Mengapa Tidak?mancing bawal 

Akhir-akhir ini ada beberapa mania mancing yang mencoba casting di pemancingan untuk ikan bawal ai tawar. Mereka mencari ‘alternative’ mancing, yang tidak umum dilakukan kebanyakan mania, yang sudah popular menggaet bawal air tawar dengan pellet atau  umpan alami.

 

“Casting bawal mengapa tidak?” itulah komentar penggemar casting untuk menjajaki bagaimana memburu bawal air tawar dengan cara alternative. Mancing yang ‘tidak lazimnya’ inilah menjadi laporan focus Mancing Mania (MM)  edisi ini.

Siang itu tiba-tiba kantin pemancingan Telaga Metropolitan mendadak ramai dengan mania-maniawira & dede penggemar casting. Mereka satu persatu mengeluarkan minnow (semacam umpan buatan menyerupai ikan). Para mania itu satu persatu saling memperlihatkan koleksi minnownya. “Ini minnow kesayangan saya warna merah putih dan kalo di casting seperti ikan hidup,” kata Omar kepada MM. Sementara rekan-rekannya pun tidak kalah ketinggalan memperlihatkan umpan-umpannya.

 

Pemandangan mania yang memamerkan minnow di kolam galatama Metropolitan itu memang tidak lazim.Lazimnya di kolam galatama adalah mania mempersiapkan adonan pellet untuk mancing galatama. Ketidaklazimnya ini karena di kolam Metropolitan ternyata ada kolam khusus yang diisi bawal air tawar. Uniknya lagi untuk memancing bawal mania harus diharuskan mancing dengan teknik casting, dan cara lain tidak dianjurkan. Kontan saja pengenalan casting ikan bawal langsung disambut gembira para mania-mania penggemar casting.
Meseki mereka jumlahnya tidak banyak namun rata-rata yang menjajaki casting cukup senang dan tertantang untuk menaklukkan ikan bawal. Memang penggila casting bawal air tawar memang tidak sebanyak penggemar mancing dengan umpan alami. Padahal jika kita tengok sekarang ini banyak pemancing air tawar yang mulai mengarahkan perhatian kepada ikan lain, selain ikan mas dan salah satu yang menjadi pilihan adalah ikan bawal. Melihat hal ini pemilik kolam pun ikut-ikutan jeli melihat pasar dan mengalihkan perhatian dengan menabur bawal di kolamnya. Buktinya kolam pemancing di Jakarta Selatan, Ciputat, Parung hingga Bogor kolam pemancingan bawal semakin merebak. Ikan bawal air tawar terkenal rakus.
Di empang  yang diisi ikan campuran, biasanya kalo kita pancing ikan bawal yang terangkat duluan. Konon, ikan bawal di habitnya air tawar  memang dikenal sebagai predator  yang gemar makanan alami seperti ikan kecil, cacing serangga dan buah-buahan. Lantaran ikan ini juga doyan buah-buahan maka ketika ikan ini dipindah ke dalam kolam budidaya atau kolam dan si peternak memberikan pellet, ikan bawalpun langsung mengembatnya. Meski ikan ini doyan pellet namun jika diberikan yang berbau amis seperti usus ayam  pun juga diembatnya. Karena sebagai ikan predator yang suka menyantap ikan-ikan kecil, maka ketika menyodorkan minnow sebagai umpan tanpa ampun langsung diembatnya juga. 

Suka berkeliling

Bawal air tawar suka berenang acak mengelilingi  perairan secara bergerombol. Sehingga jika satu titik telah  menghasilkan sambaran, bisa terus digarap karena sering  masih  akan menghasilkan sambaran lagi. Setelah benar-benar sepi, barulah berupaya mencari titik lainnya. Tapi hot spot yang tadi jangan ditinggalkan sama sekali, karena setelah beberapa saat bisa jadi produktifDi empang dengan penebaran ikan yang padat, bawal air tawar bisa makan umpan sepanjang hari. Tapi umumnya paling galak di pagi hari dan menjelang sore. Ikan yang baru ditebar biasanya memerlukan waktu untuk beradaptasi sebelum makan umpan. Pada kondisi lain, rata-rata sambaran sudah terjadi dalam beberapa menit  setelah umpan di lontarkan. 

