Reporter : Fella Sumendap, Asep Syaifullah
Juru Kamera : Damar Galih
Penyunting Gambar : Wahyu Indra Rukmana
Lokasi : Sumedang, Jawa Barat
Tayang : Kamis, 19 Juni 2008

Indosiar.com, Sumedang – Ini merupakan tempat pemeliharaan ikan mas koki. Ikan ini merupakan salah satu primadona ikan hias air tawar. Bentuk badannya yang gendut lucu, berjambul, dengan mata lebar serta sisik berwarna cerah, membuat ikan ini banyak dikoleksi pengemar ikan hias.

Ikan mas koki banyak dibudidayakan karena proses budidayanya tidak rumit. Salah satu lokasi budidaya ikan mas koki terdapat di Sumedang, Jawa Barat, yang dilakukan oleh para petani yang tergabung dalam kelompok peternak ikan hias kalapa ciung.

Untuk mencapai lokasi budidaya ikan mas koki di Sumedang dari Jakarta dapat melalui jalan Tol Cipularang. Keluar di Pintu Tol Cileunyi, lalu perjalanan dilanjutkan ke arah kota Sumedang. Kemudian menuju Kecamatan Cimalaka, tepatnya di Dusun Pakemitan.

Di tempat ini budidaya ikan mas koki dilakukan oleh Pak Jajat, sejak tahun 2006 lalu. Budidaya di tempat ini dilakukan mulai dari pemijahan. Proses pemijahan dilakukan di akuarium khusus agar telur dapat menetas dengan baik.

Telur yang telah menetas menjadi larva dipindahkan ke akuarium ini. Larva yang telah berkembang menjadi anakan kemudian dipindahkan ke kolam pendederan. Di kolam ini terdapat anakan ikan koki yang berusia 2 minggu.

Ikan mas koki yang telah berusia dua bulan terlihat lucu dan menggemaskan. Seperti di kolam ini. Pembesaran ikan mas koki dilakukan di kolam sawah. Ikan dipelihara di jaring apung dengan diberi paranet, agar suhu kolam tidak terlalu panas.

Setiap jaring apung berisi sekitar 100 ekor ikan. Yang penting diperhatikan dalam memelihara ikan mas koki adalah air kolam harus bersih, berasal dari sumber mata air yang jernih.

Meskipun pemeliharaannya tidak sulit, namun ikan mas koki rentan terserang penyakit, diantaranya penyakit white spot. Terutama saat musim hujan. Setelah berusia dua bulan, barulah ikan koki dipasarkan.

Harganya bervariasi sesuai kualitas ikan. Ikan koki hasil budidaya disini dipasarkan ke seputar Jawa Barat. Peminatnya tidak pernah sepi, karena untuk ikan hias, harga ikan mas koki sangat terjangkau. (Helmi Azahari/Dv/Sup).

dari : indosiar.com

About these ads