13/09/07 – Informasi: Pendidikan, Pelatihan & Penyuluhan SDMKP

1. Sejarah Berdirinya STP Bogor
Pada tahun 1958 didirikan sebagai Sekolah Perikanan Darat Menengah Atas, Bogor. Tahun 1973 Sekolah Usaha Perikanan Menengah Bogor. Tahun 1979 Sekolah Pertanian Pembangunan- SUPM, Bogor. Tahun 1986 Diklat Akademi Penyuluhan Pertanian bogor bidang Perikanan. Tahun 1999 Jurusan Penyuluhan Perikanan pada STTP Bogor. Tahun 2006 dialihkan Pengelolaannya dari Departemen Pertanian Ke Departemen Kelautan dan Perikanan, sementara diintegrasikan ke STP Jakarta.

2. Visi Misi
Penyediaan sumberdaya manusia penyuluh yang kompeten dan mampu memecahkan berbagai masalah yang komplek, mandiri dan berkemampuan manajerial, menjadi tugas lembaga-lembaga perikanan yang salah satunya adalah STP Jurusan Penyuluhan Perikanan Bogor. Jurusan Penyuluhan Perikanan sebagai salah satu Jurusan STP Jakarta harus dapat menjadi wadah untuk menciptakan lulusan yang sesuai dengan Visi dan Misi STP yang kuat guna men-support terciptanya citra sebuah lembaga pendidikan tinggi yang kredibel. Paradigma baru pendidikan untuk menjawab kebutuhan pasar dan transformasi masyarakat menunjuka bahwa tenaga-tenaga professional haruslah mempunyai Visi. Visi yang akan dikembangkan oleh Jurusan Penyuluhan Perikanan agar dapat menunjang Visi STP : “Terwujudnya STP sebagai lembaga pendidikan dan pelatihan yang mampu mengantisipasi perkembangan teknologi yang bertaraf internasional”.

Visi tersebut akan diwujudkan melalui Misi Jurusan Penyuluhan Perikanan yang searah dengan Visi yang dikembangkan, yakni :

  1. Menghasilkan penyuluh perikanan yang professional di bidang perikanan.
  2. Menjadikan Jurusan Penyuluhan Perikanan sebagai center of excellent penyuluhan perikanan yang meliputi bidang budidaya, penangkapan, pengolahan serta konservasi dan kelestarian sumberdaya perikanan.
  3. Berpartisipasi aktif dalam pembangunan perikanan di Desa binaan dan laboratorium lapangan.
  4. Melaksanakan dan menggembangkan penelitian terapan untuk meningkatkan pengusasan teknolgi perikanan.

3. Kepegawaian
Jumlah Pegawai Sesuai dengan Golongan terdiri dari :

No
Golongan
Jumlah (Orang)
1
IV
3
2
III/d
8
3
III/c
7
4
III/b
15
5
III/a
6
6
II/c
4
7
II/b
3
8
II/a
3
9
I/d
4
10
I/c
3
11
Tenaga Fungsional
18
12
Tenaga Administrasi
42
13
Tenaga Teknisi
7
14
Pustakawan
1
15
Tenaga Honorer
8
16
Tenaga Kontrak
17
17
Tenaga diluar kontrak ( magang )
1
Jumlah
150

 

4. Fasilitas
Sarana utama penunjang kegiatan pendidikan yang dimiliki adalah 4 ( empat ) buah ruang kuliah. Selain itu terdapat juga sebuah aula, ruang perpustakaan, ruang administrasi, ruang dosen, ruang rapat, lapangan praktek, laboratorium, bengkel, hatchery, dan kolam.

