Reporter : Fella Sumendap, Asep Syaifullah
Juru Kamera : Ahmad Susanto, Dedi Suhardiman
Penyunting Gambar : Yogya Harmoko
Lokasi : Cipedes, Tasikmalaya
Tayang : 8 September 2007 Pukul 07.00 WIB

Budidaya ikan mas banyak digeluti petani ikan di Tasikmalaya, Jawa Barat. Wilayah Tasikmalaya memang sangat cocok untuk usaha budidaya ikan mas, karena cuacanya mendukung dan memiliki sumber air yang cukup. Budidaya ikan mas disini dilakukan petani mulai dari pembibitan hingga pembesaran.

Salah satu lokasi budidaya ikan mas, terletak di Kecamatan Cipedes, Tasikmalaya, yang dikelola Haji Jaka.

Untuk mencapai lokasinya dari Jakarta dapat melalui jalan tol Jakarta � Cipularang, keluar di pintu tol Cileunyi, Bandung. Selanjutnya perjalanan diteruskan kearah Tasikmalaya.

Di areal seluas lebih dari 13 ribu meter persegi, yang terletak di Jalan Cigeureung, Nagarasari, Cipedes, Tasikmalaya, inilah Haji Jaka membudidayakan ikan mas mulai dari pembibitan hingga pembesaran.

Sebelum bibit ikan mas ditebar, kolam harus diolah terlebih dahulu dan dibersihkan dari rumput serta kotoran. Lalu kolam diberi pupuk kandang. Setelah itu, kolam didiamkan selama sepekan. Barulah kemudian ditebari bibit ikan mas.

Usaha budidaya ikan mas cukup menjanjikan keuntungan. Biaya untuk pembibitan anak ikan mas, di kolam seluas 1000 meter persegi selama 35 hari, mulai dari larva hingga anakan sekitar 7 juta rupiah.

Setelah dibesarkan selama tiga bulan di kolam dapat diperoleh ikan mas sebanyak hampir 3 ton dengan harga jual sekitar 8.500 rupiah per kg.

Ikan mas dari kolam milik Haji Jaka ini dipasarkan ke pedagang, pemilik restoran dan tempat pemancingan. Jumlahnya sekitar 4 sampai 5 ton ikan mas segar per hari. Menjelang bulan ramadhan ini permintaan terhadap ikan mas meningkat. Harganyapun naik menjadi 10.500 rupiah per kg.

Tasikmalaya memiliki potensi sebagai tempat budidaya ikan mas, namun para petani disini masih menghadapi kendala, karena masih kurangnya bantuan dari pemerintah daerah setempat.(Helmi Azahari/Ijs)

dari : indosiar.com

About these ads