + ‘com'; document.write( ‘‘ ); document.write( addy_text86122 ); document.write( ” ); //–>\n san_jaya@yahoo.com <!– document.write( ‘‘ ); //–> This e-mail address is being protected from spam bots, you need JavaScript enabled to view it <!– document.write( ” ); //–> >

Jawab:
Keberhasilan memancing tuna tergantung pada musim tuna itu sendiri. Tuna adalah ikan kawanan, jadi bila anda ingin berhasil banyak memancing tuna, harus dipastikan ada gerombolan tuna (musim) di area memancing Anda.
Memancing tuna bisa dengan ngoncer umpan hidup atau trolling dengan minnow atau skirt. Popping sangat bisa dilakukan bila ikan tuna sedang menyerbu umpan kawanan tuna banyak dan ikan mudah didekati selemparan popper. Dan itu terjadi bila ikan tuna sedang menyerbu umpan kawanan ikan pada saat pagi sekali atau sore menjelang maghrib, walau pun pola makan bisa sepanjang hari tergantung tersedianya umpan alami.
Selamat memancing tuna.

 

Waktu Tepat Trolling

Halo Pak Ben, salam kenal. Semoga Bapak tetap diberi kesehatan dalam mengasuh rubrik ini ya Pak. Saya mau nanya tentang kapan waktu yang tepat untuk mancing trolling agar hasilnya memuaskan? Dihitung dari segi tanggalan (Bulan), jam dan kondisi gelap/terang bulan. Apakah ada pengaruhnya? Terimakasih atas jawabannya pak.
Dedi Kurniadi < <!– var prefix = ‘ma’ + ‘il’ + ‘to'; var path = ‘hr’ + ‘ef’ + ‘='; var addy21789 = ‘dedi_kurniadi’ + ‘@'; addy21789 = addy21789 + ‘cbn’ + ‘.’ + ‘net'; var addy_text21789 = ‘dedi_kurniadi’ + ‘@’ + ‘cbn’ + ‘.’ + ‘net'; document.write( ‘‘ ); document.write( addy_text21789 ); document.write( ” ); //–>\n dedi_kurniadi@cbn.net <!– document.write( ‘‘ ); //–> This e-mail address is being protected from spam bots, you need JavaScript enabled to view it <!– document.write( ” ); //–> >

Jawab:
Salam kenal kembali Mas Dedi. Mudah-mudahan saya tetap bisa mengasuh rubrik ini selama masih diminati para mania mancing. Memancing trolling sebaiknya pada laut yang biru tua atau biru gelap. Pada saat kondisi tersebut biasanya laut bersih dan ikan akan banyak disekitar area mancing Anda, terutama di karang tengah, tajungan pulau atau tandes.
Trolling akan berhasilasngat baik pada saat menjelang surut atau menjelang pasang dimana pada saat ini terjadi arus yang merangsang ikan untuk bergerak dan memburu umpan.
Kondisi terang dan gelap bulan hanya berpengaruh pada mancing dasar malam hari dan tidak ada trolling dilakukan malam hari.

38 thoughts on “Sukses Mancing di laut

  1. sALAM KENAL pAK bEN, saya orang Purworejo,umur 57 tahun,Domisili saya kurang lebih 10 km dari tepi pantai selatan, hoby saya mancing di pantai,maklum ( hoby sejak kanak-kanak ) yang ingin saya tanyakan adalah :
    1. Cara merawat Rill ( Spining ) yang benar bagaimana ?
    sebab korban spining saya sudah banyak ( sudah tidak dapat di hitung )
    dari merk yang murahan sampai merk yang bergengsi.
    sebagai contoh, merk BG saya hanya bertahan 2 tahun.
    2. Joran saya Merk SIMANO panjang = 4,6 m , ujungnya kurang lentur apakah bisa di ganti ? Tolong ya pak Ben saya mohon jawabannya !

