Cara Memilih Joran

Salam kenal Pak Ben. Saya ini penggemarmu dari Solo loh Pak. Saran atau jawaban bapak selalu saya jadikan referensi ketika akan memancing. Saat ini saya ingin nanya nih pak. Saya pinging anti joran dan kebingungan memilih joran yang begitu banyak modelnya di jenis yang sama. Apakah bapak bisa memberi sedikit gambaran. Yang jadi pertanyaan saya, bagaimana cara memilih joran yang benar? Seberapa besar pengaruh ukuran panjang joran dengan model teknik yang digunakan. Misalnya untuk casting panjangnya harus berapa centimeter?
Andi Surya K <!– var prefix = ‘ma’ + ‘il’ + ‘to'; var path = ‘hr’ + ‘ef’ + ‘='; var addy13615 = ‘solojebres’ + ‘@'; addy13615 = addy13615 + ‘yahoo’ + ‘.’ + ‘com'; var addy_text13615 = ‘solojebres’ + ‘@’ + ‘yahoo’ + ‘.’ + ‘com'; document.write( ‘‘ ); document.write( addy_text13615 ); document.write( ” ); //–>\n solojebres@yahoo.com <!– document.write( ‘‘ ); //–> This e-mail address is being protected from spam bots, you need JavaScript enabled to view it <!– document.write( ” ); //–> Solusi

Jawab:
Salam kenal juga Mas Andi. Saat ini memang banyak dijual beragam alat pancing, baik joran, ril, kenur dan umpan. Saking banyaknya yang dijual, kita sebagai pembeli sedikit dibingungkan. Buat pemancing kawakan mungkin tidak terlalu masalah sebab pengalaman telah memberi banyak mereka pengetahuan tentang alat pancing. Dan sebaliknya bagi para pemula.
Untuk gambaran mudah, belilah alat pancing yang sesuai dengan cara mancing yang Anda inginkan. Contoh missal, jika mau mancing spinning belilah joran spinning dan sesuaikan kekuatannya dengan ril yang Anda punya. Demikian juga jika trolling, belilah yang sesuai dengan kemampuan uang Anda dan jangan Anda menjadi snobbism dalam menggeluti hobi mancing ini.
Untuk pengaruh panjang joran, setiap pabrik sudh menyiapkan berbagai ukuran dan type, tidak selalu joran panjang akan memberi efek yang baik. Missalnya joran trolling untuk memancing ikan tuna sebaiknya digunakan joran tuna yang lebih pendek.
Untuk kasting pada umumnya joran berukuran panjang, apalagi bila Anda memancing dengan system surfcasting. Yang penting kelenturan joran harus baik saat pelontaran.
Nah selamat memborong peralatan mancing.

 

Memancing Tuna

Setelah membaca MM beberapa waktu lalu, saya tertarik dengan hasil tangkapan ikan tuna yang banyak dan besar-besar. Untuk mendapat hasil tersebut, faktor apa sih yang paling penting?
Solihin < <!– var prefix = ‘ma’ + ‘il’ + ‘to'; var path = ‘hr’ + ‘ef’ + ‘='; var addy86122 = ‘san_jaya’ + ‘@'; addy86122 = addy86122 + ‘yahoo’ + ‘.’ + ‘com'; var addy_text86122 = ‘san_jaya’ + ‘@’ + ‘yahoo’ + ‘.’ + ‘com'; document.write( ‘‘ ); document.write( addy_text86122 ); document.write( ” ); //–>\n san_jaya@yahoo.com <!– document.write( ‘‘ ); //–> This e-mail address is being protected from spam bots, you need JavaScript enabled to view it <!– document.write( ” ); //–> >

Jawab:
Keberhasilan memancing tuna tergantung pada musim tuna itu sendiri. Tuna adalah ikan kawanan, jadi bila anda ingin berhasil banyak memancing tuna, harus dipastikan ada gerombolan tuna (musim) di area memancing Anda.
Memancing tuna bisa dengan ngoncer umpan hidup atau trolling dengan minnow atau skirt. Popping sangat bisa dilakukan bila ikan tuna sedang menyerbu umpan kawanan tuna banyak dan ikan mudah didekati selemparan popper. Dan itu terjadi bila ikan tuna sedang menyerbu umpan kawanan ikan pada saat pagi sekali atau sore menjelang maghrib, walau pun pola makan bisa sepanjang hari tergantung tersedianya umpan alami.
Selamat memancing tuna.

 

Waktu Tepat Trolling

Halo Pak Ben, salam kenal. Semoga Bapak tetap diberi kesehatan dalam mengasuh rubrik ini ya Pak. Saya mau nanya tentang kapan waktu yang tepat untuk mancing trolling agar hasilnya memuaskan? Dihitung dari segi tanggalan (Bulan), jam dan kondisi gelap/terang bulan. Apakah ada pengaruhnya? Terimakasih atas jawabannya pak.
Dedi Kurniadi < <!– var prefix = ‘ma’ + ‘il’ + ‘to'; var path = ‘hr’ + ‘ef’ + ‘='; var addy21789 = ‘dedi_kurniadi’ + ‘@'; addy21789 = addy21789 + ‘cbn’ + ‘.’ + ‘net'; var addy_text21789 = ‘dedi_kurniadi’ + ‘@’ + ‘cbn’ + ‘.’ + ‘net'; document.write( ‘‘ ); document.write( addy_text21789 ); document.write( ” ); //–>\n dedi_kurniadi@cbn.net <!– document.write( ‘‘ ); //–> This e-mail address is being protected from spam bots, you need JavaScript enabled to view it <!– document.write( ” ); //–> >

Jawab:
Salam kenal kembali Mas Dedi. Mudah-mudahan saya tetap bisa mengasuh rubrik ini selama masih diminati para mania mancing. Memancing trolling sebaiknya pada laut yang biru tua atau biru gelap. Pada saat kondisi tersebut biasanya laut bersih dan ikan akan banyak disekitar area mancing Anda, terutama di karang tengah, tajungan pulau atau tandes.
Trolling akan berhasilasngat baik pada saat menjelang surut atau menjelang pasang dimana pada saat ini terjadi arus yang merangsang ikan untuk bergerak dan memburu umpan.
Kondisi terang dan gelap bulan hanya berpengaruh pada mancing dasar malam hari dan tidak ada trolling dilakukan malam hari.

About these ads