01/11/04 – Lain-lain: Artikel-dkp.go.id

Raiser Cibinong saat ini memiliki dua jenis ikan hias unggulan yaitu Arwana Irian (Schleropagus jardinii) dan Botia/Clown Loach (Botia macracantha). Keduanya merupakan hasil tangkapan alam dan masih sulit untuk dibudidayakan sehingga menjadi salah satu keunggulan ikan hias ini dibandingkan dengan ikan-ikan yang lain.

Sesuai dengan namanya, Arwana Irian (Jardini) hanya terdapat di Pulau Irian atau Papua terutama di daerah aliran sungai Kabupaten Merauke-Propinsi Papua. Pada umumnya Jardini memiliki warna yang didominasi oleh warna kehijauan dengan bintik-bintik kuning yang disebut mutiara. Pada sirip bagian belakangnya mengkilap dan berkilau. Ciri khas yang dimiliki Jardini tersebut akan semakin terlihat indah bila telah beranjak dewasa dengan ukuran sekitar 25 cm.

Harga Jardini tida terlalu mahal dibandingkan jenis arwana lain seperti Super Red. Ikan ukuran 15-20 cm harga eceran di toko ikan hias berkisar Rp. 150.000 – 250.000/ekor. Harga partai di raiser Cibinong, Rp. 60.000 – 70.000/ekor. Jardini juga memiliki pangsa pasar yang cukup menjanjikan. Konon, harganya semakin mahal dan banyak dicari oleh konsumen luar negeri, khususnya Jepang.

Selain Jardini, Botia juga menjadi primadona ekspor ikan hias. Ikan alam asli Indonesia ini ini berasal dari dua daerah Jambi dan Kalimantan. Botia memiliki bentuk tubuh yang indah dengan punggung agak membungkuk sehingga tampak seperti pesawat tempur. Harga Botia dengan ukuran 5 cm di pasaran lokal sebesar Rp. 3.000 – 5.000/ ekor sangat terjangkau untuk semua kalangan.

Ikan Hias Impor

Akhir Agustus 2004 lalu secara bertahap, Raiser Ikan Hias Cibinong akan mendatangkan ikan hias impor asal Singapura, Malaysia, Thailand, Hongkong, China, dan Peru. Jenis ikan hias yang diimpor diantaranya Red Tail Catfish, Discus, Tiger Stripped Antenna Catfish, Gold Fish, American Paddlefish, dan White Sturgeon.

Ikan-ikan ini didatangkan dengan tujuan untuk disebarluaskan kepada para petani /pembudidaya ikan hias khususnya petani binaan raiser. Selain menambah khasanah jenis baru, ikan impor ini juga diperlukan untuk menanggulangi inbreeding yang dilakukan oleh petani atau pembudidaya ikan hias. Dari budidaya inilah generasi baru akan didapatkan ikan yang berkualitas sehingga dapat dipasarkan kembali ke luar negeri.

About these ads