Rekor ikan terberat hasil pancingan pecah dalam Lomba Mancing Tingkat Nasional ’’Bupati Jepara Cup VI’’ di Kepulauan Karimunjawa, 1-2 November. Lomba hasil kerja sama Pemkab Jepara dan Redaksi Suara Merdeka dengan total hadiah Rp 25 juta tersebut, dimenangi oleh Heru Chi Arif, dari Solo.

Mata pancingnya berhasil mengangkat ikan udul seberat 15,1 kg. Adapun posisi kedua dan ketiga masing-masing Joko (Semarang) dengan hasil pancingan tengiri 5,1 kg dan H Salim (Jepara) yang berhasil mendapatkan tengiri 3,9 kg.
Untuk juara harapan I, II, dan III yakni Catur (Semarang) mendapatkan ikan tunul 3,6 kg, James (Cirebon) memperoleh kakap merah sawo 3,4 kg, dan Wito (Semarang) dengan hasil pancingan tunul 3,2 kg. Sementara mayoritas hasil pancingan peserta yang berjumlah 107 orang itu, rata-rata kakap merah.

Para peserta lomba yang dilepas oleh Bupati Jepara Hendro Martojo tersebut, tak hanya dari Semarang dan sejumlah kota/kabupaten di Jateng. Namun ada juga kelompok pemancing dari Jakarta, Surabaya, dan Cirebon. ’’Kegiatan ini berdampak pada meningkatnya jumlah wisatawan yang berkunjung ke Karimunjawa,’’ kata dia.

Menurut Bupati, pemilihan waktu lomba kali ini tepat. Musim ikan ditunjukkan dengan cuaca teduh/ombak kecil dan ’’panglong’’ atau bukan bulan purnama.
Pada pelepasan peserta (1/11) dan pembagian hadiah (2/11) juga dihadiri investor dari Italia, Giorgio Torchio, CEO AustralAsia Consulting. Dia juga memberikan bantuan Rp 50 juta untuk pemberdayaan masyarakat Karimunjawa.

Ketua Panitia Amir Machmud dari Suara Merdeka mengatakan, dari sisi peserta, lomba kali ini merupakan yang terbanyak. Dia berharap lomba mancing yang rutin digelar berdampak positif pada pariwisata di Karimunjawa.

Di sela-sela penyerahan hadiah, I Made Yuliarta, country manager AustralAsia Consulting mengatakan, dana Rp 50 juta yang diserahkan ke Pemkab Jepara sifatnya bergulir untuk peningkatan produktivitas masyarakat Karimunjawa. Dana itu kemudian akan dikelola oleh sebuah lembaga yang melibatkan masyarakat.

Dengan adanya kucuran dana itu, pihaknya berharap masyarakat menjaga kebersihan perairan kepulauan tersebut agar ekosistem tetap terjaga. Jika perairan bersih, akan menarik investor. Pihaknya sudah memiliki rencana terkait dengan investasi itu. Menurut dia, lomba mancing juga merupakan upaya dari menjaga ekosistem laut, karena menangkap ikan dengan cara yang benar.
suaramerdeka.com,03 Nopember 2008.

About these ads