27/10/05 – Lain-lain: Artikel-dkp.go.id

Amerika merupakan importer utama dunia untuk tilapia. Saat ini tilapia merupakan seafood terkenal ke-9 di Amerika. Permintaan dalam negeri yang selalu meningkat tiap tahunnya dengan produksi tahunan dalam negerinya yang hanya sekitar 9.000 ton, menyebabkan impor yang dilakukan juga meningkat.

Impor tilapia meningkat dari 15.000 ton pada tahun 1995 menjadi sekitar 113.000 ton pad atahun 2004. Menurut perhitungan, dari 50% impor tilapia segar, 24% nya berasal dari Costa Rica dan 15% dari Honduras.

Impor fillet tilapia segar meningkat dari 1.500 ton pada tahun 1995 menjadi 19.500 ton pada tahun 2004. Harga fillet relatif stabil, yaitu sebesar US$ 6,39 – 7,17 /kg, tergantung dari kualitas dan ukurannya. Faktor pengemasan juga ikut berpengaruh. Bentuk pengemasan yang populer adalah Individually Quick Frozen (IQF) kedap udara (vacuum). Bahkan saat ini para pembeli menuntut adanya mutu dan pengemasan yang lebih baik dengan harga tetap.

Guna mendukung keberhasilan pemasaran tilapia di Amerika, perlu memperhatikan proses budidaya yang aman yaitu dengan menggunakan pakan alami, tanpa menggunakan hormon dan zat tambahan pada ikan. Selain itu dalam proses pengolahannya juga tidak menggunakan bahan pengawet atau zat kimia serta menggunakan sertifikat HACCP.

Kualitas
Kualitas merupakan elemen yang sangat penting dalam pemasaran tilapia. Dimulai dengan penyiangan sampai dengan pem-fillet-an. Umumnya penampakan fillet harus kemerahan dengan garis tubuh ikan yang masih kemerah-merahan, yang menunjukkan kesegaran dari produk tersebut. Garis tubuh ikan yang kecoklatan cenderung membuat pembeli berpikir bahwa produk tersebut telah kadaluarsa. Pemeliharaan kualitas pada tingkat ini tidak hanya memberikan kesegaran yang lebih lama, tetapi juga membantu pelaku usaha siap dalam menghadapi persaingan pasar.

Ukuran Fillet
Standar untuk ukuran fillet adalah 3-5 oz (85,05-141,75 g), 4-6 oz (113,40-170,09 g), 5-7 oz (141,75-198,45 g), dan diatas 7 oz (198,45 g). Ukuran yang paling populer adalah 5-7 oz, dengan ukuran pengganti 4-6 oz. Ukuran 3-5 oz umumnya digunakan pada rantai supermarket dalam pasar pengecer, yaitu dengan mengkombinasikan ukuran ini dengan tilapia 4-6 oz dan 5-7 oz. Ikan yang kuran dari 3 oz sangat sulit untuk dijual.

Tahan Uji
Pengiriman tilapia ke Amerika memerlukan transportasi udara. Oleh karenanya, pemilihan pesawat dengan perlengkapan mesin pendingin suhu sampai semua produk dapat dimuat sangat diperlukan. Dari Amerika Latin, kota yang tepat dalam melakukan pengiriman tilapia ke Amerika adalah melalui Miami, Florida, Amerika. Sementara dari Asia, California merupakan jalur yan paling sering digunakan. Hal ini disebabkan karena jarak udara dan transportasi darat mendukung ketersediaan distribusi logistik.

Pengemasan
Fillet tilapia segar dikemas dalam kotak styrofoam 10 lb (4,54 kg) dengan gel pengemas. Pengemasan biasa terbuat dari karton tiga penyangga 10 lb unit fillet. Beberapa pembeli seringkali meminta kemasan 5 lb (2,27 kg).

Wilayah Pemasaran
Harga fillet tilapia segar sangat bersaing dengan ikan laut yang biasanya lebih mahal. Amerika bagian utara merupakan pasar yang luas untuk tilapia segar. Harga untuk fillet tilapia segar sangat bersaing dibandingkan dengan daging ikan putih lainnya. semua rantai supermarket besar menyediakan tilapia segar di wilayah ini.

Fakta bahwa pembeli di daerah ini lebih mengenal tilapia, membuat pemasarannya menjadi lebih mudah. Pemasaran di daerah lainnya, seperti di Amerika bagian barat memerlukan usaha keras, di Pantai Barat sangat sulit untuk bersaing dengan tilapia beku dalam kemasan hampa udara dari Cina dan perlakuan pengasapan tanpa bau.

Tilapia Utuh
Pasar tilapia untuk memerlukan penampakan baru dan pengembangan yang lebih jauh. Setiap orang secara langsung meminta tilapia merah segar. Produknya mempunyai tiga ukuran, berkisar 0,75-1,00 lb (340-454 g), 1,00-1,50 lb (454-681 g), dan 1,50-2,00 lb (681-908 g). Biasanya isi perut dari tilapia utuh dikeluarkan dan sisiknya dihilangkan. Sangat sedikit pembeli yang meminta tilapia tanpa insang.

Kesimpulan
Kualitas, tahan uji, pelayanan yang baik, harga yang pantas, dan pengiriman barang yang cepat membantu para pelaku usaha untuk memperkenalkan dan menjaga kesegaran produk tilapia di pasar Amerika. Dalam membangun relasi, sudah menjadi kebiasaan untuk mengirimkan sampel kepada pembeli yang potensial untuk menilai produknya.

Sumber :
Warta Pasar Ikan September 2005

About these ads