  2. Mungkin saya bisa tolong sedikit Pak, berdasarkan pengalaman saya yg juga termasuk minim.
    Saya juga penggemar mancing, dan saya punya beberapa fishing reel dari berbagai merek, dari Shimano , sampai ke DAM dan berbagai jenis dari yg untuk Casting ( main gewang ) sampai yg untuk laut dalam.
    Sebetulnya, saya tidak memberikan perhatian khusus , cuma secara rutin ( 3 bulan sekali ), mesin mesin ini saya buka, dan saya Semprot dengan WD 40 atau contact cleaner. Karena pada dasarnya, alat alat didalam terdiri dari beberapa Gear ( gir ) dan Ball Bearing ( laker laker kecil ) yg sebetulnya sangat rentan karat. ( terutamanya air laut yg kadar garamnya sangat tinggi ) dan itu akan menyebabkan Korosi . Kalau gir gir dan lakernya berkarat, dia akan kurang lancar perputarannya, dan mengakibatkan Stuck, atau macet dan kalau kita dapat ikan yg besar, akan berasap, karena tidak tahan gesekan yg memanas.
    Jadi menyemrpotan rutin dengan WD 40 atau contact cleaner bisa menyelamatkan mesin Bapak. Dan lagi, beda antara Reel atau mesin yg murah dan yg mahal, tentu saja, Kualitasnya berbeda. Baik kita beli yg mahal tapio lebih awet, terutama untuk kegunaan di laut.
    Untuk Rod ( joran atau Walesan ) yg kurang lentur, seyogyanya , bapak memilih Rod atau walesan yg bahannya Graphite, bukan fiber. Harganya relatif lebih mahal, tapi lebih fleksibel ( bahkan bisa dilentur dari ujung ke ujungnya. ( kebengkoan yg maksimal ).
    Ada beberapa merek yg bagus. Saya menggunakan banyak merek, tapi kebanyakan walesan saya dari UGLY STICK .
    Semoga ini dapat menolong bapak Suwitoko. Saya sendiri berasal dari Gunung Kidul, Yogyakarta.

    Hormat saya.

    Erick Monk Ozta.

  3. Cara lain ya selalu dibersihkan setiap pulang mancing. Sebaiknya dibilas dengan air panas. Tetapi tipp yang paling hebat adalah belilah yang murah sehingga kalau rusak gak kecewa banget

  4. Pak Ben saya mau tanya cara mancng popping dan jigging???
    Di kepulauan seribu spot yang paling banyak ikannya dimana dan dipulau apa???? trims
    Semoga rubrik ini selalu ada

  5. pak bagi tehnik mancing gaya laut utara dong,pas saat arus kuat dan g ada arus sama sekali…..
    makasih…………

  6. mas ben ,gmn cara mancing dari pinggir pantai atau laut?umpan apa yang bagus,tlg jelaskan waktu dan musim yg tepat..saya ada di bali..sering mancing tp cuma dpt 2 atau 3 ekor?umpan yg saya pakai udang hidup..thanks infonya.

  7. halo pak ben, saya ini merasa terbantu sekali dengan rubrik yang pak Ben asuh ini, saya mau nanya pak, kalau di selat sunda hot spot yang paling oke buat popping dan jigging dimana pak ya, saya ucap kan terima kasih , wassalam

  8. pak ben yang terhormat, saya mau nanya pak,saya ini pemancing pemula pak, saya rencana nya mau beli joran buat popping, tetapi saya tidak tahu ukuran ideal nya joran buat popping, berapakah ideal panjangnya joran buat popping ,tali yang ideal buat popping berapa lbs, trebel hook yang di pakai berbahan apa, kira – kira kalau buat popping joran merek apa yang bagus dan kira – kira berapa harga nya,mohon bantuan nya pak ben ,saya ucap kan terima kasih .wassalam