Piranti

Dalam soal memilih piranti untuk casting tentu saja nad harus tahu terlebih dahul karakter ikan bawal air tawar itu sendiri. Karakter perlawanannya berbeda dengan ikan mas. Ikan bawal akan lebih banyak melakukan manuver dan perlawanan dan terus berupaya untuk melepaskan diri.  Ikan ini saat terpancing akan terus berenang ke dalam kolam. Bahkan ia kadang-kadang memiringkan badannya dengan berputar-putar. Tidak hanya demikian saja, jika di dalam permukaan ikan bawal air tawar kan melompat-lompat berusaha melepaskan diri.  Melihat karakter tersebut tentu saja harus di sesuaikan dengan piranti yang akan kita gunakan.
Dalam hal memilih piranti sekarang ini banyak alat-alat pancing yang bisa digunakan.  Biasanya jika anda casting dengan menggunakan reel baitcasting maka jorannya pun tenu saja harus disesuaikan. Reel bait casting biasanya tempat dudukan joran di atas dan joran juga terdapat semacam pelatuk pistol untuk jari.  Bila anda mahir menggunakan reel bait casting cara melontar dan mengarahkan minnow akan terlihat mudah sekali. 
Cara casting juga digunakan piranti yang umum yaitu menggunakan reel spinning. Untuk joran yang sepadan dengan reel spinining banyak dijumpai di toko pancing. Untuk joran anda tinggal memilih apakah satu sambungan atau dua sambungan dengan action fast hingga medium rod.  Penggunaan joran antiena bukannya tidak bisa namun keluwesan dalam melempar tidak ditemukan dengan joran ini. Lalu bagaimana dengan pemilihan kenur? Kenur monofilament kelas-kelas 4 – 6 kg sudah cukup digunakan.  Cuma permasalahan yang terjadi adalah mulut ikan bawal terkenal memiliki  bibir yang tebal dengan mulut yang tajam. Hal inilah yang membuat kenur yang kita pakai sering putus.  Untuk mengatasi hal ini para mania mania mancing sering mengunakan nekelin. 

Bagi mania penggemar casting biasanya mereka tidak memasang nikelin di minnow karena membuat aksi minnow itu tidak hidup. Para penggila casting tidaklah kuatir kenurnya putus karena selain memakai kenur braidep atau PE kelas 2 – 3, kenur juga diikat pada bibir minnow. Sedangkan saat terjadi sambaran ikan bawal, mulut ikan tersngkut kail yang berada di dalam di perut atau ekor minnow jauh dari simpul keur yang ada di muka.

tatang

Bertarung

Setelah anada melakukn blind casting atau casting secara acak di berbagai sutu kolam dan ketika umpan anda di sambar tentu saja akan terjadi pertarungan antara mania dengan ikan. Ketika anda bertarung dengan bawal maka yang harus anda perhatikan adfalah kenur tidak boleh kendur. Lalu cara memompa anda harus memompa secara pendek dan cepat. Mengapa demikian? Karena ikan bawal  terkenal ikan yang memiliki karakter bertarung yang tidak kenal menyerah dengan melakukan mnuver melompat sambil menggigit kenur untuk melepaskan diri. 
Ikan bawal besar cenderung berduel menjauh dari lapak kita. Bila joran kita melengkung bagaikan huruf “j” atau “C” sebaiknya anda mengurangi drag dan seolah-olah memberi waktu untuk lari ikan. Nah setelah ikan  berhenti berontak anda bisa menggiring ke kanan atau ke kiri hingga ikan bisa kita angkat dan bisa kita serokdan andapun berhasil casting bawal. Selamat casting bawal dan nikmati sensasinya.***mrk/den.