5. Program Kegiatan
Tujuan dari kegiatan ini adalah membina dan meningkatkan kemitraan guna memantapkan tugas dan fungsi Jurusan Penyuluhan Perikanan Bogor sebagai lembaga pendidikan perikanan, pendamping dan penyebar teknologi perikanan. Kegiatan dari sub pengabdian pada masyarakat adalah sebagai berikut :

1. Pembinaan kelompok pembudidaya ikan, wanita nelayan, pengolah hasil perikanan

a. Desa Mitra Pada pembinaan desa mitra ini dilaksanakan beberapa program yaitu :

Ahli teknologi untuk meningkatkan keterampilan pembudidayaan dengan menggunakan beberapa metode (demonstrasi kolam, demonstrasi cara serta pelatihan). Pembinaan dan pendamping kelompok pembudidaya Cakupan lokasi Desa Mitra :

  1. Kabupaten Bogor
  2. Kabupaten Sukabumi
  3. Kabupaten Cianjur
  4. Kabupaten Bekasi
  5. Kabupaten Subang
  6. Kabupaten Garut

b. Kerjasama TNI Manunggal Membangun Desa ( TMMD )
Pada kegiatan ini program yang dilaksanakan oleh Jurusan Penyuluhan Perikanan dititikberatkan pada pembinaan dan pendamping kelompok masyarakat pembudidaya, kelompok wanita nelayan dan pengolah hasil yang ada dilokasi TMMD. Metode yang dilaksanakan adalah demonstrasi kolam, demonstarsi cara. Cakupan Lokasi Kegiatan TMMD :

    1. Kabupaten Cianjur
    2. Kabupaten Bandung
    3. Kabupaten Sukabumi
    4. Kabupaten Serang
    5. Kabupaten Sumedang

c. Gerakan Masyarakat Mandiri ( GMM )
Pada kegiatan ini program yang dilaksanakan mencakup pembinaan dan pendamping kelompok pembudidaa serta perseorangan. Materi yang disampaikan meliputi :

    1. Teknologi Budidaya Perikanan
    2. Aspek Usaha Perikanan
    3. Pemasaran Hasil dan Peluang Pasar
    4. Prinsip Perbankan Cakupan lokasi GMM adalah 6 desa di Kabupaten Bogor :
      1. Desa Cinangka
      2. Desa Cibitung
      3. Desa Tapos I
      4. Desa Tapos II
      5. Desa Cinangneng
      6. Desa Situ Daun

2. Kegiatan Penyuluhan

a. Forum Komunikasi Program
Yang dilaksanakan dalam kegiatan ini adalah hal-hal yang berkaitan dengan pemberdayan ekonomi masyarakat pesisir ( PEMP ) serta kebijakan dari DITJEN Tangkap dan Budidaya Departemen Kelautan dan Perikanan. Metode yang dilakukan berbentuk pertemuan formal antara masyarakat pembudidaya, pengusaha, serta pihak pemerintah. Cakupan lokasi forum komunikasi :

  1. 30 Kabupaten yang ada dalam program PEMP.
  2. 18 Kabupaten yang ada dalam program DITJEN Tangkap dan Budidaya.

b. Kemitraan dalam upaya alih teknologi generasi muda dalam program “ Ada Apa dengan Ikan”
Program yang dilaksanakan dalam kegiatan ini adalah mengenalkan dunia ikan secara umum kepada siswa dari tingkat SD-SLTP-SLTA baik umum maupun kejuruan, yang ada di Kotamadya dan Kabupaten Bogor. Metode yang digunakan adalah demonstrasi cara.

c. Penyampaian informasi “Gemar Makan Ikan, Enak dan Sehat“
Program yang dilaksanakan dalam kegiatan ini adalah menyampaikan manfaat mengkomsumsi ikan serta cara pengolahan ikan yang benar . Sasaran dari kegiatan ini adalah SD-SLTP-SLTA baik umum maupun kejuruan, kelompok ibu-ibu PKK serta kelompok wanita nelayan. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah demonstrasi cara. Cakupan Lokasi Kegiatan ini adalah :

  1. Kotamadya Bogor
  2. Kabupaten Bogor
  3. Muara Angke, Jakarta
  4. Pelabuhan Ratu, Kabupaten Sukabumi

d. Siaran Pedesaan Program
Yang dilaksanakan dalam kegiatan ini adalah menyampaikan informasi yang berkaitan dengan :

  1. Teknologi Budidaya Perikanan
  2. Pengolahan hasil Perikanan
  3. Sosial Ekonomi Perikanan Cakupan lokasi kegiatan ini adalah :
    1. Kotamadya Bogor (RRI)
    2. Kabupaten Bogor (RPC)

Sumber : Badan Pengembangan SDM Kelautan dan Perikanan

About these ads