  9. Yth. Pak Ben
    Saya sering mancing di pulau Mandalika (Keling-Jepara). mancing dilakukan dari tepian pulau berkarang (terumbu karang). saat mancing sering terlihat kakap putih (barramundi) melompat-lompat (tidak jauh dari kita), ada yg besar ada yg kecil. Anehnya Kakap-kakap tsb tidak ada yg bisa kena kail. segala tehnik mancing : casting, trolling, dasar, ngoncer….. pakai umpan belanak, udang hidup, lure, dll tidak pernah strike barramundi. yg kena cuma kerapu, kerang-kerong, badong kucir (GT).
    Untuk menaklukkan Barramundi ini bagaimana caranya Pak Ben ? atas saran dan petunjuknya saya ucapkan terima kasih.

  10. Yth. Pak Ben.
    Saya pemancing pemula di laut, ingin mendapatkan saran bapak, saya biasanya mancing di Pangandaran karena dekat dengan tempat saya bekerja yaitu di Tasikmalaya. Saya masih bingung karena ternyata peralatan mancing itu banyak banget, dan saya selalu bingung mau beli yang mana, mau pakai yang mana, mungkin bapak bisa membantu saya apakah ada joran, reel dlsb yang universal misalnya, yang bisa dipakai untuk mancing dgn cara apapun di laut ?? Terimakasih sebelumnya atas saran dan bantuan bapak, Wass.

  11. Salam Kenal… Pak.
    saya dari Bogor nih, akhir-akhir ini saya sering liat acara Mancing mania di TransTV dan saya tertarik pngen nyoba mancing di laut.biasanya sih sya suka mancing dikolam air tawar saja, kira-kira apa aja yang harus disiapkan dan berapa modal untuk pemula. mohon penjelasannya kirim juga ke e-mail saya. sebelum dan sesudahnya terimakasih

    Cepy
    Bogor

  12. pak ben, saya mau tanya mancing di tebing itu, idealnya apakah pemberat di tempatkan di tengah or di bawah dan bagaimana ukuran atau jarak ideal antara pemberat dan mata kail? tks salam hormat

  13. boz Ben yg trhormat,

    saya mw tny………..

    sy paling senang kl mancing di laut.

    biasanya di Pantai Marina Semarang,.,.

    biasanya kail no brp yng pas buat ikan2 kruncahan (pinggiran)?

    soalnya sy prnh pke yg kcl,srng lepas.
    pke yg bsr,ga ada yg mkn.

    truz rel nya yg bgs tu yg bagaimana?

    makasih bnyk….

    bravo para pemancing mania

  14. salam kenal ma mas emo, saya pemancing pemula yang masih nol kecil.alias TK.
    mo nanya, umpan buatan dan umpan alami yang bagus untuk mancing dari pinggiran pantai itu apa ya? juga minta saran teknik mancing yang tepat untuk surf / rockcasting. karena sering nyangkut karang…..he…he…he.
    WD40 obat mujarab mengatasi reell macet, soalnya saya juga pernah mengalami waktu mancing di ngrenehan mancingsambil rendeman tiba-tiba di hajar ombak. joran dan rell kerendem air laut. sampe rumah dah malem gak sempt ngurus rell, sehingga paginya rell udah macet total. trus tak bongkar semprot WD40 lumayan bisa gerak tapi masih seret, akhirnya pake jurus pamungkas tak rendam minyak rem. tanpa nunggu lama laker pun ngacir kembali. karena gemuk dah campur air laut tak cuci sekalian pake bensin. kalo gak ada gemuk yang lembut, bisa pakai minyak rambut tancho atau lavender. saya pake ini. murah, harum,licin dan lebih tahan lama dari gemuk.
    gunungkidulnya mana mas, saya pemancing pemula dari gk juga. tepatnya wonosari.seneng banget bisa berguru tetangga sendiri.

  15. Selamat sore Pa, salam kenal…..
    Mohon informasi untuk mancing di Binuangen.
    Kami ada rencana untuk mencing disana pada bulan Juli 09, apakah suasana laut dan cuaca disana cukup bagus untuk hasil tanggkapan, atau di bulan berapa baiknya mancing di Binuangen.