Ikan Bawal Air Tawar
Masih Saudara Dengan Piranha
Bila anda bertemu dengan ikan bawal air tawar, coba perhatikan deretan giginya dan bentuk mukanya, hemm… seram. Kesan garang dan ganas terpancar dari ikan bawal karena memang ikan bawal air tawar masih saudara dengan ikan piranha.  Konon ceritanya, ikan bawal air tawar berasal dari sungai Amason – Brasil. Ikan dengan nama asli  pacu (colossoma sp) dan disebut ikan paku oleh hobiis  ikan hias. Bahkan para peneliti menggolongkan ikan bawal air tawar masih satu keluarga dengan piranha yang terkenal keganasannya, yakni serraimus rhombeus alias  piranha/spotted piranha. 
Bila saudaranya, ikan piranha,  selalu menyerang apa saja (bisa heman atau manusia ) yang masuk kedalam habitatnya, tidaklah demikian dengan ikan bawal air tawar. Meski demikian karakter makannya sama persis dengan piranhi apa lagi bila di beri umpan yang agak amis seperti usus ayam, ikan ini akan menyergap usus bau beramai-ramai. ikan bawal Bandannya pipih membulat, sisiknya yang kecil berwarna hitam, keperakan. Kulitnya tebal dan memiliki struktur  tulang keras. Ciri khas lain ialah rahangnya kuat dan memiliki dua garis gigi tajam. Bawal air  tawar di perairan kita paling banyak ialah Colossom nigripinnis (red pacu) yang bagian bawah bandanya berawrana merah dan mampu tumbuh hingga panjang 69 cm dan berat 5 kg. Red piranha (sersalmus natere) perutnyanya juga merah, namun panjang maksimum cuma 30 – 35 cm dan bintik hitamnya masih terlihat.
Rahang bawah juga lebih menonjol ke depan dan tulang duri sirip atas lebih banyak. Jenis lain colosma bidens memiliki corak totol berupa garis-garis pendek dan perutnya juga berupa berwarna merah, namun ukuran badanya  lebih kecil dan pertumbuhannya lebih lambat. Kadang-kadang ditemukan pula serralmus camoni yang bagian bawah badannya  berwarna kuning. 

Awalnya ikan ini dikenalkan di Indonesia  sebagai ikan hias air tawar, karena perkembangbiaknya sangat cepat, persediaan ikan ini kian melimpah dan akhirnya menjadi ikan yang dikomsumsi dan sekarang menjadi ikan pancingan.**mm  



 

Pemancingan & Rumah Makan Lala, Bekasi

Selama Beraksi Seringkali Ditertawakan

Di kawasan Bekasi salah satu pemancingan yang sekaligus merangkap rumah makan lesehan yakni Lala di Jalan Pangeran Jayakarta, Kelurahan Harapan Mulya, Bekasi, juga lagi demam casting dengan menggunakan minnow. Walaupun masih sedikit yang mencobanya, tapi asik juga bila mania datang untuk menjajal.

 

Kebetulan pemancingan tersebut juga menyediakan fasilitas pemancingan ikan bawal. Salah satu mania bernama Rahadi Nurcahyo sempat mencoba hal tersebut dengan menggunakan teknik casting beberapa waktu lalu. Berhubung penggunanan casting di tempat ini belum populer, maka kebanyakan para pemancing masih menggunakan umpan cacing dan pelet. Berhubung ikan bawal disini belum terbiasa memakan umpan buatan, maka baginya tentu menarik untuk mencoba.

 

Rahardi pun menyiapkan satu set peralatan pancing untuk kasting bawal yaitu joran Golden Fish fast taper yang dipadukan dengan ril Silstar Pinnacle DeadBolt rasio: 5.3:1  di isi dengan kenur Falcon Fluoro Coating 0.30 mm. Baginya ini  memang sengaja untuk memaksimumkan penggunaan peralatan ini, dalam arti pengisian kenurnya adalah kemampuan maksimum ril yang cukup mini yaitu sekitar 8 Lb, demikian juga dengan kemampuan joran dimana line WT nya dalam kisaran 4 – 8 Lb.

 

Salah satu pertimbangannya adalah bahwa berat dan besarnya ikan bawal yang menjadi target sama sekali tidak diketahui, selain untuk mencari sensasi nikmatnya kasting dengan peralatan ringan iapun punya persepsi bahwa kasting di kolam pancing bawal idealnya menggunakan Plug dimana aksinya bisa meliuk-liuk di bawah permukaan air.

 

Tetapi berhubung Plug yang ia miliki adalah sebagian besar untuk laut sehingga ukurannya besar-besar, maka Rahardi menyiapkan minnow dengan ukuran relatif kecil. Minow yang ia siapkan adalah: Boomerang Downunder 9 cm Daiwa Dr Minnow juga dengan panjang 9 cm serta Real Color Yo-Yuri ukuran 5.5 cm.

