Orang dewasa yang memakan ikan berlemak minimal sekali sepekan punya kesempatan menurunkan risiko rabun akibat usia. Hal itu terungkap dari penelitian Bonnielin K Swenor yang dimuat di jurnal Opthalmology. Dalam publikasi itu, terbukti orang yang yang rutin memakan ikan cenderung memiliki tingkat degenerasi makular yang terkait usia (age-related macular degeneration/AMD) yang lebih rendah ketimbang mereka yang tidak.

Penelitian ini juga mendukung bahwa asam lemak omega-3 seperti yang terdapat dalam ikan salmon, kembung, dan tuna, bisa menghambat berkembangnya AMD. AMD disebabkan pertumbuhan pembuluh darah belakang retina yang tidak normal atau rusaknya sel peka cahaya di dalam retina itu sendiri. Kedua hal itu dapat menyebabkan gangguan penglihatan yang parah.

AMD adalah penyebab utama kebutaan pada orang lanjut usia. Belum ada pengobatan bagi AMD. Namun, perawatan tertentu dapat mencegah atau menghambat kehilangan penglihatan. Penelitian eksperimen Pemerintah AS menemukan, campuran dari antioksidan dosis tinggi, seperti vitamin C dan E, juga karoten beta dan seng, mampu memperlambat perkembangan AMD di tingkat menengah.

Untuk penelitian ini, Swenor dan rekan-rekannya di Universitas John Hopkins, Baltimorem menganalisis data dari 2.520 orang dewasa berusia 65-84 tahun. Para peserta penelitian diperiksa menggunakan metode penelitian mata dan kuesioner diet yang terperinci. Sebanyak 15 persen di antara mereka memiliki AMD fase awal atau menengah. Sedangkan tiga persen lainnya dalam fase lanjut.

republika.co.id, 20 Juli 2010

About these ads