    Terima kasih

  16. pak ben…saya pemancing pinggir dari sabang..,dtempat saya kalo mancing tdk pake joran.saya mau tanya umpan apa yang paling bagus tuk mancing ikan laut pada malam hari…,saya berharap jawabannya..trimakasih buanyak pak ben…..

  17. Salam kenal,

    saya baru belajar mancing sudah bebrapa kali ke karang putri. dan kalau mau mancing ke pulau payung atau damar sebaiknya malam apa sing . dan bagaimana arusnya?

    aperalatan apa saja yang harus saya bawa?

    karena saya belum ada persiapan peralatan .

    mohon infonya jika tidak keberatan

    Salam,
    nots.

  18. Pak mau naya, saya ini mulai menekuni hoby mancing di laut. selama ini saya minjem perlatan mancingnya dari temen. kalo boleh bapak ngasih tip, perlatan mancing laut lengkap yang enak dipake mancing dilaut apa ya pak. dari joran sampe kenurnya. dan merk apa. kalo tahu harganya saya sangat berterimakasih.Tolong di jawab pak ya,
    Maturnuwun

  19. salam kanal dari saya pak ben…

    waduh saya ini hoby mancing tapi bingung neh milih joran n ril buat mancing ikan tuna
    soalnya di daerah saya tepatnya di ujung timur yaitu banyuwangi antara selat bali lagi musimnya ikan tuna….
    ukuran dan merek joran n ril yang pas n bagus apa ya ??????
    tanks ya pak…..

  20. salam kenal pak…

    saya sering mancing di pinggiran laut binuangen,apa bener kalo mncing ikan kakap klo kenurnya kegedean ikan makanya susah.terus umpan yang bagus buat ikan kakap putih apa??

  21. Mau nanya ni ama mas ben.saya baru ptama menggunakan umpan buatan
    di muara,yg sy gunakan itu jenis minnow merk rapala yang tipe count down..tapi kok ikan kakapnya ngga mau makan ya? tapi minnownya hanya di ikutin sampai ke pinggir dan begitu berulang ulang..,kan jadi gemes.menurut mas solusinya gimana? Soalnya ikan kakapnya huge semua….tlng dong infox ke e-mailku.

  22. met kenal pak ben.. sy baru mulai mencoba mancing di pinggiran pantai berkarang di daerah pameumpeuk garut, tp hasil nya kurang maksimal. sy mohon saran tehnik yang baik untuk memancing di lokasi seperti itu dan umpan alami atau buatan apakah yang paling baik digunakan? Terimakasih.

  23. salam kenal pa….. sy dr banjarmsn,sdh pernah mancing di kalimantan?sy cuma mau tanya lokasi mana yg bgs untuk wilayah banjarmasin trus sekitar bulan apa ? trims atas informasin nya

  24. Tanya dong dimana ya seputaran jakarta kl mo betulin reel merk penn, gak tahu nih kok pengatur gulungan biar gak numpuk gak mau geser.

  25. mat kenal om ben,kalo untk mancing dasar itu tanggal brp dalam bln jawa dan juga pas air tenang(konda)soalmya sy tdk tahan mancing kalo ada gelombang,makasih atas infonya om ben,o….ya sy tinggal di sumba barat- waikabubak(ntt)

  26. Assalamualaikum,..salam kenal sy di balikpapan…hoby mancing juga kadang di laut, kadang juga di air tawar tergantung teman yg ngajak.

  27. Salam kenal Pak, sy lagi suka mancing.
    Posisi tepi pantai(laut jawa) karna tmpt tinggal juga dekat panti.
    Pertanyaan saya, jam berapa waktu yg paling ideal untuk mancing??
    Apakah perbedaan waktu juga akan menentukan jenis ikan yg mau memakan umpan?
    Terimakasih

Leave a Reply