 

Selama ia beraksi dan berkasting ria, kerap kali umpannya tersangkut, dan malah aksinya ini seringkali ditertawakan oleh para pemancing lainnya yang belum terbiasa melihatnya. Apa yang dilakukan oleh Rahardi ternyata juga mampu menggoda bawal –bawal tersebut hingga akhirnya berhasil ia angkat sebanyak 2 kilo.

 

Anda ingin mencobanya silahkan datang ke pemancingan Lala, cukup dengan uang Rp. 15.000 perkilonya Anda bisa berkasting ria.*rambe  


Test Dulu Sebelum Dipakai…!bawal

Ungkapan kata “test dulu sebelum dipakai,”,  sebenarnya bukan hanya untuk minnow yang dugunakan untuk mancing bawal saja. Pada prinsipnya bila anda ingin mancing casting dengan umpan minnow sebaiknya dilakukan pengujian terlebih dahulu sebelum di aplikasikan, begitulah Edmund mania dari Malaysia yang memberikan pelatihan casting di pemancing Puri Metropolitan.

 

 “Langkah pertama adalah anda harus menguji  kemapuan berenang. Caranya adalah melempar minnow ke dalam kolam dan mengawsi aksinya,” kata Edmund memberikan tipsnya.

“Lontarkan saj minnow anda. Ulangi lemparan sekali lagi dengan arah dari samping menuju ke kita. Lempar juga ketengah dan tarik ke arah anda. Setiap kali lemparan dan tarikan perhatikan  gerakan umpan apakah telah sesuai  dengan yang diharapkan. Jika belum, perbaiki lagi kemudian lakukan pengujian kembali,” Ujuar Edmund.

 

Menurut Edmund  aksi minnow bisa menentukan keberhasilan menggaet ikan. Minnow yang baik tentu saja aksi berenangnya menyerupai ikan aslinya.  Minnow seharusnya diranang untuk berenang lurus (kecuali minnow yang terbagi dua), jadi ketika minnow berbelok ke kanan atau ke kiri. Jika minnow memang tidak bagus berenangnya ganti saja dengan minnow yang bagus cara beranangnya.**mm.



BAWAL ON MINNOW CASTING

Untuk melakukan casting di kolam-kolam pemancingan dengan buruan ikan bawal, cukup mudah kok persiapannya. Siapkan saja joran dengan panjang sekitar enam feet, reel ukuran 500 sampai dengan 2000 atau sesuaikan saja reel dengan jorannya dan tentunya jangan lupa isi spool reel Anda dengan tali braided kelas 12 Lbs dengan leader monofilamen 16 Lbs. Apabila anda tidak menggunakan braided bisa juga menggunakan monofilamen kelas 6 Lbs dengan leader yang sama seperti kita menggunakan tali braided.

 

Selanjutnya yang perlu disiapkan adalah umpan, yakni minnow ukuran tiga centimeter sampai dengan tujuh centimeter, dan usahakan dari jenis floating atau yang berenang di permukaan. Untuk medapatkannya cukup mudah, Anda tinggal pergi ke toko pancing di kota anda dan tanyakan mengenai minnow ini ke panjualnya.

 

Untuk melakukan kasting sendiri cukup mudah. Setelah semua piranti terpasang dengan baik, lakukan lemparan layaknya kita melempar umpan pada kolam biasa. Nah setelah umpan meluncur ke titik sasaran, segeralah tarik umpan tersebut dengan cara menggulung ril sembari melakukan hentakan agar minnow yang kita gulung tersebut terlihat seperti ikan yang lari ketakuatan. Disinilah bedanya dengan mancing konvensional yang biasanya setelah umpan dilempar maka kita menunggu sampai umpan tersebut di makan ikan.

 

 Karena ini teknik yang belum begitu popular, sebaiknya Anda tidak merasa cepat putus asa saat ikan yang ada di dalam air tidak kunjung memakan umpan Anda. Lakukan terus sambil berpikir ini adalah pengalaman pertama dan bagian dari proses pembelajaran. den

dari : mancingmania.com

About these ads